Amandel atau tonsil merupakan kumpulan jaringan limfoid yang terletak pada kerongkongan di belakang kedua ujung lipatan belakang mulut. Penyebab penyakit Amandel adalah salah satunya disebabkan oleh banyaknya kuman yang masuk pada rongga mulut, sehingga menjadikan amandel muncul pada kerongkongan.

Penyebab Penyakit Amandel

mengobati penyakit amandel

Penyebab utama dari penyakit amandel adalah makanan, karena amandel 70% disebabkan oleh makanan. Adapun makanan yang biasa menyebabkan amandel contohnya gorengan, makanan pedas, minuman dingin, makanan berminyak, makanan yang mengandung MSG dan semua itu bisa memicu untuk berkembangnya bakteri pada kerongkongan. Amandel merupakan salah satu bentuk kelenjar getah bening yaitu sebagai pusat perlawanan terhadap infeksi.

Gejala Penyakit Amandel

  • Sering demam dan kedinginan
  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan
  • Susah menelan dan terasa sakit
  • Bengkak kelenjar getah bening di bagian leher dan rahang.

Amandel termasuk penyakit menular. Penyakit ini menular kepada orang-orang yang berhubungan dekat dengan si penderita. Dan amandel juga termasuk penyakit turunan dari orant tuanya.

Cara Menyembuhkan Penyakit Amandel Tanpa Operasi

Jika telah membengkak, penyakit amandel akan membuat penderitanya demam dan tubuhnya menjadi panas, disamping sulitnya bernapas dan menelan. Tetapi dengan resep tradisional ini amandel dapat disembuhkan tanpa operasi. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Ambillah daun benalu yang tumbuh di pohon jeruk nipis, juga adas pulo waras, keduanya secukupnya.
  2. Lalu ditumbuk sampai halus, diberi air sedikit, disaring dan diambil air perasannya.
  3. Dan air perasan inilah yang diminum penderita amandel. Jika sudah meminum air perasan ini sebanyak 10 kali, niscaya amandel akan menjadi kempis dan lenyap sama sekali, dan tak akan bengkak lagi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang bersih dan sehat yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website