SHARE

Nyamuk adalah salah satu hewan kecil yang mengganggu dan berbahaya. Mulai dari gangguan ringan, seperti suaranya yang mengganggu ketika hendak tidur, atau gatal akibat gigitan, hingga penyebaran dan wabah penyakit mematikan, seperti malaria dan demam berdarah, semua diakibatkan oleh nyamuk. Agar gangguan bisa diatasi, serta penyebaran penyakit bisa ditanggulangi, maka nyamuk-nyamuk tersebut perlu diberantas dan diusir dari lingkungan tempat tinggal kita.

mencegah nyamuk menggunakan listerineCara yang paling jamak dan sering dilakukan untuk mengusir nyamuk adalah dengan menggunakan obat nyamuk alias anti nyamuk. Jenis anti nyamuk ini juga bermacam-macam, mulai dari obat nyamuk bakar, cair, spray, hingga obat nyamuk elektrik. Tapi yang jelas, dari semua jenis obat nyamuk itu, tidak ada satu pun yang benar-benar aman bagi kesehatan. Semua jenis obat nyamuk berbahaya bagi nyamuk, sekaligus beracun bagi manusia. Efek yang ditimbulkan obat nyamuk bagi kesehatan juga bermacam-macam, mulai dari iritasi ringan, gangguan pernafasan, pusing, keracunan, hingga menyebabkan kematian.

Karena faktor bahaya bagi kesehatan itulah, semua orang perlu mencari tahu cara mengusir nyamuk secara sehat dan aman. Beberapa cara sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, berjudul Cara Sehat dan Aman Mengusir Nyamuk. Tapi khusus pada artikel kali ini, kita membahas salah satu cara aman mengusir nyamuk, yaitu menggunakan obat kumur Listerine.

Cara Sehat Mengusir Nyamuk Menggunakan Listerine.

Untuk bisa memanfaatkan Listerine sebagai pengusir nyamuk, bahan dan peralatan yang diperlukan cukup sederhana, yaitu:

  • Listerine mouthwash. Pilihlah Listerine yg berwarna kuning, yaitu Listerine Original Mouthwash.
  • Botol spray. Botol spray yang bisa Anda gunakan adalah botol spray yang bisa diisi ulang, misalnya botol parfum.

Tuangkan Listerine ke dalam botol spray, lalu segera semprotkan ke area kulit yang ingin Anda lindungi dari gigitan nyamuk. Memanfaatkan Listerine sebagai penolak nyamuk seperti ini bisa bermanfaat bagi Anda yang hobby travelling, atau berkemah. Simple, dan bisa disemprotkan kapan saja Anda perlukan.

Semprotkan pula Listerine pada tiap-tiap sudut dan area rumah Anda yang terindikasi menjadi tempat favorit nyamuk untuk sembunyi dan bersarang. Semprot beberapa kali setiap hari, maka nyamuk akan benar-benar pergi.

Cara Kerja Listerine sebagai Penolak dan Pengusir Nyamuk.

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana mungkin obat kumur bisa dijadikan untuk mengusir nyamuk. Berikut ini penjelasannya.

Pada Listerine, terdapat 3 bahan aktif yang ternyata sangat dibenci oleh nyamuk, yaitu menthol, eucalyptol, dan thymol. Aroma dari 3 bahan ini merupakan aroma yang tidak disukai oleh nyamuk, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dari tempat tinggal Anda. Nyamuk akan pergi ketika mencium aromanya.

Kemampuan 3 bahan tadi mungkin tidak cukup ampuh untuk membunuh nyamuk, namun tentu saja lebih sehat dan aman bagi Anda dan keluarga. Aroma segarnya juga tentu lebih menyenangkan dibanding Anda harus mencium aroma obat nyamuk, yang malah bikin nafas jadi sesak.

Anjuran dan Tips Agar Rumah Bebas dari Nyamuk.

Agar nyamuk benar-benar pergi dan hilang dari lingkungan tempat tinggal Anda, kunci utama yang harus didapatkan adalah kebersihan. Senantiasa jaga kebersihan kamar, rumah, dan lingkungannya, agar nyamuk tidak menjadikan rumah Anda tempat bersarang.

Bersih dan rapikan ruangan-ruangan, rapikan perabot, dan tempatkan pada lemari berpenutup rapat. Jangan suka menggantung pakaian di belakang pintu atau di dinding, apalagi pada waktu lama. Senantiasa pula membersihkan gorden-gorden, agar tidak dijadikan tempat bersarangnya nyamuk.

Di halaman, rutinlah setiap hari menyirami tanaman. Gunakan selang dan alat semprot, agar seluruh daun dan badan tanaman basah, agar tidak sempat dijadikan sarang nyamuk. Bersihkan pula selokan, agar air tidak mampet dan tergenang. Selokan yang kurang lancar mengalir adalah tempat favorit nyamuk berkembang biak. Sediakan pula tempat sampah berpenutup, agar nyamuk tidak masuk.

Bersihkan pula bak dan kamar mandi, karena sering kali bak menjadi tempat bertelur bagi nyamuk. Pastikan bak kamar mandi bebas jentik. Gunakan abate bila perlu.

***

Demikianlah bagaimana mengusir nyamuk secara aman dan sehat menggunakan Listerine, serta tips-tips agar nyamuk tidak bersarang di rumah dan di lingkungan kita. Selamat mencoba. Baca pula tulisan sebelumnya, berisi cara sehat dan alami mengatasi nyamuk di rumah.
Disclaimer: Tulisan ini hanyalah bentuk berbagi dari BerbagiSolusi.com. BerbagiSolusi.com tidak memiliki afiliasi apapun terhadap merk Listerine maupun pemegang lisensi merk tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here