Proses kehamilan adalah masa yang harus benar-benar terjaga. Ibu hamil memang tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan demi kesehatan ibu dan janin yang dikandung. Wanita yang sedang mengandung dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bervariasi, agar ibu maupun janinnya mendapat berbagai nutrisi dari variasi makanan tersebut. Tetapi tidak semua makanan dapat dikomsumsi untuk ibu hamil. Ada makanan yang boleh dikonsumsi bahkan dianjurkan untuk ibu hamil dan ada pula yang dilarang. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Jika tetap dikonsumsi, makanan ini dapat membahayakan janin bahkan paling parah bisa menyebabkan keguguran. Tentunya anda tidak ingin ini terjadi bukan?

BerbagiSolusi.Com akan membahas tentang makanan apa saja yang harus dihindari oleh ibu selama menjalani proses kehamilannya. Berikut ini makanan yang harus dihindari atau dilarang oleh ibu hamil yang diambil dari berbagai macam sumber :

makanan saat hamil

MAKANAN YANG DILARANG UNTUK IBU HAMIL

MAKANAN MENTAH

Ibu hamil sebaiknya tidak mengkomsumsi makanan dalam keadaan mentah ataupun setengah matang sebab makanan yang kurang dimasak berpotensi menyimpan bakteri dan mikroba lainnya yang sangat berbahaya bagi janin yang masih sensitive terhadap segala gangguan. Jadi sebaiknya olah makanan sampai matang betul. Kecuali buah, ia jauh lebih baik dikonsumsi dalam keadaan segar. Untuk sayur, sebaiknya ibu yang sedang hamil muda menghindari sayur mentah dan setengah matang sebab bisa membuat gejala kembung di awal kehamilan semakin menjadi-jadi.

MAKANAN LAUT

Sebenarnya beberapa makanan laut tertentu cukup aman dikonsumsi ibu hamil. Namun waspadalah terhadap makanan laut yang kadar merkurinya tinggi. Selain itu, pastikan makanan laut sudah dimasak dengan baik dan benar agar tak ada lagi bakteri yang bisa mengganggu kesehatan janin.

MAKANAN KALENG

Makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna dan penyedap tidak aman untuk ibu hamil. Hindari makan makanan kaleng, mie instan dan makanan lain yang mengandung bahan kimia yang berbahaya.

SAYURAN DAN BUAH-BUAHAN YANG TIDAK DICUCI BERSIH

Mencuci sayuran dan buah-buah sampai bersih sebelum dimasak, penting bagi Anda selama kehamilan. Karena jika tidak mencuci makanan secara bersih, makanan ini mungkin mengandung bakteri dan kuman yang dapat mempengaruhi kondisi Anda dan janin selama kehamilan. Cuci semua produk makanan dengan seksama sebelum mengkomsumsinya.

KAFEIN, TEH DAN ALKOHOL

Saat sedang hamil, Anda harus benar-benar menghindari kafein, teh, dan alkohol untuk mencegah kelahiran cacat dan komplikasi. Ketiga minuman tersebut dapat meningkatkan risiko keguguran apabila dikonsumsi berlebihan.

DAGING OLAHAN

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi daging olahan berhubungan dengan risiko mati muda. Jika orang biasa saja tidak dianjurkan untuk makan daging olahan, ibu hamil jelas harus menghindari makanan yang satu ini.

SUSU DAN KEJU TANPA PASTEURISASI

Susu dan keju yang belum diproses atau tidak dipasteurisasi tidak sebaiknya diminum oleh ibu hamil. Sebab kemungkinan besar ada banyak bakteri yang bersarang di dalamnya. Lebih baik minum susu jenis lain yang lebih menyehatkan. Nah itulah beberapa jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Selalu perhatikan asupan nutrisi untuk kesehatan ibu dan janin. Semoga kehamilan Anda berjalan lancar dan lebih sehat. Ingat….ibu bukan cuma menjaga kesehatan diri sendiri, tetapi juga bayi yang ada di dalam kandungannya. Jadi perhatikan asupan makanan yang akan dikomsumsi. Selamat menantikan hadirnya sang buah hati.

Semoga artikel ini bermafaat, dan selamat menjalani kehamilan Anda. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website