Bersih Pangkal Sehat, Melirik Inovasi Kampung Berseri Astra di Makassar. Lingkungan yang sehat, berawal dari lingkungan yang bersih. Singkatnya, bersih pangkal sehat. Jika lingkungan tempat tinggal kita terjaga kebersihannya, maka tidak dapat dipungkiri kesehatan kita pun akan terjaga. Inilah yang terjadi di salah satu kelurahan di kota Makassar, yaitu kelurahan Rappocini. Sebuah kelurahan yang pada Februari 2016 lalu disulap menjadi Kampung Berseri (Bersih, Sehat, Cerdas dan Produktif) Astra atau KBA.

sumber: liputanmakassar.co.id

Siapa yang tidak mengenal kelurahan Rappocini? Sebuah kelurahan padat penduduk, terbilang sempit, dan juga kadang membuat was-was untuk urusan keamanannya. Belum lagi di beberapa titik, masih dijadikan tempat pembuangan sampah sembarangan yang membuatnya tidak bersih pun tidak sedap dipandang. Tapi itu dulu, Rappocini sekarang sudah jauh berbeda dengan Rappocini beberapa bulan yang lalu.

Bahkan sebelum Astra hadir menyulapnya menjadi satu diantara banyak Kampung Berseri Astra di Indonesia, Rappocini sudah mulai berbenah. Pengadaan bank sampah, lorong garden, posyandu, pendidikan anak usia dini (PAUD), juga usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) seperti pengrajin rotan telah aktif berjalan di sana. Atas dasar kesadaran masyarakatnya yang telah memulai itulah maka Rappocini dipilih sebagai lokasi pelaksanaan Kampung Berseri Astra (KBA) di kota Makassar.

KBA Rappocini Makassar

sumber: makassar.sindonews.com

Jika sekarang kita masuk ke kelurahan Rappocini, maka jangan heran dengan penataan dan suasananya. Setiap sudut terjaga kebersihannya. Bahkan yang terpenting adalah kesadaran hidup bersih yang sudah mulai tertanam di setiap warga. Selain nyaman dipanjang, tentu saja atas itu semua terciptalah kondisi Rappocini yang sehat.

Adapun untuk urusan sampah, warga tidak perlu khawatir. Karena kelurahan Rappocini juga telah dilengkapi dengan fasilitas bank sampah yang diberi nama Bank Sampah Agang Ta’. Tahu tidak, sampah-sampah di rumah kalau kita kumpulkan bisa ditukar dengan uang lho. Pastinya setelah sedikit demi sedikit dikumpulkan dalam bentuk tabungan yaa. Kan lumayan tuh ;)

Selanjutnya terdapat pula pembinaan dan penataan pada lorong garden, posyandu, PAUD dan unit usaha para pelaku UKM. Hal-hal tersebut tentu mendukung para warga untuk terus menjaga kesehatan, mencintai lingkungan, giat belajar dan berusaha untuk menjadi warga yang produktif. Jika semua kampung/kelurahan di Makassar seperti ini pasti akan menyenangkan bukan?

Inspirasi 60 Tahun Astra

Siapa yang tidak mengenal Astra? Sebuah perusahaan besar yang juga terkenal dengan peran Coorporate Social Responsibility (CSR)nya yang luar biasa. Kampung Berseri Astra (KBA) Rappocini Makassar yang disebut sedari tadi adalah satu diantaranya. Sebagaimana filosofi Astra, yaitu Sejahtera Bersama Bangsa, maka kegiatan CSR yang selama ini dilakukannya merupakan bagian dari tanggung jawab sosial bagi seluruh Insan Astra. Dimana Astra selalu berharap agar kita, bersama pemerintah dan warga dapat menuju kehidupan kesejahteraan yang lebih baik, serta menjadi insan berguna.

Kampung Berseri Astra merupakan salah satu program kerja dari CSR Astra itu sendiri. Hingga kini, berdasarkan file Laporan Berkelanjutan 2016 Astra, terlihat bahwa Kampung Berseri Astra telah tersebar di seluruh wilayah di Indonesia.

Hal ini menunjukkan bagaimana komitmen Astra untuk ikut terjun langsung melakukan pembinaan dan pengembangan kepada para warga agar dapat menjadikan kampungnya lebih layak dan lebih baik lagi. Apabila lingkungan tempat tinggal kita terawat dan terjaga kebersihannya, tentu akan tercipta pula warga yang sehat, bukan?

Harapannya, semoga dalam rangka Inspirasi 60 Tahun Astra ini mendorong Astra untuk menambah lagi pengerjaan Kampung Berseri Astra maupun program-program lainnya. Sehingga terjadi pemerataan jumlah wilayah binaan baik dari Sabang, hingga Merauke. Sukses terus untuk kota Makassar dan Astra yang selalu menginspirasi!

One thought on “Bersih Pangkal Sehat, Melirik Inovasi Kampung Berseri Astra di Makassar

  1. Mugniar says:

    Beruntung tempat tinggal saya menjadi binaan Astra. Lorong-lorong kami menjadi lebih bersih dan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website