SHARE

Sebagian besar wanita menentukan kecantikan seseorang dari wajahnya yang menawan. Apabila wajah mengalami sedikit masalah saja, maka akan membuat para wanita merasa kebingungan untuk menyembuhkannya. Salah satu masalah pada wajah adalah bengkak. Oleh karena itu, bengkak pada wajah perlu segera diatasi.

cara cepat redakan bengkakCara mengatasi bengkak pada wajah dapat dilakukan dengan beberapa cara, termasuk dengan penggunaan bahan alami dan langkah yang sederhana. Berikut ini BerbagiSolusi.com akan menguraikan beberapa cara cepat mengatasi bengkak pada wajah.

6 Cara Meredakan dan Mengatasi Bengkak pada Wajah.

Bengkak merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat terjadi pada kaki, tangan, wajah, ataupun bagian tubuh yang lain. Pada umumnya, bengkak dapat disebabkan oleh suatu penyakit ataupun cedera. Selain itu, penggunaan kosmetik yang tidak cocok dapat membuat bengkak pada wajah. Namun, tak perlu khawatir karena berikut cara mengatasi bengkak pada wajah:

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh.

Air merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Air sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk segala keperluan, termasuk pada jaringan otot dan sel kulit.

Bengkak dapat disebabkan karena kurangnya cairan di dalam tubuh. Apabila kita mengalami dehidrasi, maka bagian tubuh tertentu akan menyimpan air tersebut agar tubuh tidak mengalami kekurangan air. Oleh karena itu, biasakan minum 10 hingga 12 gelas perhari untuk mencukupi kebutuhan air. Apabila kita telah minum air mineral maka bagian tubuh tersebut akan melepaskan cadangan air yang disimpan. Hal ini merupakan salah satu cara paling efektif dalam mengatasi bengkak pada wajah.

Memposisikan bagian tubuh yang bengkak lebih atas.

Cara ini digunakan untuk bengkak yang terjadi karena cedera. Posisikan bagian tubuh yang bengkak pada posisi lebih tinggi dibanding jantung. Jadi, letakkan wajah lebih atas dari pada posisi jantung. Hal ini dapat mengalirkan cairan yang terdapat dalam bengkak tersebut. Sehingga bengkak akan reda dengan sendirinya. Cara ini hanya digunakan untuk membantu saja. Jadi selain melakan hal ini, lakukan juga penyembuhan yang lain.

Kompres dingin dan panas.

Bengkak pada wajah cukup mengganggu penampilan. Sehingga dibutuhkan cara menyembuhkan bengkak pada wajah. Apabila bengkak yang Anda alami disebabkan karena alergi terhadap suatu hal, seperti debu, makanan, atau minuman tertentu maka gunakanlah kompres dingin.

Caranya, masukkan air dingin atau beberapa es batu ke dalam sebuah botol kaca dan lilit botol tersebut menggunakan handuk atau kain. Kemudian letakkan botol tersebut menempel pada bagian wajah yang membengkak. Kompreslah beberapa saat agar bengkak dapat mengecil.

Sementara, untuk bengkak yang disebabkan oleh cedera olahraga, maka kompres yang digunakan adalah panas. Namun, lebih tepatnya adalah kompres hangat. Cara pembuatannya pun hampir sama dengan kompres dingin. Air dingin atau es batu diganti dengan air hangat. Lalu lilit juga botol menggunakan kain atau handuk. Setelah itu kompreslah bagian wajah yang bengkak. Hal ini akan meredakan wajah yang bengkak dan mengurangi rasa sakit.

Olahraga.

Olahraga juga dibutuhkan oleh tubuh unttuk menjaga kebugaran dan kesehatan organ-organ dalam tubuh. Olahraga dapat berguna untuk melancarkan peredaran darah sehingga dapat digunakan sebagai cara mengatasi bengkak pada wajah. Lakukan olahraga dengan gerakan yang tidak begitu berat. Pada umumnya olahraga dilakukan selama 1 jam.

Lakukanlah olahraga secara rutin namun tidak memaksakan. Selain untuk mengecilkan bengkak pada wajah, olahraga akan membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit.

Air garam.

Air garam dapat dijadikan sebagai cara yang paling ampuh untuk mengatasi bagian tubuh yang bengkak, termasuk bengkak pada wajah. Cara mengobati bengkak pada wajah cukup mudah, yakni dengan melarutkan garam ke dalam air. Setelah itu, oleskan air garam pada bagian wajah yang bengkak dengan berulang-ulang. Tunggulah beberapa menit hingga air garam meresap ke dalam wajah. Lakukanlah hal ini secara teratur maka bengkak pada wajah akan semakin mengecil dengan cepat.

Jus buah.

Jus buah berperan seperti air mineral. Namun, tambahan buah akan memberikan nutrisi dan vitamin-vitamin yang juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Anda dapat memilih buah yang disukai untuk dibuat jus, seperti semangka, jeruk, mangga, atau yang lain sebagainya. Minumlah jus buah secara teratur agar tubuh tidak kekurangan cairan sehingga cara cepat menghilangkan bengkak pada wajah dapat dilakukan.

Demikian inilah 6 cara mengatasi bengkak pada wajah. Lakukan hal ini dengan rutin hingga bengkak pada wajah segera reda. Konsultasikan ke dokter apabila bengkak tidak segera reda setelah 24 jam.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.