Gangguan tenggorokan memang sangat mengganggu. Gangguan ini terjadi tidak hanya ditimbulkan karena memakan goreng-gorengan tapi ketika daya tahan tubuh sedang turun, ataupun juga kelelahan, ditambah dengan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, masalah kesehatan seperti ini bisa muncul. Masalah tenggorokan seperti batuk yang orang kenal dengan istilah catarrh juga harus diwaspadai. Apa itu catarrh dan bagaimana cara menyembuhkan kondisi seperti ini?

gangguan tenggorokan

Apa itu Radang Selaput Lendir atau Catarrh?

Anda perlu curiga ketika harus membersihkan tenggorokan secara terus-menerus karena ini bisa jadi radang selaput lendir atau bisa disebut juga catarrh, ini adalah kondisi di mana lendir pada tenggorokan atau rongga sinus berlebihan. Jangan meremehkan keadaan ini dengan tidak minum obat atau justru memperparahnya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa menambah iritasi pada tenggorokan. Segera bersihkan jika tiba-tiba merasa tenggorokan tidak enak karena produksi lendir yang berlebihan; membersihkan secepatnya adalah langkah tepat karena Anda tidak tahu apakah kondisi ini hanya sementara atau berpotensi kronis.

Catarrh adalah kondisi di mana juga bisa disebabkan oleh alergi terhadap sesuatu di sekitar lingkungan atau ketika memakan makanan yang belum pernah dimakan sementara tenggorokan dan hidung sedang sensitif. Ada satu jenis makanan yang seharusnya dihindari seperti susu pasteurisasi; sebenarnya bukan minuman ini yang akan mengeluarkan lendir dan memenuhi tenggorokan, hanya saja makanan inilah yang bisa memicu peradangan. Ketika iritasi terjadi pada selaput lendir, maka lendir yang dihasilkan pun akan lebih banyak dari biasanya.

Resep Obat Radang Selaput Lendir dengan Bahan Alami.

Tidak perlu panik ketika kesehatan mulai terganggu karena masalah pada tenggorokan dan hidung karena ada sebuah resep tonik sederhana yang bisa diminum untuk membantu membersihkan lendir-lendir berlebihan tersebut.

Persiapan Bahan.

Bahan yang harus disiapkan untuk membuat obat radang selaput lendir, antara lain:

  • Seperempat inci potongan jahe,
  • Tiga atau empat siung bawang putih,
  • Dua sendok makan extra virgin olive oil (minyak zaitun),
  • Sari dari dua buah lemon,
  • Sari dari dua buah jeruk,
  • 1 gelas air hangat.

Langkah Pembuatan Obat.

Cara membuat obat alami untuk radang selaput lendir ini cukup mudah, yaitu dengan 2 langkah berikut ini:

  1. Masukkan ke dalam blender semua bahan yang sudah disiapkan. Pastikan semua bahan sudah tercampur hingga rata dan halus seperti jus.
  2. Saring jus obat yang sudah diblender tadi, menggunakan saringan teh untuk memisahkan ampas dengan sarinya.
  3. Minumlah setiap pagi seperempat cangkir saja sampai radang teratasi.

Bahan Alami Lainnya yang Bisa Digunakan untuk Mengobati Radang Tenggorokan.

Teh Sage.

Ketika sistem kekebalan tubuh yang diserang, maka sakit tenggorokan pun bisa terjadi dengan mudah, tapi tidak perlu khawatir akan cara penyembuhannya; daun sage organik bisa dijadikan obat yang ampuh untuk penyakit tenggorokan. Teh sage bisa dibuat di rumah dan kalau ingin mencampurnya dengan bahan alami lainnya, madu adalah bahan yang paling tepat; obat ini terbukti manjur bagi kebanyakan orang yang mengalami sakit tenggorokan, jadi tidak ada salahnya mencoba membuatnya sendiri.

Sayangnya, bagi Anda ibu-ibu yang sedang menyusui, teh sage ini tidak begitu disarankan; memang teh ini bagus untuk menyembuhkan kondisi tenggorokan yang sedang bermasalah tapi penurunan pasokan susu akan terjadi jika mengonsumsi teh ini.

Echinacea.

Selain teh sage, ada bahan lain yang bisa dijadikan obat sakit tenggorokan, orang menyebutnya Echinacea. Bahan ini bisa mengatasi tenggorokan yang terinfeksi. Echinacea adalah bunga yang indah dan para ilmuwan Amerika sudah membuktikan bahwa Echinacea bisa digunakan untuk infeksi pada tenggorokan tapi tidak begitu berguna untuk menyembuhkan flu atau demam.

Bahan-bahan organik seperti yang telah disebutkan sebelumnya bisa sangat bermanfaat bagi yang sedang mengalami sakit tenggorokan. Hanya saja, solusi terakhir (Echinacea) sebaiknya tidak diandalkan untuk mencegah flu karena bisa dibilang tidak bekerja sama sekali. Jika cara menyembuhkan gangguan tenggorokan tersebut kurang cocok dan tenggorokan masih terasa sakit, jangan ragu untuk mengeceknya ke dokter.

 

Demikianlah artikel mengenai penyakit gangguan tenggorokan serta cara alami untuk menyembuhkannya. Semoga dapat menambah khasanah pengetahuan kita mengenai obat-obatan alami untuk menjaga tubuh tetap sehat. Baca pula artikel mengenai migrain dan cara menyembuhkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website