SHARE

teh hijau untuk penuaanApakah Anda mulai khawatir terhadap tanda-tanda penuaan yang mulai muncul di kulit Anda? Garis-garis halus di dahi, keeutan di sudut luar mata, ataupun sejumlah area kulit yang mulai terlihat mengendur? Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda itu pasti akan muncul. Jadi, sebenarnya hal itu normal saja.

Saat menemukan tanda-tanda penuaan seperti itu di kulit, seseorang mungkin akan khawatir berlebihan, panik, hingga mencoba mengatasinya dengan penggunaan berbagai produk anti penuaan dini yang bisa dengan mudah didapatkan di toko-toko kosmetik. STOP! STOP! Hentikan membombardir kulit Anda dengan produk kimiawi! Jangan jadikan penggunaan bahan-bahan kimia sebagai pilihan pertama untuk mengatasi masalah penuaan di kulit Anda, karena di alam ini tersedia berbagai bahan alami yang bisa menghambat penuaan dini. Salah satunya: Teh Hijau.

Nah, sebelum Anda terlalu jauh menggunakan produk anti-aging berbahan kimia, ada baiknya membaca ulasan mengenai khasiat teh hijau untuk menghambat penuaan dini, berikut ini. Dengan mengetahui manfaatnya, mungkin Anda akan segera mencobanya sendiri di rumah. Selamat membaca.

Fakta Menarik: Orang Jepang Berusia Lebih Panjang.

Sebelum mengulas lebih jauh mengenai khasiat teh hijau untuk menghambat penuaan, ada fakta unik dan menarik terkait penuaan ini, yaitu fakta bahwa usia rata-rata orang Jepang lebih tinggi dibanding penduduk negara lain di Asia. Tidak sedikit orang Jepang yang bertahan hidup bahkan hingga usia mencapai 100-an tahun. Nah ternyata, faktanya adalah konsumsi terbesar teh hijau adalah di Jepang. Berkaitan? Mungkin saja.

Bagaimana Proses Terjadinya Penuaan?

Penuaan di kulit terjadi sebagai akibat reaksi kimia di dalam sel. Sebagai bagian dari reaksi ini, terbentuk zat racun yang disebut radikal bebas. Radikal bebas inilah yang menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan di kulit, seperti kerutan dan garis-garis halus. Molekul-molekul radikal bebas ini merusak kesehatan sel dengan cara menguras oksigen di dalam sel, serta menurunkan tingkat/jumlah kolagen yang berperan sangat vital dalam menjaga elastisitas dan rona alami kulit.

Semakin tinggi tingkat dan jumlah radikal bebas ini, membuat seseorang akan terlihat lebih tua. Pertumbuhan tingkat radikal bebas ini juga menentukan seberapa cepat seseorang mengalami penuaan, tidak hanya di kulit tapi juga di seluruh organ tubuh, termasuk tulang, sendi, dan organ tubuh lainnya, sehingga berpengaruh pula terhadap usia yang dapat dicapai.

Perlu diingat pula, bahwa radikal bebas ini tidak hanya dihasilkan dari reaksi kimia di sel, tapi juga bisa terjadi akibat sinar UV, pola diet yang tidak tepat, kebiasaan merokok, gaya hidup yang tidak sehat (obat-obatan, alkohol, dan lain sebagainya).

Khasiat Teh Hijau Dalam Mengatasi Penuaan:

Memperlambat Proses Penuaan.

Studi membuktikan bahwa pria yang mengkonsumsi teh hijau secara rutin mengalami penuaan yang jauh lebih lambat dibandingkan dengan pria yang tidak mengkonsumsi teh hijau. – link studi. Antioksidan yang terkandung dalam teh hijau dapat secara efektif menghambat penuaan dini, dengan cara menangkal radikal bebas, baik yang terjadi di dalam sel maupun radikal bebas yang terdapat di alam.

Melindungi Sendi dan Tulang.

Teh hijau juga mengandung flavonoid yang sangat kuat. Flavonoid ini berperan dalam menjaga kesehatan sendi, seperti lutut, pinggul, dan persendian lainnya. Flavonoid dalam teh hijau juga membantu menghambat proses perusakan kolagen dan tulang rawan pada area persendian. Hal ini tentunya sangat membantu dalam mencegah rematik tulang dan osteoarthritis.

Teh Hijau Sangat Baik untuk Kesehatan Kulit.

Green tea merupakan antioksidan alami yang luar biasa, termasuk juga dapat melembankan kulit secara alami. Mengkonsusi teh hijau secara rutin dapat membuat kulit terlihat lebih bersih dan lebih cerah secara alami. Anda juga dapat memperoleh manfaat teh hijau di kulit dengan penggunaan luar. Cukup oleskan teh hijau di kulit Anda menggunakan kapas. Lakukan secara rutin setiap hari agar khasiatnya bisa lebih terlihat.

Bagaimana Cara Teh Hijau Menghambat Penuaan?

Dalam setiap helai daun teh hijau terdapat kandungan catechin dan polyfenol yang sangat tinggi. Keduanya merupakan antioksidan yang membantu menghancurkan molekul radikal bebas, yang seperti sudah dijalaskan sebelumnya merupakan penyebab terjadinya proses penuaan. Dengan rusaknya molekul radikal bebas ini, sel akan lebih sehat dan lebih muda, termasuk sel kulit.

Teh hijau juga sangat kaya akan oligomeric proanthocyanidin (OPC), yang juga merupakan antioksidan yang berperan menghaambat penuaan dini. Untuk mendapatkan khasiat dari OPC ini, teh hijau harus dikonsumsi secara oral (diminum). Khasiat dari OPC belum terbukti secara klinis dapat diperoleh dari penggunaan luar.

Agar khasiat teh hijau bisa dirasakan secara nyata, teh hijau harus dikonsumsi secara rutin dan terus menerus. Ada baiknya jika mengkonsumsi teh hijau dijadikan gaya hidup, seperti halnya di sejumlah negara Asia Timur (Jepang, China, dan sekitarnya) terdapat tradisi minum teh.

Nah, bagaimana dengan Anda? Bagi Anda yang memiliki pengalaman dengan teh hijau, atau tertarik berdiskusi mengenai khasiat teh hijau untuk mengatasi penuaan, silakan tuliskan komentar di kolom yang tersedia di bawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here