SHARE

cara menurunkan berat badanMasalah kelebihan berat badan atau sering disebut obesitas adalah masalah yang sangat sering menimpa siapa pun yang memiliki gaya hidup tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat ini antara lain adalah pola diet dan asupan nutrisi yang tidak berimbang, serta tidak adanya olahraga sebagai kontrol metabolisme tubuh.

Pada artikel kali ini kita akan membahas secara gamblang bagaimana mengatasi masalah berat badan ini, yaitu dengan menguraikan cara apa saja yang paling efektif untuk menurunkan berat badan secara cepat, tepat dan akurat.

Cara Paling Efektif Menurunkan Berat Badan Secara Cepat:

Berikut ini akan kita bahas bagaimana cara paling efektif menurunkan berat badan:

Berpuasa

Banyak agama di dunia menganjurkan untuk berpuasa. Tentunya ada manfaat baik dari anjuran ini. Berpuasa secara teratur akan memaksimalkan metabolisme tubuh, memaksimalkan transformasi kalori dalam tubuh menjadi energi, serta meningkatkan HGH atau Human Growth Hormone, yaitu hormon yang bertugas meningkatkan pertumbuhan.

Tips berpuasa:

Yang dimaksud dengan berpuasa pada artikel ini bukan berpuasa sebulan penuh pada bulan Ramadhan, tapi berpuasa dengan menahan diri untuk tidak makan dalam durasi waktu tertentu. Pada minggu-minggu awal berpuasa, cobalah untuk tidak makan setiap 4 atau 5 jam. Jadi, makanlah setiap 4 atau 5 jam saja. Selama jam-jam berpuasa tersebut, tetap penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air secukupnya.

Apabila sudah mampu dan terbiasa dengan durasi 4 hingga 5 jam berpuasa, tingkatkan durasi puasanya menjadi 6 sampai 7 jam. Tingkatkan terus apabila sudah terbiasa, hingga maksimal berpuasa selama 8 sampai 12 jam, secara rutin dan teratur.

Makan hanya saat lapar.

Berpuasa akan membuat perut kita terasa lapar, dan agar diet kita berhasil menurunkan berat badan, makanlah hanya jika perut sudah keroncongan. Dengan begitu, kita membiasakan diri menjadikan makan sebagai suatu kebutuhan. Maksudnya, kita hanya makan jika kita butuh, yaitu ketika lapar. Jika tidak lapar, hindari makan, sekalipun itu hanyalah cemilan ringan.

Ketika perut lapar kita sering merasakan sedikit perih, yang diakibatkan meningkatnya asam lambung. Asam lambung sebenarnya baik untuk tubuh, karena nutrisi pada asupan makanan yang masuk ke lambung ketika asam lambung meningkat dapat diserap lebih cepat dan lebih sempurna oleh tubuh. Itu makanya, sebenarnya dianjurkan untuk makan buah-buahan yang rasanya asam sebelum mulai makanan berat.

Namun perlu diingat, jangan menunggu asam lambung terlalu tinggi karena juga dapat meningkatkan rasa perih menjadi sangat hebat, yang sering kita sebut sebagai maag.

Makan secukupnya.

Makanlah secukupnya saja. Penuhi nutrisi, bukan penuhi perut. Puasa setelah berjam-jam akan kurang efektif apabila kita juga makan secara berlebihan. Penuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, antara lain: karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, dan serat. Apabila nutrisi ini terpenuhi, maka tubuh dan berat badan pasti akan normal.

Olahraga yang cukup.

Olahraga baik untuk menjaga metabolisme tubuh, peredaran darah, serta memperbaiki kerja jantung. Olahraga tidak perlu seperti seorang atlet. Atlet berolahraga dengan melakukan kerja tubuh semaksimal mungkin, sementara orang normal berolahraga secukup mungkin. Jadi, tidak perlu berolahraga berat. Jogging ringan atau jalan kaki keliling kompleks 3 kali seminggu mungkin sudah cukup.

 

Nah, apabila beberapa tips di atas dilakukan secara rutin, digaransi berat badan akan turun secara efektif. Tidak percaya? Lakukan tips ini secara rutin, teratur, dan disiplin selama 2 minggu hingga 1 bulan penuh, dan cek selalu berat badan Anda. :) Apabila hasilnya mulai terlihat, jadikan hal-hal di atas sebagai rutinitas dan gaya hidup, lalu rasakan manfaatnya pada tubuh dan kehidupan Anda.

Selamat mencoba

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here