SHARE

diet untuk ibu hamilKehamilan merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan. karena, sebentar lagi mereka akan menjadi seorang ayah dan ibu bagi si  buah hati. Kehamilan dipengaruhi oleh  kesehatan ibu yang secara langsung  berpengaruh terhadap kesehatan si bayi. Oleh karena itu, kesehatan calon ibu tentunya harus dijaga.

Kehamilan ditandai dengan perubahan hormonal sehingga calon ibu sering sekali mengidam makanan. Namun, calon ibu harus tetap memperhatikan apa saja makanan yang boleh  dikonsumsi dan makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi serta tidak lupa memperhatikan saran dari dokter. Hal ini dimaksudkan agar sang buah hati tetap sehat  selama  kehamilan.

Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil, dan Harus Dihindari

Nah, mau tahu apa saja makanan yang harus dihindari selama kehamilan oleh calon ibu. Simak informasinya berikut ini:

Telur mentah dan setengah matang

Makanan yang harus dihindari bagi calon ibu selama kehamilan adalah telur mentah atau telur setengah matang. Hal ini dikarenakan adanya salmonella pada telur mentah yang menyebabkan calon ibu muntah dan diare yang berpengaruh langsung terhadap kesehatan bayi dalam kandungan.

Karena itu, usahakan agar si calon ibu memakan telur yang sudah matang dan jangan lupa untuk tetap mencuci tangan setelah memegang telur karena dikhawatirkan calon ibu akan terinfeksi salmonell dari telur melalui kulit.

Selain itu, calon ibu juga harus menghindari makanan yang berbahan dasar telur mentah seperti mayonnaise, dan lain-lain,

Alkohol

Alkohol adalah minuman yang harus dihindari selama kehamilan. Alkohol sangat membahayakan kesehatan calon bayi karena meningkatkan risiko sindrom yang ada pada janin, keguguran serta gangguan perkembangan.

Kopi

Ternyata minuman yang harus dihindari saat kehamilan salah satunya adalah kopi. Kandungan kafein yang berlebihan pada kopi ini  sangat beresiko pada bayi yang ada dalam kandungan karena menyebabkan meningkatnya detak jantung si bayi, penurunan berat bayi, dan yang paling parah bisa menyebabkan keguguran.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk menjauhi minuman yang mengandung banyak kafein seperti teh hijau, minuman berenergi, minuman ringan, dll.

Ikan tinggi merkuri

Makanan yang harus dihindari selama kehamilan selanjutnyaadalah ikan tinggi merkuri. Kandungan merkuri pada ikan dapat menyebabkan kerusakan  perkembangan normal otak anak dan sistem syaraf.

Ikan yang tinggi merkuri diantaranya adalah  ikan todak, marlin, hiu, mackerel, dll.

Daging olahan kurang matang

Daging olahan yang kurang matang dapat membahayakan perkembangan bayi dalam kandungan calon ibu. Daging olahan yang kurang matang mengandung parasit yang membahayakan bayi yang belum lahir. Oleh karena itu, bagi calon ibu harus menghindari makanan daging olahan yang tidak matang atau kurang matang.

Papaya muda

Selama kehamilan, calon ibu harus menghindari makanan papaya muda. Kandungan abortifacient pada papaya ini dapat menyebabkan keguguran serta kandungan lateksnya dapat memicu konstraksi rahim yang sangat membahayakan bagi calon ibu dan bayi.

Keju lembut

Keju lembut juga harus dihindari oleh calon ibu selama kehamilan. Karena banyak sekali keju lembut di pasaran yang terbuat dari susu yang tidak dipasteurisasi. Susu yang tidak dipasteurisasi ini mengandung bakteri listeria yang dapat mengakibatkan keguguran, bayi lahir mati, kelahiran bayi premature dan sakit parah pada bayi baru lahir.

Kecambah mentah

Makanan yang harus dihindari saat kehamilan adalah kecambah mentah. Kecambah mentah ternyata mengandung bakteri-bakteri yang berbahaya seperti bakteri salmonella, listeria dan E.coli yang menyebabkan calon ibu mengalami keracunan makanan dan berdampak laangsung pada bayi.

Nah, itulah 8 makanan yang harus dihindari  si calon ibu selama kehamilan. Apabila calon ibu sehat tentunya sang calon buah hati juga ikut sehat.

Selamat melanjutkan aktivitas Anda kembali. Baca pula, artikel lainnya pada topik kesehatan kehamilan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here