Banyak wanita merasa bahwa perawatan kulit di salon membuang banyak waktu dan biaya; oleh karena itu, kini banyak wanita beralih ke bahan alami sebagai alternatif. Salah satunya adalah masker tomat. Membuat masker tomat untuk kulit di rumah bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana. Selain itu, menggunakan bahan yang alami tentunya lebih aman. Khasiatnya pun tidak kalah dengan produk-produk kecantikan dan perawatan kulit yang banyak beredar di pasaran.

Masker Tomat dan Madu untuk Membuat Kulit Lebih Cerah

Bahan yang digunakan, yaitu:

  • 1 sendok teh madu
  • 1/2 tomat matang.
    Pilihlah tomat yang segar, berwarna cerah, dan tampak sehat.

Langkah pembuatan masker tomat pencerah kulit.

masket tomat dan madu untuk mencerahkan kulitCara membuatnya, campur kedua bahan bersama hingga benar-benar menjadi adonan yang lembut. Penggunaannya hanya tinggal meratakan adonan ke wajah dan tunggu hingga lima belas menit saja sebelum akhirnya dibilas dengan air dingin; kemudian, keringkan wajah dengan kain atau handuk bersih.

Wajah cerah bersinar tidak selalu harus menggunakan produk kecantikan untuk kulit yang bisa-bisa malah membuat kulit tidak sehat; tomat dapat melakukan lebih dari itu. Bahkan tomat sanggup membuat kulit cerah secara alami dengan kandungan lycopene di dalamnya. Sinar ultraviolet tidak akan membuat Anda takut lagi karena kulit akan terlindungi dengan baik.

Klik: Mencerahkan Kulit dengan Masker Bengkoang.

Sedangkan untuk madu, bahan alami ini mengandung humektan alami di mana kulit akan terlindungi dari bakteri dan kerusakan apapun. Penuaan dini bisa diatasi dengan madu selain fakta bahwa madu bisa mengusir jerawat pada wajah dan membersihkan wajah dari bekas-bekas jerawat, serta bintik hitam. Madu mengandung antiseptik, anti-bakteri, anti inflamasi serta anti jamur dan akan senantiasa mengunci kelembaban pada sel kulit Anda.

Masker Tomat dan Mentimun untuk Meremajakan Kulit

masker tomat dan mentimunBahan-bahan yang diperlukan, yaitu:

  • 1/4 mentimun segar, cuci lebih dulu mentimunnya sebelum dikupas
  • 1/2 tomat matang

Langkah Membuat Masker Tomat + Mentimun.

Cara pembuatan sangat mudah hanya dengan mencampurkan keduanya hingga menjadi adonan sempurna. Jika sudah siap, gunakan dengan mengusapkan adonan ke kulit wajah secara merata dan tinggalkan saja selama lima belas menit supaya kandungan-kandungan baik kedua buah ini bisa terserap ke kulit; bersihkan dengan air dingin setelahnya dan keringkan dengan handuk lembut.

Peremajaan kulit tidak harus selalu dengan produk kecantikan yang terdapat bahan-bahan kimia di dalamnya karena tomat dan mentimun saja sudah bisa jadi kombinasi yang baik untuk merawat keremajaan kulit. Pori-pori yang besar akan dikecilkan dan dikencangkan. Mentimun adalah buah segar yang akan menjaga kulit terhidrasi dengan baik dan mengurangi kadar minyak berlebih bagi orang yang berjenis kulit berminyak.

Baca Pula: Cara Membuat Masker Telur untuk Membuat Wajah Awet Muda.

Antioksidan serta kelembaban yang terkandung di dalam mentimun akan menutrisi kulit yang kering sehingga akan selalu tampak segar dan muda. Bagi yang memiliki kulit yang sering terbakar sinar matahari, mentimun berperan sebagai pendingin dan peringan masalah kulit tersebut. Tidak hanya itu saja, kulit wajah yang mungkin dipenuhi dengan bintik hitam serta bekas jerawat akan dicerahkan kembali dengan mentimun.

Cara Membuat dan Manfaat Masker Tomat untuk Kulit Dicampur Lemon.

masker tomat dan lemonTomat adalah salah satu bahan alami yang paling sering dijadikan bahan utama resep masker dan kali ini ada resep masker tomat dan lemon untuk kulit yang bisa dijadikan perawatan murah meriah di rumah. Simak bahan yang diperlukan, cara membuat masker, cara pengaplikasiannya, serta alasan mengapa tomatlah yang digunakan dalam hal ini.

Resep Masker Tomat Lemon Sederhana

Bahan-bahan yang perlu disiapkan:

  • 1/2 tomat yang sudah matang
  • 1/2 sendok teh jus lemon.

Langkah Membuat Masker Tomat dan Lemon

Cara membuatnya hanya dengan memblender kedua bahan hingga benar-benar bertesktur lembut, Anda bisa menggunakan bola kapas bersih untuk dicelupkan ke adonan masker yang sudah jadi dan kemudian mengusapkannya secara merata ke wajah. Cuci wajah dengan air dingin setelah sepuluh hingga lima belas menit dan keringkan wajah. Jika menginginkan kulit yang lembab, jangan lewatkan menggunakan sedikit minyak zaitun.

Khasiat Masker Tomat yang Dicampur dengan Lemon

Tomat tidak hanya segar ketika dimakan tapi juga sangat bermanfaat untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit karena dapat membantu mengecilkan pori-pori yang besar serta dapat meringankan kulit yang terbakar. Bahkan tidak ada masalah bagi orang-orang yang memiliki jenis kulit berminyak untuk merawat kulit dengan bahan utama tomat matang. Jerawat pun akan takut pada buah satu ini dan wajah akan segera bersih ketika menggunakan masker secara teratur. Masalah penuaan dini pun bisa diatasi dengan tomat yang akan membuat wajah lebih cerah dan awet muda seperti yang diharapkan.

Baca pula: Penyebab Pori Tersumbat dan Cara Mengatasinya.

Yang paling membuat penasaran di sini adalah kandungan yang terdapat pada buah tomat. Magnesium adalah salah satunya di mana kulit yang mengalami penuaan dini dapat diatasi; wajah awet muda dapat diperoleh melalui kandungan satu ini. Kalium juga salah satu yang terkandung di dalam tomat yang membuat buah ini tidak hanya cocok untuk kulit berminyak tapi juga untuk kulit kering; sel-sel kulit akan terhidrasi dan akan tetap terjaga kelembabannya.

Kalsium tidak hanya ada dalam susu tapi juga tomat dan alasan mengapa kulit pun juga membutuhkan kalsium adalah supaya kulit kering yang mulai layu bisa diatasi dan lapisan paling atas dari kulit bisa disusun dengan baik kembali. Vitamin C mungkin merupakan kandungan dalam tomat yang sudah diketahui banyak orang; kolagen dibentuk oleh vitamin C sehingga kulit tidak hanya cerah tapi juga lembut dan kenyal. Vitamin-vitamin B juga tidak boleh dilupakan karena kandungan tersebutlah yang akan melambatkan proses penuaan dini; penyebab apapun yang membuat kulit kering atau menua akan dilawan oleh vitamin-vitamin ini sehingga kesehatan sel-sel kulit pun bisa tetap terjaga dengan baik. Vitamin A juga merupakan kandungan utama pada tomat yang akan membantu melenyapkan bintik-bintik hitam atau bekas-bekas jerawat pada kulit wajah; bahkan kulit kasar pun akan dilembutkan dengan vitamin ini.

Baca juga: Vitamin E untuk Kulit.

Bagaimana dengan jus lemon yang digunakan sebagai bahan campuran masker ini? Jus lemon mengandung anti-bakteri yang akan membuat kulit selalu bersih dan jauh dari bakteri. Selain itu, kulit juga akan dicerahkan dengan bahan ini, bekas jerawat dan bintik hitam pun akan hilang dengan penggunaan jus lemon. Asalkan tidak terlalu banyak dalam pemakaiannya dan selalu taat pada aturan pakai, kulit tetap aman.

Pakai tomat yang matang dan just lemon yang masih segar untuk hasil yang memuaskan. Supaya masker tomat untuk kulit ini bisa lebih manjur, uapkan lebih dulu wajah Anda sebelum menggunakan masker supaya pori-pori membuka.

Tips Dalam Membuat dan Menggunakan Masker Tomat

Ketika akan menggunakan masker, mengenakan kaos lama akan jauh lebih baik karena siapa tahu adonan masker bisa tumpah atau menetes ke pakaian Anda. Jika memang adonan masker tersisa, tidak perlu membuangnya; simpan saja di dalam kulkas karena masih bisa digunakan untuk tiga hari ke depan asalkan baunya masih baik-baik saja. Untuk resep masker tomat madu, pakailah madu mentah yang belum melalui proses apapun sehingga kulit tetap aman dan terhindar dari iritasi. Membuat masker tomat untuk kulit ternyata lebih dari simpel bukan? Tidak pakai lama dan mahal untuk membuat kulit sehat, awet muda dan bersinar.

Nah, demikianlah beberapa resep membuat masker wajah alami dari tomat. Semoga dapat membantu, dan menambah pengetahuan pembaca.

Baca pula tulisan sebelumnya mengenai Cara Membuat Masker Alami untuk Kulit Berminyak, serta Cara Membuat Masker Bengkoang.

One thought on “Cara Membuat Masker Tomat untuk Kulit Wajah

  1. Ambar says:

    jika didicoba terbukti asli tidak ini,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website