SHARE

minyak alpukatSeperti namanya, minyak alpukat dibuat dari buah alpukat melalui cara pembuatan tertentu. Meski buah alpukat cukup populer sebagaiĀ  santapan, baik berupa salad maupun minuman sehat, minyak alpukat kurang begitu dikenal. Padahal, ada banyak sekali khasiat minyak alpukat yang bisa didapatkan oleh tubuh dan kulit. Pada artikel kali ini kita akan secara tuntas membahas mengenai minyak alpukat, khasiat-khasiatnya, serta bagaimana cara membuatnya secara benar. Selamat menyimak.

Khasiat Minyak Alpukat.

Minyak alpukat, memiliki berbagai khasiat dan kegunaan, antara lain:

  • Melembabkan kulit secara alami.
    Minyak alpukat bisa sangat efektif bekerja dari luar membantu mengatasi berbagai masalah kulit kering. Ketika digunakan, minyak alpukat dapat segera terserap hingga ke dalam lapisan kulit, sehingga sangat efektif dan ideal digunakan sebagai pelembab alami kulit.
  • Meningkatkan kesehatan kulit kepala.
    Apabila Anda sering mengalami gatal di kulit kepala, atau berbagai gangguan di sekitar kulit kepala, minyak alpukat bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah tersebut. Selain dapat menyehatkan kulit kepala, penggunaan minyak alpukat secara rutin juga dapat meningkatkan kesuburan rambut.
  • Meningkatkan produksi kolagen.
    Ketika digunakan untuk merawat kulit, minyak alpukat dapat membantu meningkatkan produksi kolagen secara alami, yang berperan untuk membuat kulit terasa kenyal dan awet muda.
  • Menangkal dan mengobati berbagai penyakit kulit.
    Minyak alpukat juga berguna sekali untuk perawatan kulit yang mengalami gangguan, seperti eczema/eksim, serta psoriasis. Penyakit-penyakit ini apabila tidak ditangani secara cepat dan benar, bisa mengakibatkan kerusakan kulit secara permanen.
  • Membantu berbagai keperluan medis dan darurat.
    Minyak alpukat juga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar dan luka lecet/tergores. Selain itu, juga membantu mengurangi iritasi akibat penggunaan popok pada bayi.

MINYAK ALPUKAT

Kandungan Nutrisi pada Minyak Alpukat.

Tidak mengherankan apabila minyak alpukat memiliki banyak khasiat, karena dalam setiap tetes minyak alpukat tersebut mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk tubuh dan kulit. Berikut ini beberapa nutrisi yang terkandung di dalam minyak alpukat:

Protein dan Lemak.
Minyak alpukat mengandung protein dan lemak dalam jumlah yang sangat tinggi. Kedua nutrisi tersebut merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit. Minyak alpukat mengandung asam lemak omega-3, yang merupakan jenis asam lemak yang sama dengan yang diteukan pada minyak ikan, sehingga minyak alpukat ini tidak hanya baik untuk dijadikan lotion, tapi juga sangat menyehatkan untuk dikonsumsi.

Sterolin.
Minyak alpukat juga mengandung senyawa yang disebut sterolin, yang sangat berperan dalam membantu menghaluskan kulit dan mengurangi kerutan-kerutan di kulit, seperti pada dahi, pipi, dan lingkar mata.

Antioksidan.
Minyak alpukat juga mengandung antioksidan yang sangat kuat, yang menjadikannya sangat berguna untuk mencegah dan mengobati iritasi akibat terpapar sinar matahari. Antioksidan yang terdapat dalam minyak alpukat adalah antioksidan berupa vitamin A, D, dan E, yang juga berperan menjadikan kulit lebih elastis, sehingga sangat baik untuk perawatan kulit kering dan kulit pada usia lanjut.

Lesitin dan Potassium.
Kedua kandungan ini sangat baik digunakan untuk perawatan rambut dan kulit agar tetap sehat.
Jadi, minyak alpukat memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang berkhasiat.

Nah, setelah mengetahui khasiat dan kandungan bermanfaat dari minyak alpukat, sekarang kita akan membahas bagaimana cara membuat sendiri minyak alpukat di rumah. Simak baik-baik, yaa.

Cara Membuat Minyak Alpukat di Rumah.

Untuk membuat minyak alpukat, yang perlu disiapkan antara lain:

  • 2 kg. buah alpukat yang sudah matang,
  • 1 liter santan kelapa kental.

Langkah pembuatan:

  1. Ambil daging buah alpukat, lalu tempatkan ke dalam blender.
  2. Tambahkan 1 liter santan ke dalam blender.
  3. Nyalakan blender, dan biarkan hingga kedua bahan hancur dan tercampur rata. Pastikan tidak ada bagian yang menggumpal. Hasil akhir pada langkah ini adalah campuran yang berbentuk pasta kental dengan warna yang merata.
  4. Tempatkan campuran yang sudah dibuat pada panci anti lengket. Panaskan dengan api kecil hingga sedang.
  5. Aduk terus campuran tersebut selama dipanaskkan. Pastikan tidak ada bagian yang hangus atau pun kering dan melengket pada dasar panci.
  6. Matikan kompor/pemanas ketika campuran yang dipanaskan mulai mengeluarkan minyak alaminya. Selain ditandai dengan keluarnya minyak, juga ditandai dengan mulai habisnya air dan kelembaban pada campuran tersebut.membuat minyak alpukat
  7. Tuang campuran yang sudah jadi di atas kain bersih, lalu peras untuk memisahkan minyak dan ampas alpukat. Ketika diperas, minyak akan keluar dan menetes. Segera tampung setiap tetesan minyak menggunakan wadah bersih.membuat minyak alpukat 2
  8. Setelah minyak diperoleh, segera tempatkan pada wadah berpenutup rapat untuk menjaga daya tahan minyak alpukat tersebut. Minyak alpukat sudah siap digunakan.

Jumlah minyak dihasilkan bervariasi, tergantung jenis dan kualitas alpukat yang digunakan. Klik di sini untuk mendapatkan minyak alpukat berkualitas tinggi, yang sudah jadi dan siap pakai.

Cara Menggunakan Minyak Alpukat untuk Berbagai Keperluan.

Minyak alpukat yang sudah dihasilkan tadi bisa segera digunakan. Untuk penggunaan di kulit, bisa langsung digunakan sebagai lotion. Untuk perawatan kulit kering, bisa digunakan sebelum beraktivitas di luar, maupun digunakan sebagai krim malam, yaitu digunakan menjelang tidur. Minyak alpukat memiliki tekstur yang sangat halus dengan partikel yang sangat kecil, sehingga bisa terserap sempurna di kulit ketika digunakan.

Untuk penggunaan pada kepala dan rambut, minyak alpukat ini bisa digunakan sebagai lotion rambut, maupun digunakan untuk memijat kulit kepala. Setelah digunakan, minyak alpukat ini sebaiknya dibiarkan beberapa saat agar khasiatnya bisa lebih maksimal, sebelum dibilas. Minyak alpukat relatif aman digunakan setiap hari secara rutin.

Nah, demikianlah beberapa informasi seputar minyak alpukat dari BerbagiSolusi.com. Semoga informasi ini berguna buat Anda, serta menambah pengetahuan yang bermanfaat. Baca artikel sebelumnya mengenai cara membuat handbody racikan, dan cobalah mengganti salah satu bahan di dalamnya dengan minyak alpukat yang Anda buat.

Selamat membaca kembali, dan tetap cantik setiap hari.

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here