BerbagiSolusi.com –┬áKulit hijau dan daging buah yang berwarna merah, itulah ciri dari semangka. Buah yang banyak mengandung air ini menjadi favorit banyak orang terutama sebagai pencuci mulut. Kesegaran yang diberikan buah semangka ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Khasiat Buah Semangka untuk Kesehatan Secara Umum.

Meski telah banyak yang mengulas tentang khasiat buah semangka, namun ternyata masih banyak pula yang belum mengerti mengenai manfaat yang diperoleh jika mengkonsumsi buah semangka secara rutin. Berikut ini berbagai manfaat yang akan anda peroleh jika rutin mengkosumsi buah ini :

Menjaga kesehatan ginjal

Kandungan kalium yang tinggi pada buah semangka sangat baik untuk kesehatan organ ginjal. Ginjal berfungsi untuk menyerap racun yang ada dalam tubuh sehingga buah ini sangat baik untuk organ ini. Tak hanya itu, asam urat juga menurun dengan mengonsumsi buah ini secara teratur. Dengan begitu tidak akan terbentuk batu ginjal dan tetap sehat.

Menjaga tekanan darah

Kalium dalam buah semangka juga mampu menurunkan tekanan darah. Bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi sangat disarankan mengonsumsi buah ini. Namun bagi para penderita anemia, buah semangka tentu harus dihindari. Tekanan darah juga dapat turun karena kandungan karetenoid. Karetenoid mencegah adanya pengerasan pada dinding pembuluh arteri dan vena.

Pengusir sariawan

Hal yang paling mengganggu saat berbicara adalah adanya sariawan. Meskipun bukan termasuk penyakit parah namun ini sangat mengganggu aktifitas sehari-hari. Bahkan bisa menghilangkan nafsu makan. Kandungan vitamin dan air yang tinggi pada buah semangka mampu mengusir sariawan di mulut Anda. Mengapa bisa demikian? Dengan kandungan air yang tinggi, mulut Anda akan berada pada keadaan basah dan tentu saja bakteri tidak akan ada di sana.

Pemilik antioksidan

Buah semangkan memiliki kandungan likopen dengan kadar yang tinggi. Likopen berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menghindarkan tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas bisa berasal dari polusi dan pola makan yang tidak teratur yang membuat Anda mudah terserang penyakit.

Pendamping ibu hamil

Tak hanya bagi orang biasa, buah semangka juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Manfaat tersebut adalah mengurangi mual, menambah cairan tubuh, mengurangi rasa panas di bagian perut, membantu perkembangan otak janin, dan mencegah kram otot.

Teman diet

Buah ini akan menjadi teman yang pas bagi Anda yang sedang melakukan diet. Hal tersebut dikarenakan kandungan gulanya yang terbatas, kadar air yang tinggi dan tidak ada kandungan lemak.

Pelengkap penderita diabetes

Buah dengan rasa manis dan segar tidak membuatnya harus menjadi pantangan bagi penderita diabetes. Kandungan gulanya yang rendah malah baik untuk para penderita diabet. Buah ini juga membantu mereka untuk memproduksi hormon insulin. Hormon tersebut sangat membantu dalam menurunkan kandungan gula dalam darah yang cukup tinggi. Bagi anda yang saat ini mengidap diabetes atau rawan terkena diabetes, sebaiknya tambahkan semangka dalam daftar menu makanan anda.

Buah yang satu ini memang memberikan kesegaran dan manfaat yang banyak bagi kesehatan. Anda bisa mengonsumsinya secara teratur namun jangan terlalu berlebihan. Mengkonsumsi secara teratur buah semangka sangat baik untuk kesehatan, namun jika anda berlebihan dalam mengkonsumsinya juga tidak baik karena rasa manis yang diberikan bisa berlebihan.

Anda bisa mengkonsumsi secara langsung buah ini setelah makan atau pada saat sedang bersantai bersama keluarga. Bahkan saat ini telah banyak pihak yang menjadikan semangka sebagai ekstrak pelengkap untuk produk kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website