Ingin tahu lebih banyak tentang cara mudah merawat kulit berminyak? Beberapa tips dan perawatan simpel kali ini mungkin bisa jadi inspirasi. Tidak perlu membayar mahal untuk perawatan sempurna seperti merawat kulit berminyak karena ada beberapa cara yang bisa dicoba di rumah yang akan memberikan hasil efektif terhadap kulit berminyak. Apa saja model perawatan mudah untuk kulit berminyak yang bisa dilakukan tanpa harus pergi ke salon atau Spa?

kulit berminyak

Berbagai Cara Perawatan Kulit Berminyak dengan Bahan-Bahan Natural.

Selain memakan makanan berprotein dan bervitamin untuk merawat kulit yang memiliki minyak berlebih, perhatikan tips-tips berikut yang ampuh secara langsung membantu mengatasi kulit berminyak:

  1. Membuat Masker Wajah.
    Membuat masker sendiri dengan susu, madu dan jus lemon sebagai bahannya bisa jadi salah satu perawatan terbaik. Hanya dengan mencampur beberapa tetes susu dan setengah sendok makan madu beserta satu sendok teh jus lemon hingga berubah menjadi pasta. Lalu pasta tersebut bisa langsung diaplikasikan ke wajah dengan mengoleskannya. Jika sudah dioles secara merata, diamkan selama 15 menit sebelum akhirnya dibilas. Melakukannya secara rutin tentu akan membantu mengurangi kadar minyak pada kulit.
  2. Pijat Wajah dengan Buah Apel.
    Melakukan pijat wajah dengan apel sebagai bahan utama sangat menarik untuk dicoba apalagi jika ingin kulit yang bersih dan bercahaya tanpa minyak. Kupaslah buah apel dan potong-potong menjadi bagian-bagian kecil. Potongan apel tersebut kemudian bisa digosok-gosokkan pada wajah dengan waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam sebelum membersihkan wajah dengan air bersih.
  3. Pijat Wajah dengan Jus Lemon.
    lemon face maskPijat wajah dengan jus lemon sebagai bahan utama juga diyakini berhasil untuk merawat kulit yang berminyak. Siapkan air untuk dicampur dengan satu sendok teh jus lemon; gosokkan pada wajah dan pijat wajah Anda. Setelah mendiamkan sekitar 15 menitan, bilas wajah bukan dengan sabun biasa namun dengan sabun gliserin yang akan membantu menyetop produksi minyak berlebihan pada kulit.
  4. Masker Aloe Vera.
    Membuat masker dengan bahan dari aloe vera juga merupakan ide yang bagus karena memang bahan ini bisa merawat jenis kulit berminyak. Sebelum mempraktikkan cara ini, wajah harus dibilas dengan bersih baru setelah itu gel aloe vera bisa dioleskan pada wajah. Jangan terburu-buru membilasnya karena untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda perlu menunggu hingga kering sebelum akhirnya dibilas. Untuk efek yang lebih menyegarkan, bisa juga gel tersebut disimpan di dalam kulkas dan perawatan pun bisa dilakukan paling tidak dua kali sehari setiap harinya tergantung kebutuhan Anda. Dengan ini, ucapkan selamat tinggal pada minyak berlebih di kulit.
  5. Menggunakan Scrub Alami.
    almond honey Scrub yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti madu dan almond adalah cara alternatif yang juga layak dicoba. Hanya dengan mencampur madu dengan sejumlah almond dan kemudian hasil campurannya dioleskan sekaligus sambil memijat wajah. Anda tidak perlu menggosokkan pastanya karena mungkin akan melukai sedikit kulit, bilas wajah jika sudah mendiamkannya sekitar 15 menitan.
  6. Pasta Aloe Vera + Almond.
    Campuran dari aloe vera dan oatmeal bisa juga dibuat sebagai scrub, dan setelah pastanya jadi bisa langsung digosokkan pelan ke wajah sebelum membilasnya setelah menunggu hingga 15 menit.

Cara-cara tersebut bisa dibilang ampuh dan sangat layak untuk dicoba karena proses pembuatannya pun tidak akan memakan waktu yang lama. Hanya saja, ada sedikit catatan bagi yang memiliki kulit berminyak dan sensitif, campuran scrub bisa dihindari apalagi kalau wajah Anda berjerawat karena jika menggunakan scrub, iritasi kulit tidak bisa terhindarkan. Selain itu, dalam beberapa cara merawat kulit berminyak ini, selalu ingat untuk tidak menutup pori-pori dengan makeup yang terlalu tebal.

Mengurangi Minyak di Wajah dan Membuat Kulit Lebih Cerah

Banyak orang, terutama wanita akan merasa khawatir dengan minyak berlebih pada wajah dan mereka akan secara otomatis mencari cara untuk mengurangi minyak di wajah. Mungkin ada cara yang bisa berhasil menghilangkan minyak di wajah tapi biasanya wajah akan menjadi sangat kering dan berdampak pada wajah yang terlihat menua. Ada beberapa langkah terbaik yang bisa dilakukan di rumah untuk mengurangi minyak seperti berikut.

Hindari Mencuci Wajah Terlalu Sering.

Untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah jangan mencuci wajah terlalu sering dalam sehari karena hal ini justru tidak bagus untuk kulit sebab akan membuat wajah bisa tambah berminyak atau justru malah membuatnya semakin kering. Mencuci wajah bisa dilakukan dua kali sehari, setelah bangun di pagi hari dan sebelum tidur pada malam hari. Jika wajah dipenuhi dengan noda jerawat, mencuci wajah seharusnya dengan sabun atau pembersih wajah anti jerawat yang berguna untuk mencegah serta melawan bakteri penyebab jerawat sehingga jerawat tidak kembali lagi muncul di wajah. Akan lebih baik untuk menggunakan produk pembersih wajah yang memang didesain khusus untuk tipe kulit berminyak.

Scrub Gula + Madu untuk Serap Minyak.

Jika wajah hanya memiliki masalah kulit yang berminyak dan ingin menguranginya, jangan lupa bahwa scrub yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti gula dan madu tentu akan menjadi perawatan yang baik. Untuk melembabkan kulit, cara ini bisa jadi ide yang sangat bagus tapi juga tidak perlu melakukannya terlalu sering karena bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Jika wajah berminyak dan berjerawat, jauhi cara ini karena melakukan cara satu ini hanya akan menimbulkan iritasi pada kulit yang tidak diharapkan.

Pasta Air + Baking Soda.

Membuat pasta dari campuran air dan baking soda juga merupakan ide yang sangat bagus apalagi jika dicoba oleh mereka yang kulitnya memproduksi minyak secara berlebihan. Kalau pasta sudah jadi, Anda bisa langsung mengoleskannya secara merata pada wajah tapi jangan langsung dibilas; tunggulah sekitar lima belas menit sebelum membersihkannya. Mencoba cara satu ini akan membantu kulit bebas dari minyak dan menjadikannya lembut seperti yang diinginkan.

Serap Minyak Menggunakan Face Paper.

face paper untuk kulit berminyakCara aman dan sederhana yang bisa mengurangi tampilan wajah berminyak adalah dengan menggunakan tisu atau semacam face paper yang bisa ditempelkan pada wajah. Yang seperti ini bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko kecantikan dekat rumah dan setiap kali Anda berkaca dan melihat ada banyak minyak pada bagian wajah tertentu, langsung usapkan tisu atau face paper khusus untuk kulit berminyak tersebut.

Gunakan Pelembab Sebelum Beraktivitas dan Menjelang Tidur.

pelembab untuk kulit berminyakSebelum beraktivitas atau ketika siang hari, pengurangan minyak pada wajah bisa juga dilakukan dengan menggunakan pelembab wajah yang ringan. Jika ingin, tambahkan sedikit Sheer Powder setelah mengoleskan pelembab sehingga wajah bisa terbebas dari minyak berlebih dan membuat Anda semakin nyaman dalam beraktivitas.

Untuk membuat kulit tidak terlalu berminyak tapi tetap lembab, ada baiknya untuk mengoleskan pelembab ringan pada wajah sebelum beranjak tidur. Tidak akan jadi masalah bagi kulit karena ini berarti pori-pori kulit tidak akan memproduksi minyak berlebih lagi dan wajah akan tetap terhidrasi dan terjaga kebersihannya.

Inilah beberapa cara yang dapat dipraktikkan setiap harinya di rumah baik sebelum, ketika atau bahkan sesudah beraktivitas. Ada cara lain untuk mengurangi minyak berlebih, namun dengan ramuan yang dibuat dari bahan-bahan alami. Coba lebih dulu beberapa cara terbaik dalam mengurangi minyak di wajah di atas.

 

Nah, setelah membaca artikel ini, sudah tidak perlu lagi khawatir akan minyak berlebih karena cara-cara yang dibagikan di sini bisa langsung dicoba dan dipraktekkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website