SHARE

Perawatan tubuh wajib dilakukan setiap wanita, apalagi kebersihan sebagian dari iman. Tentunya kita harus tetap merawat tubuh termasuk menjaga organ kewanitaan agar selalu bersih. Sayangnya kadang keputihan menganggu kenyamanan. Karena iklim tropis di Indonesia, area kewanitaan kita cenderung basah.

Pola makan yang tidak teratur juga menjadi salah satu penyebab keputihan. Ditambah dengan konsumsi makanan yang pada umumnya kurang berserat dan tinggi gula. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko infeksi jamur yang menyebabkan keputihan.

daun sirih untuk keputihan

Khasiat Daun Sirih untuk Keputihan.

Salah satu cara alami dan tradisonal untuk mengobati keputihan adalah dengan menggunakan daun sirih. Cara ini sudah lama menjadi kepercayaan para wanita untuk solusi keputihan.

Khasiat Daun Sirih:

  • Daun sirih mengandung antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri dan jamur.
  • Manfaat kandungan minyak atsirinya juga dapat mengurangi bau.

Cara Membuat Obat Keputihan dari Daun Sirih.

Caranya dengan mengambil sepuluh helai daun sirih yang telah dibersihkan kemudian direbus dengan dua liter air selama lima menit, tunggu hingga air rebusan hangat, gunakan air rebusan untuk membasuh area kewanitaan secara teratur seminggu tiga kali. Jangan terlalu sering membasuh area kewanitaan dengan daun sirih justru akan menghilangkan bakteri baik yang seharusnya dapat menjaga ph kewanitaan anda.

Cara mengobati dan mengatasi masalah keputihan.

Sebaiknya untuk mencegah dari keputihan, ada baiknya untuk mengikuti tips-tips berikut ini:

  • ¬†Jaga daerah kewanitaan agar tetap kering atau tidak mudah lembab
  • Membersihkan bagian luar daerah kewanitaan setelah buang air kecil atau air besar dengan menggunakan pembersih kewanitaan yang terbuat dari bahan alami. Caranya yaitu dengan mengusapkan dari arah depan ke belakang dan dibilas dengan air bersih.
  • Saat haid,¬† dianjurkan untuk segera mungkin mengganti pembalut dan celana dalam jika merasa tidak nyaman atau mulai terasa lembab terutama pada hari-hari yang banyak mengeluarkan darah (hari pertama sampai ketiga), ini dikarenakan darah bisa menjadi media yang sesuai untuk kuman berkembang biak.
  • Hindari kebiasaan memasukan jari atau pancuran air ke dalam liang vagina dengan tujuan membersihkan bagian dalam vagina. Perlakuan ini akan membunuh bakteri baik dalam vagina sejenis bacteri lactobacilli.
  • Hindari menggunakan sabun mandi pada alat kelamin karena dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi kulit atau gatal. Gunakan Pembersih Kewanitaan alami Indonesia yang mengandung pH balance 3.5 untuk menghindari iritasi.
  • Pasangan suami istri dianjurkan untuk senantiasa membersihkan organ intim dengan air sebelum dan setelah hubungan seks untuk kebersihan yang optimal.
  • Usahakan untuk dapat buang air kecil minimal setengah jam setelah hubungan seksual untunk mengurangi resiko jangkitan kuman pada kantung kemih (urinary tractinfection).
  • Hindari memakai pakaian dalam sintetik terlalu ketat karena dapat menyebabkan kulit mudah lembab karena terganggunya peredaran udara pada kulit dan akhirnya dapat memudahkan perkembangan kuman atau jamur.
  • Pakaian dalam atau underwear perlu ditukar minimal 2-3 kali sehari terutama pada hari-hari saat menstruasi dan keputihan.
  • Hindari perilaku seks bebas.
  • Atur pola makan dan gaya hidup yang sehat serta cukup istirahat dan olahraga yang teratur.

Semoga tips ini bisa membantu mengatasi masalah keputihan bagi para wanita.

Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here