SHARE

Dehidrasi adalah keadaan di mana seseorang mengalami kehilangan cairan tubuh. Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai gangguan seperti mudah lelah, mengantuk dan tidak bisa berkonsentrasi sehingga sangat menganggu aktivitas.

Cairan dalam tubuh terdiri dari berbagai zat, salah satunya adalah air. Air merupakan komponen terbanyak dari seluruh cairan dalam tubuh. Air memang tak dapat dipungkiri merupakan zat esensial bagi kehidupan. Semua sistem dalam tubuh bergantung pada air. Seperti diketahui tubuh manusia dewasa terdiri dari 70 persen air, sedangkan pada anak adalah 80 persen. Kurangnya asupan air dalam tubuh dapat menyebabkan fungsi kerja tubuh tidak dapat bekerja secara optimal. Makanan yang dikomsumsi tidak akan larut dan dapat terserap dengan baik jika tubuh kekurangan air.

dehidrasi

Dehidrasi ringan sekitar 1 persen menimbulkan rasa haus dan gangguan suasana hati. Kekurangan cairan dalam tubuh sekitar 3 persen dapat menurunkan stamina. Bila kekurangan cairan itu 4 persen akan menurunkan kemampuan fisik sampai 25 persen. Bahkan jika kekurangan mencapai 7 persen seseorang bisa mengalami pingsan. Kekurangan asupan cairan, khusunya air, meningkatkan resiko penyakit batu ginjal, infeksi saluran kencing, kanker usus besar, konstipasi, obesitas, penyumbatan pembuluh darah otak dan gangguan lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, orang dewasa membutuhkan setidaknya 2.100 ml air atau setara dengan 8-10 gelas air dalam sehari. Saat tubuh kekurangan cairan akan mengirim sinyal berupa rasa haus. Di dalam tubuh sendiri terjadi pengentalan plasma darah sehingga akan dikeluarkan hormon tertentu yang menyebabkan penghematan penggunaan air berupa jumlah urin yang sedikit.

Nah olehnya itu dari ulasan tentang dehidrasi di atas, maka berbagisolusi.com akan berbagi info tentang kiat praktis mengatasi dehidrasi. Simak yah!

KIAT PRAKTIS MENGATASI DEHIDRASI

Di samping karena kekurangan cairan, ada juga penyebab lain sehingga terjadinya dehidrasi. Seperti flu atau pilek. Biasanya, hal ini terjadi karena kurang makan dan minum. Dehidrasi bisa juga karena muntah-muntah dan diare yang berat.

Berikut kiat-kiat yang harus dilakukan jika terkena dehidrasi :

  • Sesegera mungkin mengganti cairan tubuh yang banyak keluar tadi. Dengan cara perbanyak minum.
  • Penderita harus dibawa ke dokter bila dehisrasi akibat diare dan muntah-muntah cukup serius. Sebab bila tidak segera mendapatkan pertolongan, penderita akan banyak kehilangan cairan.

TIPS  MENGHINDARI DEHIDRASI

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari terjadinya dehidrasi :

  • Minum secara teratur setiap hari, terutama bila banyak beraktivitas. Cairan yang dikomsumsi sebaiknya diatur agar bervariasi.
  • Volumenya sedikitnya 8 gelas sehari. Bentuknya bisa kombinasi aneka jenis cairan, seperti jus buah, buah segar, sup dll. Minumlah sebelum beraktivitas, seperti ke kantor, ke pasar, mengantar anak sekolah dll. Tetap minum secara teratur meskipun tidak haus.

Itulah beberapa kiat-kiat praktis mengatasi dan tips untuk menghindari dehidrasi. Semoga artikelnya bermanfaat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here