SHARE

Bersyukurlah kita karena Indonesia merupakan negeri subur  dimana dengan mudahnya menemukan tumbuhan-tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat dan khasiat. Banyaknya variatif tanaman yang tumbuh adalah kekayaan yang dimiliki negeri ini. Nah salah satu tanaman ini adalah kemangi.

Kemangi bukan tanaman langka di Indonesia. Karena kemangi dengan mudahnya bisa ditemukan di warung makan. Selain untuk dijadikan lalapan, pun kemangi mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Kemangi mempunyai ciri khas tertentu dengan aromanya yang wangi.

daun kemangi

Khasiat Daun Kemangi untuk Berbagai Masalah Kesehatan.

Meringankan Sakit Kepala.

Daun kemangi bermanfaat untuk meringankan sakit kepala. Rebusan daun kemangi dapat dicampur dengan daun cendana lalu dikompreskan pada dahi.

Mengobati Sariawan.

aun kemangi juga berkhasiat untuk mengobati sariawan. Caranya, ambil daun kemangi 50 helai dan cuci hingga bersih. Selanjutnya kunyah daun kemangi tersebut dua atau tiga menit. Setelah halus, telan daun kemangi tsb lalu minum air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan sampai tiga kali sehari.

Meredakan perut kembung.

Manfaat dari daun kemangi juga terbukti mampu meredakan perut kembung. Caranya, rebus daun kemangi dengan bawang merah dan kemudian campur dengan minyak kelapa. Ramuan tersebut dioleskan pada perut yang kembung.

Mengobati Batuk.

Daun kemangi juga berperan untuk obat batuk. Karena daun kemangi mengandung ayurvedic dan ekspektoran. Manfaat daun kemangi memobilisasi lendir bronkhitis dan asma. Daun kemangi juga dapat dikunyah untuk mengurangi flu.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung.

Daun kemangi mempunyai manfaat yang bisa berkhasiat untuk kesehatan jantung. Dari beberapa kasus, daun kemangi dapat meringankan penyakit jantung dan mengurangi tingkat kolestrol darah.

Mengatasi Berbagai Gangguan Pernafasan.

Daun kemangi juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan pernafasan. Caranya, rebus daun kemangi dengan campuran madu dan jahe. Ramuan tersebut bermanfaat untuk influenza, asma dan bronkhitis.

Nah…itulah beberapa manfaat dari daun kemangi untuk mengobati berbagai macam penyakit. Semoga artikelnya berguna dan bermanfaat bagi pembacanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here