jerawat membandelJerawat telah menjadi masalah yang sering ditemui banyak orang, dan biasanya sangat dihindari karena dapat mengganggu penampilan anda dan ketika hilang, bekasnya pun kadang masih tertinggal. Banyak metode bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat, namun adakah cara paling ampuh mengobati jerawat? Jerawat mungkin bukanlah gangguan yang berbahaya, namun tetap saja keberadaannya mengganggu anda dan dapat mempengaruhi kepercayaan diri anda terutama ketika harus berinteraksi dengan orang lain. Untuk itu perlu diketahui beberapa cara untuk mengatasinya.

Berbagai Penyebab Jerawat

Jerawat sendiri bisa muncul karena banyak hal, antara lain:

  • karena adanya produksi minyak dalam tubuh yang berlebihan,
  • pengaruh obat-obatan, suplemen dan kosmetik yang anda pakai,
  • adanya kuman dan bakteri yang bersarang di jaringan kulit,
  • faktor hormonal,
  • atau juga karena adanya sel-sel kulit mati, dll.

Penting bagi anda untuk mengetahui penyebab jerawat sehingga nantinya setelah anda berhasil menghilangkan jerawat yang ada saat ini, jerawat tidak akan muncul lagi dan mengganggu penampilan anda. Sangat penting bagi anda dalam melakukan pencegahan munculnya jerawat untuk menjaga kebersihan, cobalah untuk rutin melakukan cuci muka setelah beraktivitas selain itu, hati-hatilah dalam memilih kosmetik karena bisa saja kosmetik yang anda pakai tidak cocok dan menyebabkan jerawat muncul.

Bahan Alami untuk Mengatasi Jerawat

Lidah Buaya

Untuk mengatasinya, cara paling ampuh mengobati jerawat yang pertama bisa anda lakukan adalah menggunakan lidah buaya. Penggunaan bahan alami seperti lidah buaya akan lebih aman dibandingkan anda menggunakan produk kesehatan yang tidak diketahui bahan pembentuknya.

Pemakaian lidah buaya sendiri tidak sulit, yaitu cukup dengan mengambil getah dari lidah buaya yang sudah anda cuci sebelumnya lalu oleskan ke permukaan kulit yang mengalami jerawat. Anda bisa melakukan cara ini seminggu tiga kali dan dilakukan secara berkala untuk menghilangkan jerawat sekaligus bekasnya.

Tomat dan Jeruk Nipis untuk Mengatasi Jerawat

Bahan lain yang bisa dimanfaatkan adalah tomat dan jeruk nipis. Tomat memiliki kandungan vitamin A dan C yang baik untuk kulit, dan memang sering digunakan untuk perawatan kulit secara alami. Untuk mengatasi jerawat yang muncul di kulit anda, cukup potong tipis-tipis, lalu letakkan di bagian kulit dimana jerawat muncul. Dengan penggunaan berkala tomat ini, jerawat akan dapat hilang dengan alami tanpa menghilangkan bekas.

Sedangkan untuk jeruk nipis, penggunaannya hampir sama dengan 2 bahan diatas, cukup oleskan ke bagian kulit yang terkena jerawat hasil perasan jeruk nipis. Hanya saja perlu diperhatikan untuk tidak membiarkan hasil perasan jeruk nipis tadi terlalu lama, karena ada beberapa orang yang kulitnya sensitif  sehingga tidak kuat dengan asam yang dihasilkan jeruk nipis. Cukup biarkan selama 3-5 menit lalu bilas dengan air bersih.

Daun Sirih Sebagai Anti Bakteri

Daun sirih juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati jerawat, terutama jerawat yang diakibatkan oleh bakteri. Kemampuan daun sirih sebagai anti bakteri sangat baik dan berkhasiat untuk melawan tumbuhnya bakteri dan kuman yang bersarang di jaringan kulit.

Herbamask sebagai Obat Tradisional Penghilang Jerawat

herbamask obat jerawatHerbamask merupakan obat tradisional yang berasal dari daerah Nusa Tenggara dan sangat populer digunakan oleh masyarakat sebagai obat penghilang jerawat sekaligus untuk menghaluskan kulit. Khasiatnya antara lain untuk mengobati jerawat membandel, menghilangkan bekas luka jerawat, dan membuat kulit halus dan lembut. Penggunaan Herbamask secara rutin dan teratur tidak hanya membuat jerawat hilang, tapi juga mencegah jerawat datang kembali.

Klik di sini untuk informasi mengenai Herbamask – Obat Tradisional Anti Jerawat.

Penggunaan Bahan Alami Lain dan Penanganan Medis

Beberapa bahan alami lain yang bisa dimanfaatkan dalam cara paling ampuh mengobati jerawat antara lain adalah madu dan putih telur. Untuk madu, memang bahan ini dikenal baik untuk kulit dan biasanya untuk mengatasi jerawat bisa dicampur dengan kayu manis untuk membuat masker. Selain untuk menghilangkan jerawat, campuran ini berguna untuk membuat kulit anda menjadi lebih halus. Sedangkan putih telur mungkin belum terlalu diketahui perannya dalam menghilangkan jerawat dari kulit anda. Padahal dengan kandungan protein yang cukup tinggi, putih telur dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit sekaligus menghilangkan jerawat.

Penggunaan bahan alami diatas bertujuan untuk menghilangkan jerawat secara lebih natural karena tidak ada efek samping yang ditimbulkan. Ketika anda mendapati bahwa jerawat yang muncul ternyata tidak dapat diatasi dengan bahan alami diatas dan bahkan bertambah parah, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter untuk mendapat penanganan medis karena kemungkinan ada gangguan yang timbul di jaringan kulit anda. Penanganan medis untuk menghilangkan jerawat memang cukup efektif, hanya saja biaya yang anda harus keluarkan tentunya tidak sedikit.

Selamat mencoba, dan selamat melanjutkan aktivitas. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website