Mengkudu terkenal akan kekayaan manfaatnya, baik itu untuk kesehatan maupun kecantikan. namun, tak jarang yang memandang mengkudu dengan sebelah mata. Hal ini dikarenakan mengkudu memiliki bau yang tidak sedap, sehingga banyak orang yang tidak suka dengan buah ini.

Ternyata, selain untuk kesehatan, mengkudu juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan, terutama pada kulit wajah. Ketahuilah bagaimana dan apa saja khasiat dari buah mengkudu untuk kulit! Berikut adalah khasiat mengkudu untuk kulit, khususnya wajah.

manfaat buah mengkudu untuk kulit

Inilah 6 Khasiat Mengkudu untuk Kulit.

Mengkudu adalah bahan alami yang mempunyai segudang manfaat mengkudu bagi kulit, seperti dapat dijadikan sebagai obat herbal. Buah mengkudu dapat digunakan sebagai obat kesehatan atau untuk perawatan kecantikan. Buah ini memiliki ciri khas bau yang tidak sedap dan bintik-bintik hitam pada bagian luarnya. Berikut adalah beberapa manfaat mengkudu untuk kulit:

  1. Masker Mengkudu untuk Memutihkan Kulit.

Kulit putih dan bersih merupakan idaman bagi setiap wanita. Khasiat mengkudu untuk kulit dapat dijadikan sebagai masker untuk pemutih. Caranya adalah dengan menumbuk mengkudu hingga halus. Sebelum memakain masker tersebut, bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan air hangat. Setelah itu, oleskan masker mengkudu pada kulit wajah secara rata. Biarkan masker tersebut meresap agar dapat bermanfaat lebih optimal sekitar 20 menit. Kemudian bersihkan wajah menggunakan air bersih dan lebih baik menggunakan air dingin.

  1. Scrub Mengkudu untuk Memutihkan Wajah.

Selain digunakan sebagai masker, cara memulihkan wajah dengan mengkudu dapat beguna untuk kulit semakin lembut dan putih. Cara pembuatannya adalah dengan menumbuk buah mengkudu lebih kasar dibadning untuk masker. Sebelum menggunakan scrub, bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan air. Kemudian oleskan scrub dan gosok-gosok secara perlahan agar tidak merusak jaringan kulit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan mencucui wajah seperti biasa.

  1. Bedak Dingin dari Sari Buah Mengkudu.

Cara lain yang digunakan untuk memutihkan wajah adalah dengan menggunakan bedak dingin dari sari mengkudu. Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan sari mengkudu dengan bedak dingin secara merata. Oleskan campuran tersebut pada kulit wajah. Biarkan hingga mengering sekitar 1-2 jam. Setelah itu, bilaslah menggunakan air bersih.

  1. Buah Mengkudu untuk Melembabkan Kulit.

Kulit kering mempunyai kesan yang tidak sehat. Maka kulit membutuhkan nutrisi untuk menyehatkan dan membuatnya terlihat segar. Khasiat mengkudu untuk kulit adalah untuk melembabkan kulit. Buah ini mempunyai kandungan nutrisi seperti vitamin A, C, dan E untuk kulit. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan menghaluskan buah mengkudu kemudian mengoleskannya ke wajah secara merata pada kulit yang kering. Tunggu olesan tersebut hingga mengering sekitar 15 menit. Setelah itu, bilas wajah menggunakan air bersih.

  1. Menghilangkan Jerawat dengan Buah Mengkudu.

Jerawat merupakan musuh terbesar bagi wanita. Adanya jerawat membuat mereka tidak percaya diri terlebih jika bertemu dengan pria. Berbagai cara akan dilakukan oleh para wanita untuk menghilangkan jerawat ini agar tampilan lebih menarik. Buah mengkudu mempunyai kandungan zat yang berguna untuk melawan bakteri atau kuman pada kulit wajah. Cara pembuatannya adalah dengan menghaluskan mengkudu dengan blender. Setelah itu, oleskan mengkudu tersebut pada kulit wajah atau seluruh tubuh. Lakukan hal ini dengan rutin sekitar 2 kali dalam seminggu.

  1. Menyamarkan noda pada kulit dengan mengkudu.

Selain untuk jerawat, buah mempunyai khasiat mengkudu untuk kulit yakni menyamarkan noda kehitaman pada wajah. Noda hitam biasanya cukup banyak dijumpai pada wanita yang sudah berumur. Awalnya noda hitam masih sedikit, namun dengan bertambahnya umur noda hitam ini akan semakin banyak. Terlebih jika tidak melakukan perawatan khusus untuk kulit wajah. Dengan buah mengkudu, noda ini akan berkurang. Cara mendapatkan manfaat ini adalah dengan menghaluskan mengkudu dan mengoleskannya ke wajah sebagai masker. Tunggu sekitar 15 menit hingga mengkudu sedikit mengering.

Perawatan ini akan membuat kulit kita semakin sehat sehingga akan menambah percaya diri. Kulit akan semakin cerah, lembut, dan sehat. Cara-cara di atas dapat dijadikan tips bagi Anda yang menginginkan bahan alami sebagai bahan perawatan kulit. Banyak manfaat yang diberikan oleh mengkudu. Oleh karena itu, baik bagi perawatan kulit agar sehat.

Demikian khasiat mengkudu untuk kulit, baik itu kulit wajah maupun seluruh badan. Buah mengkudu dapat dijadikan sebagai alternatif sebagai masker, lulur atau scrub untuk perawatan kulit. Manfaat-manfaat tersebut akan di dapatkan apabila kita melakukannya dengan teratur agar khasiat mengkudu bagi kulit dapat bekerja secara maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website