Mengkudu tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tanaman ini sudah sangat terkenal akan khasiatnya. Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam. Mengkudu biasa juga disebut dengan buah noni. Buah mengkudu sudah sejak lama dipercaya dan terbukti mampuh menyembuhkan berbagai penyakit. Tidak heran kalau nenek moyang kita menggunakan buah mengkudu sebagai obat tradisional.

Buah mengkudu merupakan jenis buah bergizi lengkap, zat nutrisi yang terdapat didalam buah mengkudu sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin, mineral, dan protein penting tersedia didalamnya. Secara kimia buah mengkudu banyak mengandung xeronine, plant sterois, alizarin, lycine, sosium, coprylic, acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace, elemens, phenylalanine, dan magnesium. Beberapa manfaat buah mengkudu di antaranya adalah sebagai berikut:

mengkudu

Sejumlah Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan.

Mengkudu dapat mencegah dan mengatasi berbagai jenis kanker.

Ancaman kanker pada wanita memang sangat menakutkan, seperti kanker payudara dan kanker serviks atau kanker mulut rahim. Karenanya, itu anda harus mengkonsumsi makanan dengan kandungan anti kanker. Buah mengkudu adalah salah satu buah yang mengandung anti kanker yang kuat. Biasanya dapat dikonsumsi dalam bentuk jus.

Mengkudu berkhasiat melawan kuman.

Kandungan senyawa seperti antrakuinon, skopoletin dan terpana yang ada pada buah mengkudu memiliki sifat antibakteri, anti jamur dan anti parasit yang baik untuk memelihara kesehatan kulit dan tubuh.

Mengkudu dapat membantu menjaga kesehatan tulang

Buah mengkudu memiliki khasiat untuk penderita osteoporosis karena kandungan asam kapril, metil asetil, morindin, morindone, morindadiol dan sorandiyiol yang mampu meningkatkan kekuatan tulang. Bagi wanita dengan usia 40-50 memiliki kemungkinan tinggi dalam keropos tulang. Mengkonsumsi jus mengkudu secara teratur akan membantu anda dalam menjaga kesehatan tulang. Bagi anda yang belum terbiasa dapat mengkonsumsi olahan buah mengkudu dalam bentuk pil.

Mengkudu dapat menurunkan resiko Penyakit jantung

Sari buah mengkudu memiliki sifat anti inflamasi yang telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan. Juga menurunkan resiko terkena serangan jantung.

Menghilangkan Sisik pada Kaki.

Buah mengkudu yang sudah masak di pohon. Cara menggunakan, bagian kaki yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

Daya tahan tubuh.

Buah mengkudu memiliki keseimbangan sempurna dari vitamin, mineral, asam amino, peptida, dan enzim. Kesemua nutrisi yang terkandung sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukan bahwa minum jus mengkudu dapat membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Sebab buah mengkudu kaya akan antioksidan alami seperti vitamin E dan koenzim Q10 yang diperlukan tubuh.

Mengkudu dapat mengatasi masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Dua buah mengkudu yang telah masak di pohon dan satu sendok makan madu. Cara membuatnya, buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merata dan disaring. Minum dan diulangi dua hari sekali.

Nah itulah beberapa khasiat yang didapatkan dari buah mengkudu.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website