SHARE

memutihkan kulit dengan cara alamiCara efektif memutihkan dan mencerahkan kulit ada beberapa ragam dan caranya. Namun dari semua cara yang ada, semua butuh ketelatenan dan kesungguhan anda dalam menjalankan cara-cara ini. Hampir semua wanita di Indonesia mendambakan kulitnya menjadi putih, mulus, dan cerah. Karena mereka beranggapan kalau wanita yang cantik itu adalah wanita dengan kulit putih dan tidak gelap. Seperti yang kita ketahui, ras kulit orang Indonesia memang terkenal dengan sawo matangnya. Namun hal ini lah yang menjadi menarik karena mereka ingin kulit yang tidak terlalu sawo matang.

Efektif Memutihkan dan Mencerahkan Kulit dengan Cara Alami

Untuk itu, ada beberapa tips cara yang cukup efektif untuk anda baik pria maupun wanita yang ingin kulitnya menjadi lebih putih dan cerah, yaitu:

Minum Air Putih yang Cukup

Air putih memang banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita. Air putih membantu memperlancar distribusi oksigen dan nutrisi di dalam sel-sel darah. Konsumsi air putih yang cukup, dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita yang sangat membutuhkan cairan. Sehingga dengan konsumsi air putih yang mencukupi, dapat menjaga kelembaban dan pencerahan alami pada permukaan kulit anda.

Selain itu, efek detoksifikasi pada tubuh dapat membantu menghancurkan racun-racun yang mempengaruhi penampilan kulit. Kotoran-kotoran penyumbat pori-pori pun akan dapat terangkat sehingga menghasilkan kulit yang segar.

Menghindari Terik Matahari

tips melindungi kulitSalah satu faktor kulit anda berubah menjadi gelap adalah karena paparan sinar UV pada matahari. Kulit tubuh anda ini mempunyai zat warna atau biasa dikenal dengan sebutan melamin. Melamin ini merupakan sejenis zat warna yang terdapat pada kulit yang dihasilkan oleh sebuah sel yang dikenal dengan nama melanosit. Melanosit ini fungsinya adalah untuk menyerap sinar UV pada matahari dan mencegah kerusakan pada kulit. Melamin inilah yang memberi warna pada kulit anda. Jika nanti kulit menghasilkan melamin secara berlebih, akan menimbulkan kulit seseorang menjadi lebih gelap.

Karena itulah anda usahakan menghindari terik matahari secara langsung. Karena saat terkena paparan sinar UV pada matahari, melamin akan menyerap sinar tersebut dan menjadikan kuli anda semakin gelap saja. Solusi untuk anda yang sering bekerja di luar ruangan dan sering berhadapan langsung dengan sinar UV pada matahari adalah dengan menggunakan tabir surya.

Konsumsi Sayuran Hijau yang Mengandung Mineral dan Vitamin

sayuranSel-sel kulit pada tubuh anda juga akan mati karena terbakar oleh terik sinar matahari. Untuk itu, dalam tubuh anda ada proses regenerasi yang bagus untuk menghasilkan sel-sel kulit yang baru. Namun proses regenerasi ini bisa terhambat kalau anda tidak mempunyai pola makan yang baik dan juga kandungan gizi yang minim pada makanan yang anda konsumsi. Untuk membantu proses regenerasi pada kulit ini, konsumsi lah banyak sayur. Sehingga dapat membantu tubuh anda dalam proses regenerasi sel-sel kulit baru. Sehingga dengan proses regenerasi yang lancar, kulit anda akan lebih cerah dan sehat tentunya.

Rutin Menggunakan Lulur/Scrub untuk Mengangkat Sel Kulit Mati.

Pemakaian scrub ini akan membantu anda untuk membersihkan kulit mati pada bagian luar anda. sehingga tidak terjadi penumpukan kulit mati yang akan menyebabkan kusamnya kulit anda.

Gunakan Lulur Alami yang Khusus untuk Memutihkan Kulit

Ada beberapa macam cara dalam memutihkan kulit anda, salah satunya dengan lulur. Dimana cara ini sudah sering dipakai sejak zaman kerajaan dahulu. Biasanya cara ini dilakukan pada saat hendak mandi sehingga saat membilasnya itu sekalian mandi. Para nenek moyang kita menggunakan berbagai buah dan tanaman di sekitarnya untuk ramuan lulurnya ini. Bahan-bahan alami ini sampai saat ini masih dipercaya oleh berbagai pihak dan kemudian diadakan penelitian khusus terhadap bahan ini. Memang, berdasarkan berbagai penelitian menyimpulkan kalau bahan alami itu lebih besar kandungan zat untuk memutihkan dan mencerahkan kulit.

Dewasa ini, kemampuan para ilmuwan itu tadi mengembangkan ramuan nenek moyang yang dipadu dengan ilmu pengetahuan sekarang, terciptalah berbagai produk kecantikan yang dikomersilkan di pasaran. Namun anda yang ingin melakukan lulur, harus hati-hati terhadap pemakaian bahan kimia yang berbahaya bagi kulit anda. Karena bahan kimia tertentu malah bisa menimbulkan kanker kulit pada penggunanya.

Salah satu lulur alami yang BerbagiSolusi.com rekomendasikan adalah Lulur Pemutih Organik, yang terbuat dari bengkoang dan minyak zaitun. Bengkoang adalah bahan yang mampu membuat kulit tampak lebih cerah, karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Sementara, minyak zaitun dengan vitamin E yang dikandungnya, dapat membuat kulit lebih halus dan kencang, karena membantu kulit untuk melakukan regenerasi sel kulit. Klik di sini untuk baca lebih detail mengenai Lulur Pemutih Organik.

Bahan-bahan yang Dapat Dijadikan Pemutih Alami untuk Kulit

Dengan resiko yang terlihat menakutkan tersebut, berbagai pihak lebih percaya dengan ramuan dan bahan-bahan alami. Dan beberapa bahan alami ini juga tidak kalah hebatnya dari bahan-bahan modern. Contoh-contoh bahan alami yang bisa anda pergunakan untuk memutihkan dan mencerahkan kulit anda antara lain:

Bengkoang.

lulur bengkoangBengkoang merupakan tubuhan umbi-umbian, yang sejak lama digunakan sebagai bahan perawatan kulit secara tradisional, terutama untuk didapatkan khasiatnya sebagai pemutih kulit. Kandungan utama dari bengkoang yang dapat memutihkan kulit adalah vitamin C, yang kadarnya sangat tinggi (hingga 40%). Tidak heran jika banyak produk-produk pemutih dan produk perawatan kecantikan, yang dibuat dari bengkoang. Ingin mencobanya? Klik di sini untuk mencoba membuat masker dari bengkoang.

Susu Asli

Salah satu bahan alami yang sangat berkhasiat memutihkan kulit anda adalah susu kental atau cream. Caranya yaitu dengan luluran menggunakan susu ini. Anda bisa mengoleskan pada bagian tertentu saja atau mungkin seluruh tubuh anda. lakukan cara ini sehabis anda mandi. Kemudian diamkan olesan susu ini kurang lebih selama 30 menit dan bilas hingga bersih. Cara ini cukup efektif pada beberapa percobaan. Sehingga anda patut untuk mencobanya dikala luang.

Madu

madu untuk jerawatBahan alami yang satu ini memang sangat berkhasiat bagi tubuh kita. Selain bisa anda konsumsi, madu ini juga bisa anda manfaatkan untuk memutihkan kulit anda. bahan yang anda pakai adalah madu murni dari lebah, bukan madu buatan dari pabrik. Kemudian anda oleskan pada tubuh anda, diamkan beberapa menit dan bilaslah hingga bersih. Lakukan rutin setiap anda mempunyai kesempatan, namun lebih baik kalau anda melakukannya sesering mungkin.

Jeruk Nipis dan Lemon

Kandungan vitamin C pada kedua bahan ini bisa membantu anda memutihkan tubuh. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi jeruk secara langsung dan menggunakannya langsung pada bagian luar tubuh. Oleskan jeruk nipis ini pada wajah atau bagain tubuh lain yang hendak anda coba untuk diputihkan. Jeruk nipis ini juga bisa anda campurkan dengan putih telur dan dijadikan masker untuk wajah. Selain dengan putih telur, jeruk nipis ini bisa anda campurkan dengan yogurt. Dengan campuran ini, lebih efektif untuk memutihkan dan mencerahkan kulit anda.

Pepaya

pepayaEnzim papain pada buah pepaya sangat bermanfaat bagi kulit anda. Oleh sebab itu, pepaya bisa anda manfaatkan sebagai masker atau juga lulur untuk memutihkan dan mencerahkan kulit anda. Selain itu pepaya juga berguna untuk mengangkat sel-sel mati pada kulit anda sehingga tidak terjadi penumpukan sel-sel mati pada kulit. Penumpukan sel-sel mati pada kulit ini bisa mengakibatkan kulit anda menjadi lebih kusam.

Pisang Ambon

Selain enak untuk dimakan, pisang ini bisa anda manfaatkan dalam hal pemutihan kulit. Apalagi pisang ini banyak mengandung serat yang berguna bagi kulit. Campurkan pisang ambon yang sudah diblender dengan madu dan jadikan sebagai masker atau lulur. Dengan khasiat tambahan dari madu inilah pisang ambon bisa memutihkan kulit.

Lobak Putih

Antioksidan yang banyak terkandung pada lobak putih ini bisa berguna untuk memutihkan dan mencerahkan kulit tubuh anda. Caranya yaitu dengan memblender lobak ini dan dioleskan pada bagian tubuh anda yang ingin anda putihkan.

Itulah beberapa cara efektif memutihkan dan mencerahkan kulit anda menggunakan bahan-bahan alami di sekitar anda. Semoga bermanfaat. Baca pula artikel BerbagiSolusi.com sebelumnya mengenai khasiat kentang untuk kulit. Selamat membaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here