Investasi cicilan emas di pegadaian merupakan salah satu program yang belum lama ini dikenalkan kepada publik. Melakukan investasi merupakan salah satu perencanaan uang yang baik dimasa depan, bisa melalui emas dan logam mulia, properti, tabungan, obligasi, saham atau lainnya. Dari investasi yang dilakukan Anda bisa mendapatkan keuntungan dan tips atau cara mengelola keuangan supaya lebih baik. Ya, walaupun hampir semua investasi mempunyai berbagai macam resiko yang bisa didapatkan. Namun, hal tersebut kembali kepada jenis investasi apa yang diambil, satu jenis dengan jenis lainnya mempunyai tingkat resiko yang berbeda-beda.

Salah satu bentuk investasi yang sampai sekarang ini masih digunakan masyarakat yaitu deposito di bank. Untuk investasi ini memang cenderung merugikan, pasalnya setiap bulan akan dikenakan bunga sesuai dengan kesepakatan dengan bank. Maka dari itu sangat disarankan untuk lebih bijak dan pintar dalam memilih jenis investasi yang akan dipilih, salah satunya yaitu investasi emas di pegadaian. Seperti yang diketahui jenis emas merupakan salah satu investasi yang sangat menguntungkan, mengingat harga emas semakin hari tentunya akan semakin naik. Maka dari itu investasi jenis ini termasuk dalam bentuk investasi yang mempunyai resiko kecil.

Walaupun resiko kecil tetapi tetap perlu adanya minimalisir supaya tidak terjadi kerugian. Berikut ini beberapa cara aman untuk melakukan cicilan dalam investasi emas untuk persiapan menghadapi resiko, antara lain:

Melakukan survei

Yang pertama dilakukan sebelum Anda datang ke pegadaian yaitu melakukan survei dari berbagai sumber informasi. Misalnya dalam situs jual beli online yang menawarkan berbagai jenis emas, dari itu akan terlihat harga emas yang digunakan sebagai perbandingan. Selain dari harga Anda juga bisa melihat perbandingan dari segi lainnya. Hal tersebut semakin memudahkan Anda mendapatkan keuntungan dalam sebuah investasi.

Sesuaikan dengan keuangan

Dari melakukan survei yang pertama Anda bisa melihat harga, setelah itu bisa menentukan juga besar cicilan emas yang akan diambil. Tentunya dari pegadaian akan menawarkan berbagai jenis cicilan dengan besar biaya yang berbeda. Maka dari itu pastikan keuangan Anda aman untuk melakukan cicilan supaya tidak terjadi masalah ditengah jalan misalnya penunggakan pembayaran atau lainnya.

Persiapkan segala yang dibutuhkan

Sebelum Anda melakukan permohonan untuk melakukan cicilan dalam investasi emas di pegadaian lebih baik untuk mempersiapkan berkas yang diperlukan terlebih dahulu. Misalnya dari beberapa lembar fotokopi yang diperlukan seperti data diri atau lainnya. Selanjutnya serahkan uang muka, formulir program dari pegadaian mengenai investasi emas dan tak lupa untuk membaca, memahami dan menandatangani surat perjanjian untuk mengikuti program tersebut.

Pemilihan jangka waktu cicilan

Selanjutnya yaitu dalam menganalisis atau memahami jangka waktu yang ditentukan untuk menjalani program tersebut. Semakin panjang jangka waktu yang Anda ambil tentunya semakin besar pula harga emas tersebut. Maka dari itu lebih disarankan untuk Anda mengambil jangka waktu yang sedang atau cenderung pendek, hal tersebut juga akan berpengaruh pada keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Makanya Anda harus jeli dalam hal ini supaya tidak menyesal dikemudian hari.

Lakukan cicilan dengan teratur

Kenapa diawal perlu mempertimbangkan keuangan Anda? Karena itu akan berpengaruh besar terhadap cicilan yang akan dilakukan. Jika keuangan Anda bermasalah tentu akan berimbas pada emas tersebut. Kalau Anda tidak bisa membayar cicilan emas dengan lancar dan teratur kemungkinan besar emas tersebut akan diberikan kepada orang lain yang lebih mampu. Maka dari itu pertimbangkan dengan benar, salah dalam pengambilan keputusan bukan keuntungan yang didapatkan malah kerugian besar.

Semoga tips ini bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website