SHARE

Kebiasaan yang menyebabkan jerawat ada banyak, Anda harus menghilangkannya. Jerawat dapat tumbuh akibat kebiasaan buruk yang Anda lakukan sehari-hari. Kebiasaan yang menyebabkan jerawat berikut ini penting untuk Anda baca dan ketahui.

Pernahkah Anda berpikir kenapa jerawat bisa muncul? Salah satu penyebab jerawat muncul adalah karena perubahan hormon di dalam tubuh. Konsumsi beberapa makanan tertentu juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan buruk sehari-hari yang Anda lakukan juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Ada beberapa kebiasaan buruk yang harus Anda hindari karena dapat menyebabkan munculnya jerawat. Lalu apa saja kebiasaan buruk yang menyebabkan jerawat? Simak ulasan berikut.

Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Tumbuhnya Jerawat

Jerawat memang menjadi salah satu faktor penghalang yang dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Adanya jerawat di wajah bagaikan noda yang sangat mengganggu dan juga menjengkelkan. Selain itu, ada beberapa jenis jerawat yang ketika meradang memberikan rasa sakit ataupun gatal yang sangat mengganggu. Hal tersebut tentu membuat semua orang tidak ingin wajahnya ditumbuhi jerawat. Sementara itu, ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat. Kebiasaan yang menyebabkan jerawat tersebut harus Anda hindari, diantaranya yaitu:

mengobati jerawat dengan kulit pisang

Penggunaan make-up yang tidak tepat

Menggunakan make-up tentunya dilakukan untuk mempercantik diri. Namun jangan sampai penggunaan make-up yang Anda lakukan malah menyebabkan jerawat. Untuk itu Anda harus cerdas memilih produk yang akan Anda gunakan. Ketahui kandungannya serta jika perlu lakukan konsultasi dengan para ahli.

Tidak membersihkan wajah sebelum tidur

Sebelum tidur adalah saat yang paling penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan wajah. Terutama jika Anda telah melakukan banyak aktivitas seharian yang membuat wajah Anda berkeringat dan terkena debu. Belum lagi jika Anda menggunakan make-up, ada banyak kotoran yang harus Anda bersihkan dari wajah Anda sebelum tidur.

Membersihkan wajah secara berlebihan

Membersihkan wajah memang sangat penting untuk Anda lakukan. Namun jangan melakukannya secara berlebihan karena dapat membuat kulit kering dan menyebabkan jerawat. Bersihkan wajah Anda secukupnya dan gunakan pembersih wajah yang tidak terlalu keras. Pembersih wajah yang terlalu keras yang mengandung alkohol dan lain-lain juga menjadi penyebab jerawat.

Malas mengganti pakaian

Salah satu kebiasaan yg menyebabkan jerawat yaitu malas mengganti pakaian atau perlengkapan lainnya. Baik pakaian, sarung bantal, handuk, seprai dan perlengkapan lainnya sebaiknya gunakan yang bersih. Jika sudah kotor maka gantilah dengan yang bersih atau cuci terlebih dahulu sebelum digunakan kembali. Kotoran yang terdapat pada pakaian dan perlengkapan lainnya tersebut juga dapat menyebabkan jerawat. Hilangkan kebiasaan buruk Anda tersebut karena tidak hanya dapat menyebabkan jerawat. Lingkungan yang kotor juga dapat menyebabkan penyakit yang mengancam kesehatan Anda.

Stres Pikiran

Stres juga menjadi salah satu kebiasaan yang menyebabkan jerawat. Ada beberapa orang yang sulit mengatasi tekanan yang dialaminya setiap hari. Hal tersebut ternyata dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat di wajah. Untuk mengatasinya, Anda dapat merilekskan kembali pikiran Anda yang sedang stres. Mulailah berbagi cerita dengan orang lain atau lakukan hal-hal yang Anda sukai.

Terlalu sering menyentuh wajah

Terlalu sering menyentuh wajah menggunakan tangan adalah kebiasaan buruk yang harus Anda hilangkan. Bagaimana tidak, kedua tangan Anda tentu tidak hanya menyentuh wajah saja. Tangan Anda tentunya juga menyentuh banyak benda lain, sangat besar kemungkinan tangan Anda penuh dengan kotoran. Terutama jika Anda memiliki kuku-kuku yang panjang, ada banyak kotoran di sela-sela kuku tersebut. Oleh karena itu, hilangkan kebiasaan Anda yang terlalu sering menyentuh wajah menggunakan tangan. Ada baiknya jika Anda mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah Anda.

Malas membersihkan keringat

Kebiasaan yang bisa menyebabkan jerawat selanjutnya yaitu malas membersihkan keringat. Terutama keringat di wajah, jika tidak dibersihkan tentu dapat menjadi pengikat kotoran. Ketika wajah Anda berkeringat, ada banyak debu dan kotoran yang dapat menempel. Jika Anda malas membersihkannya maka debu dan kotoran tersebut akan tetap menempel dan menyebabkan jerawat. Jangan terlalu lama membiarkan wajah Anda berkeringat, bersihkan segera menggunakan tisu atau dengan mencuci wajah.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang sebaiknya Anda hindari atau hilangkan. Kebiasaan buruk yang Anda lakukan sehari-hari tersebut dapat memicu tumbuhnya jerawat. Jangan menganggap enteng jerawat karena tidak menutup kemungkinan ada banyak jerawat yang akan tumbuh di wajah Anda. Sayangi wajah Anda dengan merawatnya secara benar, tentunya agar tetap cantik dan tidak berjerawat. Demikian yang dapat disampaikan mengenai kebiasaan yang menyebabkan jerawat yang harus Anda hilangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here