SHARE

Kulit kering selalu ada penyebabnya, entah kulit berjenis normal menjadi kering atau kulit yang sudah kering menjadi tambah kering; tetapi selalu ada cara mengatasi semua itu. Untuk tahu cara penanganan yang tepat, Anda perlu mengecek penyebab dari kulit kering lebih dulu.

kulit kering

Penyebab-penyebab Terjadinya Kulit Kering, serta Cara Penanganan yang Benar

Kulit kering memang sering jadi masalah beberapa orang. Apa kira-kira penyebabnya dan bagaimana mengatasi kulit yang kering berdasarkan penyebabnya? Ini jawabannya:

Perubahan Musim

Musim dingin bisa jadi penyebab utama kulit menjadi kering, tapi hal ini tentu berlaku jika Anda tinggal di luar negeri yang ada musim dinginnya. Sedangkan untuk orang-orang yang tinggal di daerah tropis, biasanya musim kemaraulah yang menjadikan kulit berubah kering. Musim kemarau adalah masa yang cukup kering dan hal ini bisa juga berdampak bagi kulit. Solusinya, bagi yang tinggal di luar negeri dan merasakan musim dingin, solusi yang baik adalah dengan menginstal humidifier supaya udara tetap lembab; pastikan bahwa suhunya pun bisa membuat nyaman. Jangan lupa juga untuk selalu mengenakan sarung tangan, syal, serta pelembab bibir. Untuk yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia, cukup dengan menggunakan lotion dua kali sehari setiap hari, kulit akan terjaga kelembabannya.

Penuaan Kulit

Kulit pasti mengalami penuaan karena pada dasarnya tingkat hormon berubah seiring berjalannya waktu sehingga menyebabkan kulit semakin kering dan tipis. Kerutan-kerutan yang mulai muncul di wajah mungkin yang paling mengkhawatirkan. Oleh karena itu, kulit bisa mendapatkan perawatan yang benar mulai dari sekarang. Penuaan yang terjadi pada kulit bisa diminimalisasi dengan mulai membeli dan menggunakan produk kecantikan, seperti masker dan krim bodi. Retinol dan asam alpha-hydroxy adalah bahan-bahan yang bisa diandalkan dalam sebuah produk perawatan kulit kering untuk meminimalisasi kerutan-kerutan pada kulit.

Hilangnya Kelembaban Alami Kulit

kulit keringHilangnya kelembaban yang diberikan ketika mandi shower juga merupakan salah satu penyebab keringnya kulit. Kulit akan penuh dengan kelembaban ketika mandi tapi kelembaban akan hilang ketika Anda mengusapnya dengan handuk hingga kering.

Setelah mandi, biarkan kelembaban itu tetap tinggal lebih lama di kulit dengan mengeringkan tubuh tapi tidak secara total; biarkan beberapa bagian tetap lembab. Selain itu, akan jauh lebih baik kalau menggunakan lotion yang mengandung bahan-bahan untuk mengatasi kulit kering seperti petroleum jelly, dimethicone, asam laktat dan urea. Pilih produk lotion dengan cermat dengan mengecek bagian label yang menuliskan kandungan bahan-bahan tersebut di dalamnya. Sedangkan untuk bagian wajah, pilihlah krim atau lotion khusus untuk wajah yang tidak menimbulkan komedo dan juga bekerja sebagai tabir surya dengan SPF.

Apabila Anda ingin membuat handbody lotion sendiri menggunakan bahan alami, ikuti panduan cara meracik lotion pada artikel sebelumnya. Bahan yang digunakan untuk membuat lotion tersebut semuanya alami, tanpa bahan kimia.

Masalah Scrub

Scrub, entah dalam bentuk pembersih wajah atau spon, tidak cukup baik untuk merawat kulit yang kering meski banyak orang beranggapan bahwa scrub akan membersihkan wajah dan kulit dengan baik. Justru sebaliknya, kulit akan menjadi semakin kering. Oleh sebab itu, bersihkanlah wajah atau kulit Anda dengan pembersih wajah tanpa scrub dan sebaiknya menjauhi spons scrub yang kasar sehingga kulit tetap aman dan tidak menjadi kering atau lecet. Daripada menggunakan spons scrub, gunakan lap mandi yang halus atau cukup dengan tangan kosong saja.

Bahan Alami Apa yang Bisa Digunakan untuk Mengobati Kulit Kering?

Untuk mengatasi dan mengobati kulit kering, harus dilakukan perawatan berkala, baik melalui perawatan medis maupun perawatan menggunakan bahan alami. Berikut ini sejumlah bahan alami untuk mengatasi kulit kering yang bisa Anda gunakan:

Minyak Zaitun atau Olive Oil.

manfaat minyak zaitunMinyak zaitun atau olive oil adalah bahan alami yang paling sering digunakan untuk perawatan kulit. Khasiatnya antara lain untuk menghaluskan kulit, serta dapat mengunci kelembaban kulit. Minyak zaitun banyak mengandung vitamin E alami, yang sangat berguna untuk menutrisi kulit. Minyak zaitun sangat baik digunakan pada malam hari, yaitu sebagai pengganti krim malam sebelum tidur.

Minyak Alpukat.

Jenis minyak lainnya yang juga sangat baik untuk kulit kering adalah minyak alpukat. Minyak ini dibuat dari buah alpukat yang diproses dengan cara tertentu. Minyak alpukat mengandung sejumlah lemak yang dapat membuat kulit lebih elastis, lembab, dan kencang. Meski jenis minyak ini belum banyak dikenal, cara membuatnya juga cukup mudah. Baca mengenai khasiat dan cara membuat minyak alpukat ini pada artikel sebelumnya.

Buah Alpukat.

Apabila tidak punya cukup waktu untuk membuat minyak alpukat, menggunakan buah alpukat secara langsung juga bisa dijadikan alternatif untuk merawat kulit kering. Untuk mendapatkan khasiatnya, buah alpukat bisa dijadikan masker alpukat yang langsung diaplikasikan di wajah. Cara membuatnya juga sudah dibahas sebelumnya pada artikel cara membuat masker alpukat.

Kesimpulan

Ada banyak faktor yang bisa diketahui di sini yang bisa menyebabkan kulit kering. Namun, kabar baiknya, ada solusi yang bisa dicoba untuk menormalkan atau melembabkan kulit kering, antara lain dengan menggunakan sejumlah bahan alami dan organik. Jika memang kulit semakin kering dan terjadi iritasi yang tidak biasa dalam waktu lama, segera hubungi dokter untuk penanganan yang lebih serius.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here