Cara Merawat Kulkas Agar Tidak Cepat Rusak. Kulkas merupakan salah satu peralatan elektronik yang sering diabaikan perawatannya. Kita, sebagai pengguna, bahkan sering kali menumpuk bahan-bahan makanan di dalam kulkas hingga membuatnya penuh. Padahal tindakan tersebut tentu akan berdampak buruk pada kinerja kulkas itu sendiri. Selain bisa menjadikannya kotor, juga dapat menyebarkan aroma tak sedap yang ditimbulkan oleh aneka bahan makanan yang tersimpan di sana. Ujung-ujungnya, kulkas menjadi tidak awet dan cepat rusak.

Sayang kan kalau kulkas tersebut tidak dapat dipakai dalam waktu yang lama. Apalagi seperti yang kita ketahui, harga kulkas di pasaran terbilang cukup mahal. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika peralatan elektronik yang satu ini kita rawat secara rutin, sebaik mungkin. Berikut ini kami bagikan bagaimana Cara Merawat Kulkas Agar Tidak Cepat Rusak, disimak yuk!

Cara Merawat Kulkas Agar Tidak Cepat Rusak

Bersihkan Bagian Kulkas Setidaknya Sebulan Sekali

Selalu biasakan untuk membersihkan sejumlah bagian kulkas setidaknya satu bulan sekali. Bagian apa sajakah itu? Yaitu dinding bagian dalam, bagian belakang (kompresor), serta bagian luar kulkas. Hal ini dilakukan agar kulkas tidak menimbulkan aroma tidak sedap, bebas dari debu, dan terlihat bersih penampilan luarnya. Jangan lupa saat membersihkan kompresor agar mencabut kabel dari stop kontak terlebih dahulu.

Hati-hati Saat Mencairkan Bunga Es pada Freezer

Berhati-hatilah saat akan mencairkan bunga es yang menumpuk pada bagian freezer. Sebagian besar pengguna melakukan kesalahan pada hal ini. Jangan mencungkil bunga es tersebut menggunakan pisau atau benda yang tajam lainnya. Anda cukup mematikan aliran listrik yang ada dan menekan tombol defrost untuk mencairkan bunga esnya.

Perlakukan Kulkas dengan Baik Setelah Dibersihkan

Ada sejumlah hal yang perlu dilakukan pada kulkas saat selesai dibersihkan. Hal tersebut yaitu: atur suhu kulkas secara benar, dimana medium untuk bagian freezer minimum atau maksimum untuk bagian refrigerator. Selanjutnya, kulkas yang baru saja dibersihkan tidak boleh langsung diisi dengan bahan makanan/barang. Biarkan suhu kulkas berada pada posisi stabil terlebih dahulu, kira-kira sekitar 20 hingga 30 menit.

Perhatikan Lokasi Kulkas

Lokasi di mana kita menempatkan kulkas sangat berpengaruh pada awet atau tidaknya kulkas tersebut nantinya. Agar kulkas bisa tahan lama dan mampu mendinginkan secara optimal, jangan pernah menempatkannya di dekat sumber panas, yaitu kompor. Adapun jika kulkas berada di kitchen set, pastikan untuk memberikannya ruang kira-kira 5cm demi kestabilan sirkulasi udara pada kulkas.

Aturan Penyimpanan Bahan Makanan pada Kulkas

Untuk urusan menyimpan bahan makanan pada kulkas pun ada aturannya. Hal ini tentu demi optimal dan awetnya kinerja kulkas. Oleh karena itu, perhatikan beberapa aturan berikut:

  • Bersihkan terlebih dahulu bahan makanan yang akan ditaruh di kulkas. Bisa dengan mencucinya di bawah air mengalir.
  • Pastikan untuk tidak menaruh makanan yang masih panas ke dalam kulkas.
  • Tempatkan makanan/minuman pada wadah tertutup, terutama yang memiliki aroma kuat. Ini dilakukan agar aroma masing-masing makanan/minuman tidak tercampur sehingga dapat menyebabkan aroma tidak sedap di dalam kulkas.

Ingin Kulkas Anda Hemat Listrik? Lakukan Hal Berikut!

Setiap orang pasti mendambakan kulkas yang hemat listrik demi hematnya pembayaran tagihan bulanan. Iya, bukan? Untuk menjadikan kulkas Anda hemat listrik, maka cukup lakukan hal berikut:

  • Jangan terlalu sering membuka-tutup pintu kulkas agar udara dinginnya tidak keluar
  • Hindari mengisi kulkas dengan bahan makanan yang terlalu banyak karena akan menghambat proses pendinginan dan menambah beban kerja kulkas.

Nah, itu tadi tips dari kami tentang bagaimana Cara Merawat Kulkas Agar Tidak Cepat Rusak. Jika kulkas awet, tentu dapat digunakan lebih lama. Dan dapat meminimalkan anggaran untuk membeli kulkas pengganti. Sehingga tabungan yang Anda miliki pun dapat digunakan untuk keperluan lain yang lebih utama.

Jadi, yuk rawat kulkas yang Anda miliki di rumah secara rutin. Semoga informasi ini bermanfaat yaa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website