SHARE

Bagi wanita, kehamilan adalah saat yang paling membahagiakan. Walaupun berat 9 bulan 10 hari masa menunggu kelahiran sang buah hati adalah momen yang menyenangkan. Selama kurun waktu tersebut, ibu hamil pasti akan berhati-hati dalam segala hal termasuk makanan yang dikomsumsi. Apabila ibu hamil mengkomsumsi makanan dengan asupan nutrisi yang cukup makan bayi yang dikandung akan berkembang dengan baik dan sehat. Pun sebaliknya apabila ibu hamil mengkomsumsi makanan yang tidak sehat, kemungkinan besar janin yang dikandung tidak akan sehat. Makanya diperlukan kehati-hatian saat menjalani proses kehamilan.

BerbagiSolusi.Com akan berbagi informasi tentang makanan apa saja yang dianjurkan untuk ibu hamil selama proses kehamilannya. Karena pertumbuhan janin berasal dari semua makanan ibu hamil yang bergizi dan berdampak baik bagi janin. Jika ibu menderita kekurangan gizi, hal ini akan diteruskan kepada anak. Kekurangan gizi dini dapat menyebabkan sejumlah masalah perkembangan pada anak anak. Mari kita simak apa saja makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil. Ini dia!

makanan untuk ibu hamil

MAKANAN YANG DIANJURKAN UNTUK IBU HAMIL

KACANG

Kacang sangat dianjurkan dikomsumsi oleh ibu hamil karena kacang  dapat memenuhi kebutuhan serat dan protein pada ibu hamil. Serat dari jenis kacang-kacangan ini menghindarkan dari gangguan sembelit dan wasir. Mengkonsumsi jenis kacang-kacangan terutama menjadi sumber yang baik dari besi, seng, folat, dan kalsium.

TELUR

Telur juga dianjurkan untuk komsumsi makanan sehat ibu hamil. Karena telur memiliki peranan yang penting bagi janin yang ada dalam kandungan. Terdapat sekitar 90 kalori, 12 vitamin dan mineral yang terkandung dari telur. Selain itu telur juga mempunyai kandungan protein yang sangat banyak serta kaya akan kolin yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan kesehatan otak bayi nantinya. Karena tanpa kandungan tersebut akan timbul kemungkinan cacat tabung saraf pada bayi, oleh karena itu sebagai ibu sedang hamil atau mengandung untuk senantiasa melakukan pencegahan dan salah satunya adalah dengan mengkonsumsi telur. Banyak di antara ibu-ibu hamil kurang memperhatikan hal ini padahal telur merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil.

IKAN SALMON

Ikan salmon adalah bagian makanan yang juga dianjurkan untuk ibu hamil. Karena ikan salmon  kandungan proteinnya berkualitas. Meski sebagian ibu hamil kurang suka dengan makanan yang berbau ikan, selain karena baunya yang amis mungkin juga karena jumlah mercury yang cukup tinggi. Jumlah mercury yang tinggi kurang baik bagi ibu hamil karena dapat membahayakan proses system saraf. Beda halnya dengan ikan salmon yang memiliki mercury yang sangat rendah jika dibandingkan dengan ikan lainnya. Dan ini sangat cocok dikonsumsi bagi ibu hamil, tapi untuk mengkonsumsinya jangan terlalu berlebih demi mengurangi dampak dari mercury tersebut. Cukup mengkonsumsi  tidak lebih dari 12 ons tiap minggu.

SAYUR DAN BUAH-BUAHAN

Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral. Untuk itu, ibu hamil sangat dianjurkan mengKonsumsi sayur dan buah-buahan. Namun juga tidak terlalu berlebihan. Sebagai contoh sayuran dan buah-buahan yang baik untuk ibu hamil adalah bayam, daun pepaya, daun katuk, apel, jeruk dan lain-lain.

UBI JALAR

Ubi jalar mengandung karoteind dan pigmen tanaman yang akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh kita, selain itu ubi jalar juga memiliki kandungan serat, asam folat, dan vitamin C yang juga baik untuk tubuh kita dan perkembangan bayi di dalam perut.

DAGING

Makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah daging, tapi daging yang tanpa lemak. Daging tanpa lemak ini tentu bisa  didapatkan dengan memisahkannya dengan lemak yang menempel pada daging.

Nah demikian informasi tentang makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil. Semoga artikelnya bermanfaat dan berguna terutama yang sedang menjalani proses kehamilan. Selalu perhatikan asupan nutrisi untuk kesehatan ibu dan janin. Semoga kehamilan Anda berjalan lancar dan lebih sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here