bengkoangBengkoang adalah salah satu tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan. Di Indonesia, bengkoang diambil umbinya dan digunakan sebagai lalapan dan bahan perawatan kulit. Kandungan vitamin C yang melimpah pada bengkoang sangat berkhasiat untuk menangkal berbagai jenis penyakit, serta menjaga daya tahan tubuh. Khusus untuk kulit, vitamin C yang terkandung dalam bengkoang dapat menjaga elastisitas kulit, mencerahkan kulit, serta menjaganya tetap awet muda.

Ada banyak cara yang sering dilakukan untuk mendapatkan manfaat bengkoang untuk kulit. Selain dengan dikonsumsi sebagai lalapan, juga dibuat sebagai masker wajah. Pada artikel kali ini kita akan bahas cara membuat masker wajah bengkoang. Mari disimak:

Cara membuat masker wajah bengkoang

Bagian yang diambl dari bengkoang adalah sari-sarinya,yang kemudian diambil patinya. Untuk mengambil sari bengkoang, bisa dengan cara berikut ini:

  1. Kupas 2 umbi bengkoang berukuran sedang, lalu cuci hingga bersih.
  2. Potong-potong bengkoang yang sudah dikupas agar bisa masuk ke dalam juicer (alat pemisah sari buah).
  3. Siapkan dan nyalakan juicer, lalu masukkan bengkoang yang telah dipotong-potong agar sari bengkoang terpisah dari ampasnya.
  4. Ambil sari bengkoangnya, simpan di wadah. Tips: gunakanlah wadah berupa gelas tinggi agar endapan pati bengkoang bisa mudah diambil.
  5. Diamkan sari bengkoang selama 2 jam di wadah tersebut, agar terdapat endapan pada bagian bawah wadah. Sari-sari yang mengendap di bagian bawah wadah inilah yang dinamakan sari pati bengkoang, dan bisa langsung digunakan sebagai masker wajah.

Cara menggunakan masker wajah bengkoang

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, pertanyaan berikutnya adalah bagaimana menggunakan masker wajah bengkoang dengan tepat. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Usap atau basuh wajah dengan air hangat. Air hangat berguna untuk membuka pori-pori kulit. Pori-pori kulit yang terbuka akan memudahkan proses pembersihan wajah hingga ke dalam pori.
  2. Ambil sari pati bengkoang (endapan di bawah wadah), dan langsung balurkan secara merata di seluruh bagian wajah.
  3. Diamkan selama 15 – 30 menit hingga masker mengering di wajah.
  4. Setelah masker mengering, basuh dan bersihkan wajah dengan air hangat.
  5. Pada bilasan terakhir, gunakan air biasa atau air dingin agar pori-pori wajah kembali menutup.

Selamat mencoba cara membuat dan menggunakan masker wajah bengkoang ini. Apabila ingin yang lebih simpel dan ingin mencoba masker bengkoang telah terbukti berkhasiat, coba Masker Sari Bengkoang. Klik di sini untuk membaca lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website