SHARE

Tahukah Anda bahwa merawat wajah agar tetap sehat, cerah, dan bersinar, bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah cukup dengan menggunakan beras? Beras, merupakan bahan makanan yang paling sering digunakan untuk perawatan kulit alami, terutama oleh wanita di sejumlah negara Asia.

Khasiat Penggunaan Beras di Wajah dan Kulit Tubuh.

Merawat wajah dengan menggunakan beras selain mudah dilakukan, juga dapat memberikan manfaat yang sangat besar untuk kulit. Manfaat penggunaan beras untuk kulit wajah, antara lain:

  • Membersihkan kulit dan mengangkat sel kulit mati
    Tekstur beras yang sudah dihaluskan menjadi tepung, sangat tepat digunakan untuk membersihkan kulit. Ukuran butiran scrub yang terbuat dari tepung beras ini sangat ideal untuk mengikis dan mengangkat sel kulit mati.
  • Menutrisi kulit dengan vitamin E.
    Beberapa jenis beras (seperti beras jepang) memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui, vitamin E sangat dibutuhkan untuk kulit, terutama dalam proses peremajaan kulit. Dengan senantiasa memenuhi kebutuhan vitamin E pada kulit, kulit akan tetap awet muda. Kulit yang awet muda biasanya ditandai dengan elastisitasnya. Kulit terlihat lebih kenyal, lembab netral, dan bebas kerutan dan garis halus.
  • Beras bersifat netral, sehingga cocok untuk semua jenis kulit.
    Sifat beras yang netral membuatnya dapat digunakan untuk segala jenis kulit. Selain itu, sifat ini juga memungkinkan beras tetap baik dan dapat digunakan meskipun dicampurkan dengan berbagai bahan alami perawatan kulit lainnya. Jadi, bagi Anda yang ingin meningkatkan khasiat perawatan kulit dari beras ini, tinggal menambahkannya dengan bahan alami lainnya, seperti madu, minyak zaitun, kunyit, susu, dan aneka bahan alami lainnya yang dapat berkhasiat untuk kulit.

masker wajah dari beras

Tentunya masih banyak manfaat beras yang sangat baik untuk kulit Anda. Anda dapat mencari tahu khasiat lainnya pada halaman Khasiat Beras untuk Kulit di BerbagiSolusi.com. Nah, sekarang bagaimana cara memanfaatkan beras untuk digunakan sebagai bahan perawatan kulit? Berikut ini langkah-langkahnya.

Membuat Masker Wajah Alami dari Beras.

Salah satu metode yang paling mudah untuk menjadikan beras sebagai perawatan kulit adalah dengan membuatnya sebagai masker wajah alami. Cara ini sangat mudah, karena bahan dan peralatan yang diperlukan sangat sederhana. Anda pun tidak perlu membuatnya dalam jumlah yang banyak. Buat sesuai keperluan saja.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat masker dari beras:

Langkah 1: Persiapan Bahan.

Bahan yang diperlukan antara lain: 2 sendok makan beras, 1/2 sendok teh madu murni, dan 1/2 sendok teh minyak zaitun. Anda juga dapat menambahkan 1 sendok teh susu cair murni.

Khasiat beras untuk kulit sudah dijelaskan pada tulisan di atas. Madu, susu, dan minyak zaitun, juga merupakan bahan alami yang sangat baik khasiatnya untuk kulit. Madu dapat digunakan sebagai antiseptik (anti bakteri/anti kuman), yang sangat bermanfaat untuk mengatasi iritasi di kulit, serta melawan pertumbuhan jerawat di wajah. Seentara itu, minyak zaitun mengandung vitamin E yang sangat-sangat-sangat tinggi, yang mampu membantu meregenerasi sel kulit. Menambah minyak zaitun dalam campuran masker beras ini dapat menambah konsentrasi vitamin E. Susu juga berperan untuk membuat kulit tampak lebih cerah dan segar. Penambahan susu akan membuat masker wajah yang Anda buat memiliki khasiat yang lebih hebat.

Langkah 2: Mengolah Beras.

Beras yang sudah disiapkan sebaiknya dicuci hingga bersih, lalu direndam selama 12 jam atau lebih. Setelah direndam, beras segera ditiriskan dan diangin-anginkan. Setelah kadar air dalam beras mulai berkurang, beras segera dihaluskan. Untuk menghaluskannya, Anda dapat menggunakan coffee grinder ataupun blender bumbu (blender kering). Jika salah satu atau kedua alat tersebut tidak tersedia, Anda juga bisa menggunakan alat lain, misalnya sendok (gunakan alas sendok), cobek, atau alu/lumpang. Pastikan semua bagian beras dihaluskan secara merata menjadi tepung beras.

Langkah 3: Mencampur Bahan.

Setelah beras dihaluskan menjadi tepung beras, Anda sudah bisa mencampurkannya dengan semua bahan yang telah disiapkan (madu, minyak zaitun, dan susu). Campurkan hingga merata. Pastikan tidak ada bagian tepung beras yang tidak tercampur dengan bahan lainnya. Setelah semua bahan tercampur, dari campuran tersebut bentuklah bulatan-bulatan kecil seperti kacang, lalu jemur dan keringkan. Tujuannya adalah agar masker ini bisa awet dan digunakan seperlunya saja. Setelah kering, simpan semua butiran masker ini pada wadah berpenutup.

Langkah 4: Pengaplikasian Masker Beras.

Pada langkah ini, masker yang sudah Anda buat sudah siap diaplikasikan sebagai masker wajah. Basuh wajah Anda dengan air hangat terlebih dahulu sebelum menggunakan masker. Ambil beberapa butir masker yang sudah kering, lalu campurkan dengan sedikit air. Balurkan di wajah, pijat-pijat lembut wajah Anda, lalu diamkan dan biarkan bahan masker mengering di wajah selama 15 hingga 30 menit. Setelah itu, bilas wajah Anda menggunakan air hangat. Pada bilasan terakhir, gunakan air biasa atau air dingin agar wajah Anda segar kembali, serta pori-pori kulit merapat.

Gunakan masker beras yang Anda buat ini pada wajah Anda, 3 hingga 4 kali seminggu. Saat yang paling tepat menggunakannya adalah pada sore hari ataupun pada malam hari, setelah seharian beraktifitas. Penggunaan masker wajah pada waktu-waktu tersebut dapat mencegah wajah dari kelelahan dan stress pada otot-otot wajah.

Nah, ternyata mudah kan membuat masker dari beras? Apabila Anda ingin manfaat lainnya yang lebih hebat, Anda dapat mencoba Masker Wajah Organik – Sari Bengkoang, yang terbuat dari beras dan bengkoang. Baca pula artikel sebelumnya mengenai cara membuat sabun pepaya untuk memutihkan kulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here