SHARE

Diantara berbagai macam buah-buahan yang tumbuh di negeri tercinta ini terdapat buah jeruk dengan berbagai jenis pula. Ada yang besar dan manis, seperti jeruk bali. Ada yang rasanya manis sekali sampai disebut jeruk manis. Ada yang asam, yaitu jeruk nipis atau disebut juga jeruk pecel. Sedangkan yang kecil sekali barnama jeruk kingking. Meski terdiri atas berbagai jenis, namun yang pasti, yaitu manfaatnya yang banyak sekali.

Sesuai dengan jenisnya yang bermacam-macam, beraneka ragam pula gunanya. Menurut penelitian ahli kesehatan, jeruk juga dapat mencegah timbulnyabeberapa jenis penyakit kanker. Pada artikel kali ini, berbagisolusi.com akan membahas mengenai khasiat buah jeruk untuk kesehatan. Disimak ya!

Khasiat Buah Jeruk untuk Kesehatan

Khasiat Jeruk Keprok

jeruk keprok

Jeruk jenis keprok ini banyak terdapat di daerah garut, malang, kaki gunung lawu (Magetan dan Tawangmangu). Adapun khasiat dari jeruk kepo, yaitu:

  1. Menghentikan pendarahan
  2. Menurunkan suhu badan
  3. Menurunkan tekanan darah tinggi
  4. Berpengaruh pada syaraf pusat
  5. Mencegah penyakit yang di sebabkan kekurangan vitamin A, B1, dan C

Khasiat Jeruk Manis

jeruk manis

Jeruk manis dikenal mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi, adapun manfaatnya yaitu:

  1. Karena kaya vitamin C, jeruk manis baik sekali untuk mereka yang terkena penyakit kudis dan gusi berdarah
  2. Baik bagi kesehatan mulut dan kulit.

Khasiat Jeruk Nipis

Fresh Lime

Jeruk nipis seringkali digunakan untuk menambah cita rasa makanan seperti pada soto, bakso, dan makanan lainnya. Ternyata disamping sebagai bahan pelengkap makanan, jeruk nipis juga mempunyai beberapa manfaat, yaitu:

  1. Menambah selera makan
  2. Menurunkan suhu badan yang tinggi
  3. Kelebihan jeruk nipis ini, walaupun tidak mengandung vitamin A, namun dapat dipakai untuk mengobati mata merah dengan cara diteteskan ke mata sehari sekali
  4. Untuk obat batuk

Khasiat Jeruk Purut

jeruk-purut

Jeruk purut ini merupakan jenis jeruk mempunyai manfaat tidak hanya dari buahnya, tetapi juga dari daunnya. Daun jeruk purut berkhasiat sebagai penyedap masakan, campuran pengharum, dan untuk menghitamkan rambut. Sedangkan buahnya, bermanfaat untuk menyedapkan masakan dan juga untuk mengobati batuk.

Khasiat Jeruk Kingking

jeruk kingking

Jeruk kingking berkhasiat sebagai penyedap dan dapat mengobati penyakit diare. Selain itu juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi batuk dan untuk mengkilapkan kuku.

Khasiat Jeruk Bali

jeruk bali

Jeruk bali mempunyai khasiat sebagai berikut:

  1. Daunnya berpengaruh pada pusat syaraf
  2. Kulit buahnya dapat menghaluskan kulit, dengan jalan menggosokkannya

Masih banyak jenis jeruk lainnya selain yang sudah dijelaskan tadi. Tentunya tiap jenis buah jeruk mempunyai khasiat-khasiat tersendiri. Kalau Anda punya lahan yang cukup disekitar rumah, tidak ada salahnya Anda menanam salah satu jenis jeruk yang sudah dibahas tadi. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here