SHARE

Bawang putih merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang sering kita jumpai dalam bentuk irisan tipis-tipis yang sudah digoreng, digunakan untuk campuran dalam soto, bakso, kacang goreng, nasi kuning, abon, dan lain sebagainya. Orang Eropa dan Amerika mengkonsumsinya dalam bentuk acar bawang putih yang sudah dimasukkan ke dalam botol. Lain pula halnya dengan orang Thailand. Mereka gemar sekali makan bawang putih mentah, seperti kalau kita makan kacang karena dapat mencegah masuk angin dan terbebas dari gigitan nyamuk. Tetapi, mengkonsumsi bawang putih juga dapat menyebabkan bau keringat menjadi tajam dan kurang sedap.

Namun demikian, bawang putih mempunyai khasiat yang banyak dan luar biasa. Bawang putih telah beberapa abad dipakai orang sebagai obat demam, batuk, bronkitis, dan kerongkongan. Oleh sebab itu, jangan heran apabila di toko-toko obat, apotik, dan supermarket banyak dijual minyak bawang putih.

Manfaat Bawang Putih

manfaat bawang putih

Bawang Putih untuk Atasi Aliran Darah yang Tersumbat

Bawang putih dianggap sanggup membuka saluran darah yang tersumbat. Berarti, bawang putih sanggup menurunkan tekanan darah tinggi yang disebabkan penyumbatan saluran darah. Begitu pula penyakit-penyakit lain dengan penyebab yang sama pada tingkat tertentu.

Bawang Putih mengandung Antibiotik

Bawang putih mengandung antibiotik yang kuat. Antibiotik adalah suatu zat yang dapat membunuh kuman dan bakteri. Setidak-tidaknya membuat kuman dan bakteri menjadi sangat lemah sehingga tidak berbahaya lagi bagi tubuh. Oleh karena itu, bawang putih baik sekali untuk mencegah dan menyembuhkan berbagai macam infeksi, baik di bagian luar maupun di bagian dalam tubuh manusia.

Bawang Putih untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Orang yang sakit encok dapat diobati dengan menggerus 2 siung bawang putih dan campurkanlah dengan 1 sendok teh madu murni kemudian minum selama 3 atau 4 hari berturut-turut. Bawang putih juga membantu penyembuhan gangguan ginjal dan kandung kemih. Sedangkan untuk menyembuhkan sakit kepala dan tekanan darah tinggi, bawang putih dicampur dengan susu. Selain itu, bawang putih juga bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi usus maupun hati

Adakalanya bawang putih berbentuk bulat dan hanya terdiri atas satu siung. Bawang yang demikian biasanya disebut bawang lanang (bahasa jawa). Bawang ini dipercaya lebih berkhasiat penggunaannya sebagai obat maupun campuran obat. Jangan lupa selalu sedia bawang putih di rumah yaa sist!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here