SHARE

diet sehat untuk turunkan berat badanKegemukan merupakan pertanda kalau anda tidak menjalani pola makan dan gaya hidup sehat. Kelebihan berat badan memang tidak diinginkan setiap orang. Tapi dalam keseharian sangat tidak terlihat upaya dalam menjaga berat badan supaya tidak berlebihan. Kebiasaan konsumsi makanan dengan kandungan lemak dan kolesterol tinggi hampir anda lakukan setiap saat, tidak pernah melakukan olahraga, merokok, begadang, konsumsi minuman keras dan kebiasaan buruk lainnya yang bisa memicu tubuh anda menjadi gemuk.

Bagi anda yang merasa tubuhnya tidak ideal dan ingin tampil lebih langsing, anda bisa melakukan berbagai cara menurunkan berat badan secara cepat. Memang menurunkan berat badan bukan perkara mudah, tapi jika anda konsisten, disiplin dan memiliki target yang jelas maka tubuh ramping dan sehat akan anda miliki.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Cepat dan Sehat

Perhatikan Diet dan Asupan Makanan

Makanan menjadi sumber utama seseorang kelebihan berat badan, karenanya sangat penting memantau setiap asupan makanan. Bila selama ini asupan makanan anda terlalu besar, secara perlahan atau cepat anda harus mengurangi porsi makan. Karena konsumsi makanan berlebihan hanya akan membuat penumpukan lemak dan kolesterol jahat yang bisa membuat tubuh anda menjadi melar. Lebih baik anda makan dalam porsi kecil tapi sering. Sehingga anda tidak konsumsi makanan secara berlebihan. Anda bisa konsumsi karbohidrat kompleks sebagai pengganti karbohidrat putih. Karbohidrat kompleks butuh waktu lebih lama supaya bisa dicerna sempurna oleh tubuh. Kondisi ini akan membuat perut anda terasa lebih kenyang dalam waktu yang lebih lama. Karena tidak mudah dicerna, maka tubuh bisa mengeluarkan banyak energi yang bermanfaat dalam menghilangkan kalori. Jadi anda bisa menggantikan asupan nasi putih dengan makanan lain yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, kacang-kacangan, kentang rebus dan nasi merah.

Kurangi Konsumsi Makanan Ringan

Ketika perut terasa lapar padahal jam makan masih lama, biasanya anda akan menyantap camilan. Tindakan ini tidak dilarang, karena tubuh yang terasa lapar adalah sinyal kalau tubuh kekurangan nutrisi. Sayangnya camilan yang anda konsumsi tidak sehat, sehingga justru membuat tubuh anda dibanjiri lemak dan kolesterol jahat. Untuk mengatasinya, lebih baik anda mengganti camilan tidak sehat dengan buah-buahan segar. Manfaat buah sangat penting bagi tubuh. Anda bisa memakan buah secara langsung atau menyajikannya dalam bentuk salad dan jus tanpa tambahan gula dan pemanis lainnya.

Kurangi Konsumsi Gula dan Minuman Bersoda

Jika anda ingin tampil sehat dan langsing, maka hindari konsumsi minuman bersoda. Karena minuman ini kaya akan kandungan kalori. dalam takaran satu botol kecil saja, terdapat setidaknya 250 kalori. Kalori yang berlebihan tak hanya berdampak pada kelebihan berat badan, tapi juga mencetus tulang keropos dan penyakit kencing manis. Air putih sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum makan. Tujuannya untuk mengurangi rasa lapar, sehingga asupan makanan tidak berlebihan. Karena air putih bisa menimbulkan rasa kenyang, sekaligus sangat baik untuk sistem metabolisme tubuh.

Rajin Membakar Kalori dengan Olahraga

Asupan kalori cenderung berlebihan sehingga tubuh anda mudah mengalami kegemukan. Tubuh memang membutuhkan kalori untuk menciptakan energi dengan membakar lemak. Sayangnya jika anda konsumsi berlebihan dan malas melakukan olahraga. Maka kalori akan menumpuk dan berubah menjadi lemak. Kondisi yang berlangsung lama, membuat tubuh anda mengalami kelebihan berat badan. Karena itu sangat penting melakukan olahraga, karena bisa menunjang pembakaran kalori, tubuh terasa lebih segar dan kesehatan anda semakin terjaga. Tubuh ramping yang anda idamkan, juga akan menjadi kenyataan.

Nah, demikianlah beberapa tips dan cara menurunkan berat badan secara cepat dan sehat, tanpa mengganggu kesehatan Anda secara keseluruhan. Selamat mencoba, dan semoga tips ini bermanfaat buat Anda dan keluarga. :)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.