SHARE

Kentang merupakan bahan makanan yang sangat populer hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Harganya pun relatif murah. Selain kaya akan vitamin dan mineral yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh, ternyata kentang juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan kulit, rambut, serta untuk merawat mata Anda. Mau tahu caranya?

Pada artikel kali ini BerbagiSolusi.com secara tuntas mengenai apa saja manfaat dan khasiat kentang untuk kecantikan dan kesehatan kulit, rambut, dan mata. Mari disimak!kentang untuk kulit

Khasiat Kentang untuk Kulit dan Perawatan Kecantikan

Apabila Anda sering mengalami masalah kulit, seperti jerawat dan munculnya benjolan-benjolan kecil di wajah, leher, dan punggung, mungkin ada baiknya apabila Anda mulai mencoba menggunakan kentang sebagai bahan perawatan kulit Anda. Karena, mineral yang terkandung dalam umbi kentang bisa secara efektif mengatasi masalah jerawat seperti itu.

Menghilangkan jerawat menggunakan kentang.

Cara mengatasi jerawat dengan kentang cukup mudah, yaitu dengan mencincang hingga setengah halus 1 umbi kentang yang masih segar (cuci dan kupas terlebih dahulu), lalu gunakan untuk memijat area kulit yang terinfeksi jerawat. Diamkan sejenak, lalu bilas dengan air hangat. Dengan cara ini, kentang tidak hanya mengatasi jerawat dan masalah infeksi di pori-pori kulit, tapi juga sekaligus mencerahkan kulit Anda. Cara yang sama juga dapat membantu mengatasi masalah kulit yang panas dan terbakar akibat sengatan sinar matahari.

Kentang sebagai toner wajah (facial toner).

Lho, emangnya bisa kentang dijadikan facial toner? Ya, tentu saja. Saat merebus kentang untuk panganan, setelah mendidih ambil air rebusannya lalu dinginkan. Setelah dingin, tempatkan air tersebut di botol spray. Gunakan cairan ini setiap hari sebagai face toner. Murah, meriah, alami, dan berkhasiat, bukan?

Membuat Masker Wajah dari Kentang.

Kmasker kentang untuk wajahentang juga merupakan bahan makanan yang cukup populer dan sering dijadikan sebagai masker wajah. Khasiatnya tentu saja seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Berikut ini adalah beberapa cara membuat masker kentang untuk wajah serta cara menggunakannya:

  1. Kupas dan bersihkan kentang yang masih segar.
  2. Setelah bersih, hancurkan kentang tersebut menggunakan blender.
  3. Anda juga dapat menambahkan bahan alami lainnya, seperti yogurt, oats, ataupun madu, tergantung khasiat yang ingin didapatkan.
  4. Setelah bahan tercampur rata, campuran ini bisa langsung digunakan sebagai masker wajah, yaitu dengan cara dibalurkan di wajah secara merata. Diamkan selama lebih kurang 25 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Dari kentang ini, Anda juga dapat membuat campuran untuk melembabkan dan menghaluskan kulit, yaitu dengan cara mencampurkan 1 umbi kentang yang sudah direbus, dengan 1 sendok makan madu serta 1 ruas jari jahe. Bersihkan wajah, lalu balurkan campuran ini selama 25 menit, lalu bilas sampai tuntas.

Demikian beberapa khasiat kentang untuk kulit, serta bagaimana cara menggunakannya. Yang akan kita bahas berikutnya adalah beberapa khasiat kentang untuk rambut. Disimak, ya…

Khasiat Kentang untuk Menjaga Kesehatan Rambut.

Bagi Anda yang ingin memiliki rambut hitam berkilau, mungkin kulit kentang bisa menjadi solusi alami untuk mewujudkannya. Kulit kentang biasanya dibuang dan tidak digunakan. Padahal, kulit kentang memiliki kandungan yang secara alami berkhasiat untuk menghitamkan rambut dan membuat rambut tampak lebih berkilau.

Cara menghitamkan rambut menggunakan kulit kentang.

Cuci kentang yang sehat, segar, dan berukuran cukup besar, lalu kupas kulitnya. Tempatkan kulit kentang tersebut di panci bersih. Tambahkan air hingga seluruh bagian kentang terendam dalam air. Rebus hingga mendidih, lalu saring dan ambil airnya. Dinginkan air rebusan ini, lalu gunakan sebagai air bilasan terakhir setelah keramas.

Khasiat Kentang untuk Kesehatan Mata.

kentang untuk mataSetelah membahas khasiat kentang untuk kulit dan rambut, sekarang saatnya membahas tentang manfaat-manfaat kentang untuk kesehatan mata.

Menggunakan irisan mentimun yang ditempelkan di mata mungkin sudah banyak yang tahu, bahkan mungkin juga sudah banyak yang mempraktekkannya. Namun, pernahkan mencoba mengganti irisan mentimun tersebut dengan irisan kentang? Nah, kalau belum pernah mencobanya, mungkin mulai sekarang Anda mulai mencobanya.

Irisan kentang maupun kentang manis (ubi jalar) bisa membantu mencerahkan area kulit yang gelap di sekitar mata. Area sekitar mata ini biasanyaa terlihat lebih gelap apabila Anda kelelahan, stress, kurang istirahat, ataupun sedang dalam masa pemulihan setelah sakit. Kentang juga dapat mengatasi masalah kantung mata, serta menyegarkan mata Anda

Cara mendapatkan khasiat kentang untuk mata, cukup dengan mengiris tipis kentang yang sudah dibersihkan, lalu dalam posisi tubuh Anda berbaring, tempelkan 2 irisan tipis kentang tersebut menutupi mata dan area sekitar mata. Diamkan dan nyamankan tubuh Anda selama kurang lebih 15 menit agar mineral dalam kentang bisa terserap ke dalam kulit. Setelah itu, bersihkan wajah Anda dengan air hangat.

Cara lainnya agar kentang bisa memberikan manfaat untuk kulit di sekitar mata adalah dengan mencincang kentang hingga lumat seperti bubur, lalu bungkus kentang halus ini menggunakan handuk kecil yang sudah dibersihkan. Gunakan handuk berisi kentang halus ini untuk mengopress area sekitar mata. Dapat juga Anda kompress dan usap-usapkan di area wajah Anda.

Nah, demikianlah beberapa manfaat kentang untuk kecantikan, terutama kecantikan kulit, rambut dan mata. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda untuk tetap menjaga kesehatan dan kecantikan. Selamat mencoba, dan melanjutkan aktivitas Anda kembali. :)

Anda juga dapat membaca artikel BerbagiSolusi.com lainnya mengenai cara membuat masker bengkoang untuk memutihkan kulit.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here