SHARE

Sebagian besar wanita rutin melakukan perawatan facial secara rutin di salon. Karena para wanita meyakini bahwa rutin melakukan perawatan wajah dengan facial akan memberikan keajaiban pada kulit wajah. Biasanya yang menghalangi perawatan rutin ini hanyalah masalah kantong, yaitu biaya perawatan facial yang mahal. Bersyukurlah saat ini kita dengan mudah dan murah dapat menemukan produk-produk perawatan kulit di pasaran sehingga perawatan facial ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Selain hemat biaya, persiapannya juga tidak sulit, cocok untuk semua jenis kulit baik berminyak, kering atau kombinasi. Kita juga dapat mengatur waktu sendiri. Cukup luangkan waktu sekitar 25-30 menit.

Fungsi utama facial adalah membersihkan dan menyegarkan kulit. Proses facial terdiri atas pembersihan wajah, penyegaran, pemijatan, pengelupasan , penguapan, pemakaian masker dan penyegaran, serta proses pelembaban wajah.

Cara Mudah dan Murah Perawatan Facial di Rumah

Berikut persiapan dan langkah-langkah melakukan facial untuk wajah sendiri yang dapat dilakukan di rumah:

Persiapan Bahan dan Peralatan Facial yang Dibutuhkan

masker buah untuk kulitSiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan seperti sabun wajah, toner, peeling cream atau scrub, massage cream, masker (buatan atau instan), moisturizer (pelembab), dan semua itu harus sesuai dengan jenis kulit wajah. Alat-alat yang diperlukan, bandana atau penutup kepala (untuk melindungi rambut agar tidak terurai ke wajah), kapas, handuk lembut, mangkuk besar, air hangat, kuas khusus wajah yang lembut, handuk lembut, kapas dan air hangat.

Selain menggunakan produk perawatan wajah yang siap pakai, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan bahan-bahan alami sebagai bahan facial, misalnya masker aneka buah, masker herbal, dan lain sebagainya. Masker buah sebagai bahan facial saat ini sangat digemari karena khasiatnya yang sangat banyak untuk kulit. Selain itu, penggunaan bahan alam untuk perawatan kulit juga dipilih karena jauh lebih aman.

Anda pun dapat mencoba menggunakan produk perawatan kulit yang dibuat dari bahan alami, misalnya Masker Organik, yang dibuat dari bengkoang dan minyak zaitun. Produk ini cukup populer digunakan masyarakat Indonesia untuk perawatan wajah di rumah, termasuk untuk facial dan sebagainya. Produk ini dipilih karena khasiatnya yang sangat banyak untuk kulit, di antaranya untuk memutihkan kulit, menyegarkan kulit, mengangkat sel kulit mati, hingga mengencangkan kulit dan mengatasi kerutan di wajah.

Melakukan Pembersihan Wajah

Setelah semua produk perawatan yang diperlukan sudah siap, facial bisa segera dilakukan. Yang paling pertama dilakukan adalah membersihkan wajah dengan air hangat.  Tujuannya untuk membuka pori-pori kulit wajah. Jika pori-pori terbuka, wajah lebih mudah dibersihkan. Pembersih berbahan dasar oil-based lebih cocok karena lebih mudah menyingkirkan kotoran dan minyak yang menempel di wajah. Oleskan sabun pembersih ke wajah sambil memijat-mijat kulit wajah selama 3 menit.   Membersihkan wajah diikuti dengan pijatan berkhasiat juga untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam.  Memijat kulit wajah, dilakukan dengan lembut dan gerakan memutar dari arah dalam ke arah luar wajah. Pijat lebih lembut di area sekitar mata. Setelah membersihkan wajah, lap dengan handuk hangat.

Pengelupasan Kulit Mati atau Exfoliating

perawatan wajah sendiri di rumahExfoliating adalah salah satu proses perawatan wajah yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Caranya biasanya dengan mengoleskan scrub atau peeling cream pada wajah dan leher secara merata. Pijat dengan lembut wajah dengan arah melingkar agar sel kulit mati dan kotoran terangkat. Hindari penggunaan pada area bibir dan mata. Lakukan dengan perlahan selama 15 menit. Diamkan sampai mengering. Lalu bersihkan dengan handuk hangat sampai bersih.

Pemijatan atau Relaksasi Kulit

Bertujuan untuk merelaksasikan wajah agar peredaran darah di wajah menjadi lancar. Lakukan pijatan lembut secara perlahan pada wajah menggunakan massage cream. Kemudian basuhlah wajah dengan air hangat, diikuti dengan pijatan menggunakan handuk hangat.

Proses Penguapan

masker untuk berbagai jenis kulitKompreslah wajah menggunakan air hangat. Gunakan handuk kecil lembut yang sudah dicelupkan terlebih dahulu ke air hangat, kemudian tempelkan pada wajah. Proses penguapan pada tahap ini bertujuan untuk membuka pori-pori pada wajah.

Pengencangan Kulit

Gunakan masker yang sesuai dengan jenis kulit pada wajah. Oleskan dengan merata pada leher dan wajah menggunakan kuas khusus yang berbulu halus. Diamkan selama 10-15 menit. Kemudian bersihkan wajah dan leher dengan air hangat-hangat kuku. Setelah itu keringkan menggunakan handuk lembut. Hal ini bertujuan untuk mengencangkan dan menutrisi kulit wajah.

Penyegaran Kulit Kembali

Pada tahap penyegaran kulit ini yang dilakukan adalah mendinginkan dan memberikan kesegaran pada kulit wajah. Proses yang dilakukan adalah dengan mengusapkan toner wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

Pelembaban Kulit.

Proses terakhir, dengan memberikan pelembab pada kulit. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembabab kulit. Jika akan beraktifitas keluar rumah, oleskan sunscreen gel dengan perlindungan SPF 30 untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari.

Tips: Sebaiknya jangan melakukan facial terlalu sering karena kulit akan mudah sensitive dan menjadi tipis. Lakukan facial sebulan sekali terutama jika wajah kita mulai terlihat kusam dan banyak komedo.

Nah, selamat mencoba tips melakukan facial sendiri di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan keluarga. Selamat melanjutkan aktivitas Anda kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here