Kayu Manis adalah salah satu jenis tanaman yang sering dijadikan bahan bumbu dapur serta campuran minuman sehat. Tanaman ini dapat dengan mudah ditemui di berbagai daerah di Indonesia, Sri Lanka, India, dan di berbagai negara lainnya. Pada umumnya, kayu manis digunakan sebagai pengobatan, khususnya untuk mengatasi gangguan kulit. Selain untuk kesehatan, ternyata khasiat kayu manis untuk kecantikan juga telah terbukti.

Khasiat kayu manis untuk kecantikan sangat berguna bagi bawah dan kulit kita karena memenuhi nutrisi yang diperlukan. Simaklah apa saja khasiat kayu manis untuk kulit dan kecantikan, seperti yang dibahas berikut ini:

khasiat kayu manis untuk kulit

Khasiat Kayu Manis untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit.

BerbagiSolusi.com merangkum 8 khasiat kayu manis untuk kecantikan, antara lain:

  1. Mencegah penuaan dini

Manfaat kayu manis untuk kecantikan adalah mencegah penuaan dini. Kayu manis dapat menghilangkan garis-garis halus di sekitar wajah sehingga mnejadikan kita terlihat tampak muda. Kayu manis dipercaya dapat merangsang pembuluh darah sehingga darah terbawa ke permukaan kulit. Cara mendapatkan khasiat ini adalah dengan menggunakan campuran 2 sdm minyak zaitun dan 3 tetes minyak esensial dari kayu manis sebagai olesan untuk kulit. Maka kulit kita akan terhindar dari keriput.

  1. Membersihkan kulit kepala

Khasiat kayu manis untuk kecantikan bisa kita dapatkan dengan cara:

  • Campur semua bahan, yaitu 1 sdt kayu manis berupa bubuk, 1 sdm madu, dan ΒΌ sdt minyak zaitun sampai rata.
  • Oleskan campuran ini pada kulit kepala dengan pijatan lembut. Biarkan sekitar 15 menit hingga sedikit mengering.
  • Terakhir, bilaslah kepala dengan air bersih. Khasiat kayu manis dapat menghilangkan sel kulit mati pada kepala, merangsang pertumbuhan, dan memberikan nutrisi pada folikel rambut.
  1. Mengatasi eksim

Eksim merupakan suatu kondisi yang menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit. Meskipun penyebab utama dari eksim belum diketahi secara pasti, namun pada umumnya penyebab eksim adalah alergi dan iritasi. Gangguan ini dapat mengganggu penampilan kita karena tak jarang meninggalkan bercak-bercak di kulit. Cara penggunaannya adalah dengan membuat pasta dari campuran 1 sdt madu dan 1 sdt kayu manis. Gunakanlah pasta ini dengan hati-hati karena jika tidak dapat menyebabkan iritasi.

  1. Mengurangi jerawat

Manfaat kayu manis untuk mengatasi jerawat pada wajah. Jerawat adalah suatu hal yang ditakuti oleh sebagian besar wanita. Namun, dengan menggunakan kayu manis ini dapat mengurangi jerawat. Cara membuatnya adalah:

  • Campurkan 3 sdm madu dan 1 sdm bubuk kayu manis.
  • Setelah itu, oleskan pada wajah yang terdapat jerawatnya. Tunggu kurang lebih selama 20 menit.
  • Setelah itu bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat.

Kayu manis digunakan untuk meremajakan kulit dan menghilangkan jerawat. Namun, selain itu kayu manis dapat merangsang darah dan oksigen ke permukaan kulit. Tapi pasta ini juga tidak disarankan untuk digunakan terlalu sering karena dapat menyebabkan iritasi. Hal ini membuktikan khasiat kayu manis untuk kecantikan.

  1. Sebagai antiseptik

Kayu manis memiliki sifat antiseptik sehingga dapat mencegah terjadinya peradangan dan infeksi pada kulit karena dapat membunuh berbagai jenis bakteri. Minyak atau ekstrak kayu manis dipercaya dapat berguna sebagai obat yang efektif untuk infeksi.

  1. Melembutkan kulit

Kayu manis berupa bubuk dapat mengangkat kulit mati sehingga membuat kulit lebih bersinar dan terasa lebih kenyal. Cara yang harus dilakukan adalah mencampurkan dengan minyak almond, minyak zaitun, madu, dan garam. Campuran tersebut kemudian dioleskan pada kulit hingga merata. Khasiat kayu manis untuk wajah dan kulit sehingga menambah daya tarik bagi kita.

  1. Memperbaiki kesehatan kulit dan meningkatkan kecerahan kulit.

Kayu manis mengandung anti-jamur dan anti-bakteri sehingga dapat mencerahkan kulit. Caranya cukup mudah yakni dengan membuat masker dari campuran pisang, kayu manis, dan yogurt. Oleskan campuran masker tersebut pada kulit secara merata. Tunggu hingga masker mengering. Setelah itu, bilas dengan air hangat. Khasiat kayu manis untuk kecantikan ialah dapat membuat kulit selalu sehat.

  1. Sebagai campuran minyak pijat

Minyak kayu manis sangat cocok bila digunakan sebagai campuran minyak pijat. Hal ini dikarenakan minyak kayu manis dapat melancarkan peredaran darah. Selain itu, minyak kayu manis juga memberikan kesegaran kulit dan memenuhi nutrisi untuk kulit. Namun, penggunaannya juga harus dilakukan dengan hati-hati karena dapat menyebabkan alergi pada kulit.

Demikian 8 khasiat kayu manis untuk kecantikan. Jadi, kayu manis tidak hanya dapat digunakan untuk kesehatan, tapi juga untuk kecantikan. Beberapa khasiat ini dapat kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit dan memenuhi nutrisi bagi kulit kita.

Di Mana Jual Kayu Manis?

Kayu manis adalah bahan herbal yang sering digunakan sebagai bumbu dapur, sehingga relatif tidak sulit ditemukan. Kayu manis dapat dengan mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional yang menjual bumbu dapur, bahkan di toko-toko atau supermarket terdekat di kota Anda. Kunjungi stand yang menyediakan bumbu dapur, maka kayu manis biasanya dapat dengan mudah ditemukan.

Nah, demikianlah informasi mengenai khasiat kayu manis untuk kulit dan kecantikan, serta di mana bisa mendapatkannya. Semoga bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa tuliskan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website