Wanita tidak pernah lupa merawat kecantikan sampai pada bagian tubuh terkecil sekalipun. Seperti kuku kaki dan tangan. Kuku yang kotor akan menimbulkan penilaian buruk terhadap seseorang. Hal ini tentu saja tidak ingin terjadi pada wanita karena wanita adalah simbol kecantikan. Memiliki kuku cantik dan sehat merupakan penunjang penampilan setiap hari.

Penampilan kuku yang bagus adalah kuku yang terlihat tidak tebal, cukup lentur serta memiliki lempengan kuku yang bersih mengkilat dan ujungnya sangat kuat. Fungsi utama kuku sebenarnya adalah sebagai pelindung ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf. Kuku memiliki lapisan kulit ari yang terdapat pada pangkal kuku sebagai pelindung kotoran.

Kuku kuning dan kasar karena adanya faktor genetik dapat berperan dalam pembentukan kondisi kuku. Gaya hidup dan pola makan juga berpengaruh pada kesehatan fisik kulit di sekitar kuku. Ciri kondisi kuku tidak sehat biasanya terlihat tidak cerah atau menguning dan permukaan kuku yang kasar.  Pemicu yang dapat menyebabkan warna kuku berubah menjadi kuning karena terlalu sering bersentuhan dengan zat pewarna atau memiliki kelainan organ dalam seperti penyakit hati serta terlalu banyak mengkomsumsi makanan mengandung pigmen. Sedangkan permukaan kuku yang kasar dapat disebabkan karena penyakit kulit, kondisi fisik buruk, diet terlalu ketat dan kekurangan vitamin B12 dan C serta zat besi.

kuku sehat

Cara Merawat Kuku dengan Benar.

Begitu banyak cara melakukan perawatan kuku, baik secara tradisional maupun modern. Perawatan kuku ala salom sebanrnya dapat dilakukan sendiri di rumah karena bahan-bahan perawatan ini marak dijual untuk umum.  Berikut berbagai macam perawatan kuku yang dirangkum oleh berbagisolusi.com dari berbagai macam sumber. Simak yah!

FRENCH MENICURE & PEDICURE.

Sudah lama perawatan jenis ini digemari oleh wanita yang selalu ingin tampil trendi. Teknik seperti ini dapat membuat kuku terlihat lebih indah dan alami dengan menampilkan cat kuku putih pada bagian ujung kukunya dan cat kuku warna merah muda untuk ulasan terakhir. Perawatan kuku ala Prancis ini tidak merusak kuku karena bagian dasar kuku tidak harus dikikir.

MENICURE & PEDICURE TRADISIONAL.

Lain lagi dengan perawatan jenis salon ktdengan penggunaan teknik tradisional. Biasanya perawatan ini menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, garam atau batu apung namun menggunakan alat pembersih kuku. Cara ini sangat mudah dilakukan sendiri di rumah. Rendan kuku di baskom yang berisi air hangat selama 20 menit lalu bersihkan kuku dengan perangkat pembersih kuku. Setelah itu buat scrub sendiri dengan campuran garam dan minyak zaitun. Setelah selesai, bilas lalu gunakan lotion agar tetap lembab.

PERAWATAN DENGAN BAHAN ALAMI.

Perawatan menggunakan bahan alami tidak memerlukan perangkat perawatan kuku modern. Bahan alami yang bisa digunakan adalah belimbing, lidah buaya, getah pepaya, jeruk nipis dan bawang putih. Caranya, gosokkan belimbing, lidah buaya serta bawang putih secara langsung pada kuku. Belimbing bermanfaat untuk membersihkan kotoran di sela kuku dan kulit luar kuku. Sedangkan bawang putih membantu menguatkan kuku dan lidah buaya bermanfaat untuk menampilkan kuku jadi lebih bening.

Begitu pula getah pepaya sangat bagus untuk membersihkan kulit di luar kuku agar tidak mudah pecah dan mengelupas. Selain itu jeruk nipis dapat mengembalikan warna kuku yang kekuningan. Perasan jeruk nipis ini bisa juga dicampurkan dengan pasta gigi lalu dioleskan pada kuku. Lalu basuh dengan air hangat.

Nah itulah beberapa perawatan kuku baik secara tradisional, modern dan alami. Apapun perawatan kuku yang Anda lakukan, pola makan yang sehat adalah modal terpenting dalam membantu kesehatan kuku. Rajinlah membersihkan dan menggunting kuku agar bakteri-bakteri yang tersimpan dibawah kuku dapat terangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website