SHARE

Beras merah tentunya sudah tidak asing di telinga kita. Meskipun beras merah kalah populer dari beras putih. Seperti kita ketahui, beras di Indonesia adalah makanan pokok sehari-hari. Bahkan ada ungkapan yang mengatakan “belum makan namanya kalau belum ketemu nasi”. Sebagian besar masyarakat lebih memilih beras putih untuk dikomsumsi dibanding beras merah. Sebagian orang enggan mengkomsumsi beras merah karena nasinya padat sehingga terasa seret di tenggorokan. Selain itu harga beras merah lebih tinggi dibanding beras putih. Padahal banyak manfaat dan kelebihan yang terkandung dalam sebutir beras merah.

Beras merah adalah beras yang belum mengalami proses penggilingan sehingga lapisan kulitnya masih menutupi bijirin beras yang mengandung serat dan nutrisi yang penting bagi tubuh. Sedangkan beras putih mengalami proses penggilingan dan sudah dikuliti sehingga hanya tersisa bijirinnya. Oleh karena itu beras putih tidak memiliki lagi serat dan bisa meningkatkan kadar gula. Selain itu beras merah memiliki kandungan vitamin B1, B6 dan B12 yang tinggi. Vitamin B merupakan kunci untuk pembentukan energi bagi tubuh. Beras merah juga mengandung berbagai zat seperti fenolat yang merupakan antioksidan, selenium dll.

Manfaat Beras Merah untuk Kesehatan Tubuh.

Berikut ini berbagisolusi.com akan berbagi informasi beberapa manfaat beras merah yang baik untuk tubuh kita :

  • Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat mengatasi gangguan pencernaan, sembelit, perut kembung, serta menurunkan kadar kolesterol darah.
  • Beras merah adalah sumber yang baik untuk zat besi. Zat besi membantu tubuh untuk menghasilkan energi dari makanan yang telah dikomsumsi. Zat besi juga merupakan komponen penting dari enzim dan atioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas yang biasanya terbentuk selama proses produksi energi.
  • Beras merah kaya akan zinc yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sistem imun berfungsi dengan baik. Selain itu zinc juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang bersifat merusak sel-sel dan jaringan tubuh.
  • Beras merah mampu meningkatkan stamina, memperkuat tubuh dan mengatasi cepat lelah.
  • Beras merah memiliki kandungan vitamin B yang tinggi yang bermanfaat untuk mencegah penyakit beri-beri, sakit pinggang, reumatik dan kesemutan.
  • Beras merah juga mempunyai manfaat untuk membuat kulit lebih halus serta mengatasi alergi.
  • Vitamin b6 yang terkandung pada beras merah berfungsi untuk membantu menjaga keseimbangan dari pembentukan hormon serotonin atau hormon pengatur mood sel darah merah dan produksi sel-sel DNA

Nah itulah beberapa manfaat dari beras merah. Untuk itu disarankan agar bisa mengkomsumsi beras merah untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Semoga artikelnya bermanfaat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here