SHARE

hilangkan kerutan dengan air putihDi era modern ini, gaya hidup berolahraga merupakan hal yang lumrah. Sayangnya banyak yang tak tahu tentang makanan yang sebaiknya dikonsumsi setelah olahraga. Meskipun makanan memang adalah sumber tenaga yang baik, bukan berarti kita bisa sembarangan memilih apa yang masuk ke mulut baik sebelum maupun setelah berolahraga. Salah-salah, apa yang kita konsumsi bukannya menjadi sumber tenaga tapi malah menguras tenaga kita karena lemak dan karbohidrat berlebih masuk ke dalam tubuh.

Jenis Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Setelah Olahraga

Umumnya, makanan berfungsi sebagai pembakar energi dan sumber nutrisi bagi tubuh. Ketika dikonsumsi, tujuan utama makanan adalah untuk menyembuhkan glikogen pada otot. Demi mencapai tujuan tersebut, tidak sembarang jenis makanan boleh dikonsumsi oleh tubuh karena beberapa malah akan membuat olahraga yang telah Anda lakukan menjadi sia-sia. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam makanan yang bisa dikonsumsi setelah melakukan olahraga adalah:

Lemak

Jenis makanan yang harus agak dikurangi setelah latihan adalah makanan yang banyak mengandung lemak. Lemak bekerja dengan mengurangi kecepatan penyerapan protein, karbohidrat, dan nutrisi oleh otot.

Protein

Konsumsi protein yang dilakukan setelah olahraga memiliki banyak kelebihan seperti diantaranya asam amino yang diberikan oleh protein. Asam amino ini dibutuhkan untuk membangun kembali bagian-bagian tisu dari otot yang mungkin terluka karena olahraga yang terlalu intens dan ekstrim. Selain sebagai penyembuh otot, protein juga mampu meningkatkan fungsi imun pada tubuh. Jenis protein yang bisa diserap tubuh dengan lebih efektif adalah protein cair seperti bubuk protein nasi yang dicampurkan dengan susu almond dan pisang yang sekaligus mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Ahli diet dan penulis artikel pada Active.com juga mengatakan bahwa opsi lain adalah untuk mengonsumsi roti gandum yang diberi sedikit selai kacang, sereal dengan susu, atau smoothies buah yang mampu memenuhi kuantitas 4:1 karbohidrat dan protein.

Karbohidrat

Bahan pembakaran yang paling baik bagi otot adalah karbohidrat dan makanan yang paling berguna bagi penyembuhan otot setelah olahraga adalah 4 gram karbohidrat untuk 1 gram protein. Jenis-jenis karbohidrat yang paling efektif adalah buah-buahan dan madu yang tergolong dalam karbohidrat yang cepat dicerna. Dalam majalah Fitness Magazine, Lisa Kovalovich menyarankan sebuah resep yang menyampurkan 8 ons yogurt Yunani dengan satu gelas berry campuran dan satu sendok teh madu sebagai konsumsi campuran karbohidrat dan protein yang sangat optimal bagi penyembuhan otot setelah latihan.

Tips: Perhatikan Faktor Waktu Makan Setelah Olahraga

Yang paling harus diperhatikan adalah menyesuaikan waktu makan setelah olahraga yaitu sekitar 30 hingga 60 menit tepat setelah aktivitas olahraga berakhir. Masa-masa itu adalah waktu dimana otot sedang dalam kondisi paling optimal untuk menyerap nutrisi, dan jika dilakukan istirahat yang terlalu lama, otot malah akan membuat makanan yang disimpan oleh tubuh menjadi lemak. Belum lagi, menunggu terlalu lama akan menimbulkan efek-efek negatif pada tubuh dan membuat hasil olahraga menjadi sia-sia.

Dengan memperhatikan faktor waktu, contoh-contoh makanan yang memenuhi ketiga faktor utama dan tepat dikonsumsi adalah sebagai berikut:

  • Ayam panggang dan sayur-sayuran
  • Omelet sayur dengan alpukat
  • Salmon dan kentang manis
  • Sandwich tuna
  • Susu coklat

Harapannya adalah dengan olahraga yang baik, Anda berhasil mencapai target dengan membantu kesembuhan otot karena makanan yang sebaiknya dikonsumsi setelah olahraga.

Jangan lewatkan pula tulisan sebelumnya, yaitu makanan yang bisa menghilangkan stress, serta khasiat meditasi untuk kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here