Meskipun yang biasa dikaitkan dengan ternjadinya kehamilan, sebenarnya masih banyak penyebab telat haid yang lainnya. Masih terdapat banyak faktor penyebab lain yang membuat siklus haid seseorang terganggu. Lalu apa yang bisa menyebabkan terlambatnya siklus haid? Kita akan bahas tuntas pada artikel kali ini

Penyebab Telat Haid Selain Kehamilan

Mengalami haid secara teratur ketika tidak sedang mengharapkan bayi adalah hal yang baik dan buruk sekaligus. Di satu sisi, wanita tadi harus berjuang dengan kram dan mood yang tidak menentu, tapi di lain pihak ia tahu bahwa ia tidak hamil. Ketika seorang wanita mengalami keterlambatan siklus haid dan sedang tidak hamil, hal itu biasanya membuat kepanikan yang tidak terkira. Meski begitu, kehamilan bukanlah satu-satunya alasan mengapa siklus haid bisa terganggu, dan alasan-alasan lain tersebut adalah:

Telat Haid karena Stress

penyebab telat haidSalah satu penyebab terganggunya siklus haid adalah stress, karena stress merupakan salah satu hal natural yang terjadi pada setiap manusia, tapi akan berdampak buruk jika tidak segera ditangani. Ketika seorang wanita terjangkit stress, badan mereka akan mulai mengurangi jumlah hormon yang berdampak pada mereka tidak berovulasi dan tidak mengalami haid. Salah satu cara medis yang disarankan adalah untuk berkonsultasi ke dokter dan mencari tahu apa yang bisa dilakukan untuk kembali merelaksasi tubuh. Meski begitu, stress tidak akan serta merta hilang, tapi butuh beberapa bulan atau bahkan lebih.

Jika seseorang yakin ia tidak hamil dan siklus haidnya terganggu, ia selalu bisa mencoba melakukan terapi pengurangan stress seperti misalnya olahraga baik itu dengan mendatangi sasana dan mengangkat beban, atau hal paling mudah seperti bersepeda atau berjalan kaki setiap pagi selama 30 menit hingga 1 jam. Hal ini disarankan karena olahraga akan meningkatkan produksi zat-zat kimia yang membuat otak merasa lebih baik, dan dengan begitu mengurangi efek stress pada tubuh. Selain olahraga, ada juga beberapa makanan yang dapat dikonsumsi seperti pisang, coklat hitam, dan salmon.

Telat Haid Disebabkan Perubahan Rutinitas Fisiologis

Hal yang menyebabkan siklus haid terganggu berikutnya adalah perubahan jadwal kegiatan yang amat mengganggu jam fisiologis, sehingga badan akan bingung dengan kondisi tubuh dan lingkungan sekitar. Hal ini biasa terjadi ketika anda mengubah shift kerja dari pagi ke malam atau sebaliknya.

Telat Datang Bulan karena Penyakit

Penyebab lain terganggunya siklus haid pada seseorang adalah penyakit yang menyerang secara tiba-tiba. Jika hal ini yang terjadi, maka terganggunya haid hanyalah masalah temporer, dan ada baiknya berkonsultasi dengan ahli untuk mengetahui kapan jadwal haid anda akan kembali terjadi.

Masalah berat badan

ukuran lingkar paha kecilSalah satu faktor yang paling sering memicu masalah siklus haid tidak teratur adalah masalah berat badan, baik itu berlebih atau terlalu ringan. Ketika berat badan berlebih atau terlalu ringan, siklus haid bisa tidak teratur, karena produksi hormon dalam tubuh juga tidak teratur. Untuk itu, ada baiknya untuk tetap menjaga berat badan seimbang.

Perubahan pada obat-obatan yang diambil

Masalah lain yang menjadikan siklus haid berantakan adalah ketika seseorang sedang mencoba obat-obatan baru. Jika hal ini terjadi, disarankan untuk berbincang dengan dokter ahli.

Salah perhitungan

Kalender haid seorang wanita biasanya berbeda-beda meskipun rata-rata jarak antara haid adalah 28 hari. Terkadang, telatnya haid hanya disebabkan karena salah perhitungan yang dilakukan.

Dengan begitu, seseorang harusnya tidak perlu panik jika ia mengalami masalah haid, dan amat disarankan untuk pergi ke dokter spesialis kebidanan dan kesehatan kandungan demi mencari tahu apa yang terjadi, karena kehamilan tidak selalu menjadi penyebab telat haid.

Tips Agar Haid Teratur

yoga sebagai bentuk meditasiBerikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memperoleh jadwal haid yang lebih teratur:

Menjaga pola makan

Pola diet sehat sangat membantu untuk memperoleh haid teratur, karena dengan pola diet sehat asupan nutrisi yang diperoleh tubuh juga sehat. Dengan menjaga pola makan sehat, juga bisa diperoleh berat tubuh ideal yang tentunya sangat berkaitan dengan produksi hormon dalam tubuh.

Menjaga keseimbangan antara rutinitas dan istirahat

siklus menstruasiRutinitas harian, seperti yang sudah dijelaskan di atas bisa menjadi salah satu faktor penyebab telat haid. Rutinitas yang berubah-ubah, serta tidak diimbangi dengan istirahat cukup bisa membuat internal tubuh kesulitan menyesuaikan diri, sehingga menyebabkan stress tubuh.

Olahraga secara teratur

Olahraga sangat baik dalam mengatur metabolisme tubuh, menjaga kerja jantung, membakar kalori dan lemak, menjaga sirkulasi darah, dan lain sebagainya. Olaharaga secara teratur juga bisa memperbaiki sistem kerja hormon, sehingga secara efektif mampu menstabilkan jadwal haid. Ssst, olahraga rutin dan teratur juga dapat meningkatkan kesuburan, lho! Anda dapat melakukan jenis olahraga ringan, seperti jogging dan aerobik. Lakukan secara rutin dan teratur agar hasil yang diperoleh bisa maksimal.

Meditasi

Meditasi juga sangat baik untuk menetralkan fungsi tubuh, termasuk sistem kerja hormon yang berpengaruh pada keteraturan jadwal haid. Mengenai khasiat dan cara melakukan meditasi ini sudah dibahas pada topik mengenai meditasi. Meditasi yang dalam dan rutin harus dilakukan dengan lebih sering, karena bisa berperan sangat baik untuk kesehatan seluruh tubuh. Jenis meditasi yang bisa diambil, antara lain adalah yoga, tai chi, hingga meditasi yang berkaitan dengan religi seperti ibadah.

Selamat mencoba, semoga informasi mengenai menstruasi, penyebab telat haid, serta tips mengatasinya ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website