BerbagiSolusi.com – Kesehatan adalah salah satu hal yang paling penting dalam hidup kita. Tapi apa yang terjadi jika kesehatan anda terganggu karena tingkat kolesterol anda tinggi? Apalagi ditambah dengan perayaan-perayaan yang menyediakan makanan-makanan yang memicu meningkatnya kolesterol anda? Hal-hal itu pasti akan  sangat mengkhawatirkan dan mengganggu kesehatan anda karena memicu penyakit seperti komplikasi nyeri dada, stroke dan serangan jantung.

Oleh karena itu, bagi anda yang mempunyai kolesterol tinggi harus menjaga pola makan nih. Mau tahu apa saja makanan yang dapat menurunkan kolesterol tinggi anda. Simak informasinya ya.

10 Makanan Penurun Kolesterol Jahat dalam Tubuh

Oatmeal

Salah satu makanan yang dapat menurunkan kolesterol adalah dengan mengkonsumsi oatmeal secara rutin setiap hari. Serat yang terdapat pada oatmeal dapat menurunkan kadar LDL dan megurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah anda. Serta, dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga dapat mencegah anda mengkonsumsi makanan yang berlebihan apalagi makanan yang banyak mengandung kolesterol.

Almond

Salah satu makanan yang dapat menurunkan kolesterol adalah almond. Kacang ini mengandung lemak jenuh dan tidak jenuh ganda serta serat yang mampu meningkatkan kolesterol baik atau biasa disebut HDL dan menurunkan kolesterol buruk atau biasa disebut LDL. Oleh karena, anda yang memiliki kolesterol tinggi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi almond secara rutin.

Jus jeruk

Jus jeruk ternyata dapat juga lo untuk menurunkan kolesterol anda. Kandungan vitamin C, flavanoid dan polat dapat meningkatkan lipid darah anda sehingga sangaat baik untuk kesehatan anda. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi 2 atau 3 cangkir jus jeruk setiap hari atau mengkonsumsi buah jeruk secara langsung.

Salmon

Ikan salmon adalah salah  satu makanan  yang bisa dijadikan solusi untuk menurunkan kolesterol tinggi anda. Kandungan omega-3 pada ikan ini yang disebut EPA dan HDA  dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan trigleserida atau kita kenal sebagai kolesterol buruk. Sehingga dapat menguragi resiko penyakit jantung. Caraanya dengan mengkonsumsi ikan salmon sebanyak 2 porsi selama seminggu.

Kedelai dan produk kedelai

Kedelai ataau produk kedelai sangat baik untuk menurunkan kandungan kolesterol anda. Kandungan lemak tak jenuh ganda, protein lengkap, serat, vitamin dan mineral mampu menurunkan kolesterol jahat atau LDL pada tubuh anda secara bertahap. Caranya adalah dengan mengkonsumsikedelai atau produk kedelai secara rutin.

Teh hijau

Teh hijau mengandung senyawa yang dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL pada tubuh anda sehingga sangat cocok bagi anda yang mempunyai kolestero tinggi. Selain itu, teh hijau ini berfungsi juga untuk mengurangi dan menghilangkan flak yang ada di pembuluh arteri sehingga dapat memperlancar aliran darah dan mencegah penyakit jantung dan stroke.

Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Kandungan lemak tak jenuh pada minyak zaitun ini dapat menurunkan kadar LDL pada darah. Serta, kandungan vitamin Enya dapat dijadikan sebagai antioksidan sehingga dapat membersihkan racun pada tubuh anda. Caranya dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin.

Alpukat

Buah alpukat adalah buah yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol anda. Kandungan lemak tak jenuh tunggal pada buah ini dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) pada tubuh anda sekaligus dapat menurunkan kolesterol buruk atau LDL. Selain itu, buah alpukat juga mengandung sterol yaitu zat yang dapat menurunkan kolesterol. Sehingga sangat cocok bagi anda yang memiliki kolesterol tinggi.

Bawang putih

Ternyata bawang putih juga dapat digunakan lo untuk menurunkan kadar kolesterol. Caranya juga mudah yaitu dengan mengkonsumsi bawang putih sebanyak 2 sampai 3 siung setiap hari saat perut kosong.

Dark chocolate

Dark chocolate juga sangat baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL  pada tubuh anda. Selain itu, kandungan antioksidan pada dark chocolate ini juga dapat mencegah arteri tersumbat sehigga aliran darah tetap lancar. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi 2 sampai 3 potong dark chocolate setiap hari.

***

Nah, itulah 10 makanan yang dapat mengurangi kolesterol pada tubuh anda. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa tinggalkan komentar, dan membaca artikel lainnya pada topik Kesehatan di BerbagiSolusi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website