manfaat buah kiwi

buah kiwi nutrisi

Buah kiwi tentunya tidak asing lagi, meskipun belakangan ini baru populer di Indonesia. Buah yang bentuknya bulat lonjong, berwarna cokelat dengan bulu-bulu halus pada kulit buahnya. Rasanya agak asam manis. Daging buahnya berwarna hijau dengan biji-biji hitam kecil. Tapi, di balik warna dan tampilannya itu, siapa sangka buah kiwi memiliki banyak manfaat,terutama untuk kesehatan. Buah kiwi adalah sejenis buah beri yang berasal dari Cina yang awalnya bernama Gosberi Cina, sebelum akhirnya berubah menjadi kiwi pada tahun 1950, adapun nama kiwi diambil dari nama seekor burung yang tidak bisa terbang di Selandia Baru. Jenis buah ini kemudian dikembangkan di Selandia Baru hingga akhirnya Selandia Baru terkenal sebagai negara penghasil kiwi terbesar di dunia.

Sampai saat ini sudah terdapat sekitar 10 jenis buah kiwi yang ditanam hampir di seluruh dunia termasuk di Amerika Serikat, Perancis, Italia, Spanyol, Chili, Australia, Afrika Selatan dan Rusia. Ada lebih dari 30 nutrisi yang terkandung dalam buah ini. Buah kiwi mengandung vitamin dan serat yang tinggi sehingga bisa memperlancar saluran pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga mencegah lingkar pinggang membesar. Vitamin C yang terkandung dalam buah kiwi ini bersifat sebagai antioksidan dan mampu membantu mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi. Buah Kiwi juga mengandung actinidin, enzim alami yang dapat mengatasi sembelit. Asam askobin-nya melindungi tubuh dari demam dan nyeri persendian. dilakukan membuktikan, buah kiwi menyediakan gizi paling banyak dengan kalori paling sedikit jika dibandingkan dengan jeruk, pisang dan apel.

Nah pada artikel kali ini berbagisolusi.com akan berbagi informasi tentang manfaat buah kiwi untuk kesehatan tubuh kita. Ini dia manfaat-manfaat dari buah kiwi :

MANFAAT BUAH KIWI UNTUK KESEHATAN

Manfaat Kiwi untuk Mencegah asma

Kiwi juga diketahui dapat melindungi anak-anak dari gejala kesehatan pernapasan seperti asma,  mengi dan batuk, dengan cara meningkatkan kesehatan fungsi paru-paru dengan baik. Karena memiliki beberapa vitamin yang mampu mencegah penyakit asma seperti vitamin C, vitamin B6, dan vitamin E.

Manfaat Kiwi untuk Mengobati Gejala Impotensi

Kiwi merupakan sumber asam amino arginin dan glutamat. Arginin merupakan asam amino yang bersifat vasodilator (penurun tekanan darah) dan membantu meningkatkan aliran darah. Sebagai vasodilator, arginin juga digunakan untuk mengobati gejala impotensi ringan. Kiwi juga mengandung mineral essensial, seperti kalium, kalsium, magnesium, seng, tembaga, mangan dan fosfor. Kandungan mineral kalium dalam kiwi bisa mencapai 5.4 mg/kalori. Kalium ini berfungsi menjaga fungsi gerak refleks sistem saraf dan menjaga fungsi otot.

Manfaat Kiwi Baik untuk Ibu Hamil

Buah Kiwi kaya dengan asam folat yang baik untuk ibu hamil untuk mencegah cacat lahir pada otak atau saraf tulang belakang. Buah Kiwi juga dapat membantu mengatasi kekurangan zat besi pada wanita yang bisa berdampak pada terganggunya produktivitas, perkembangan dan fungsi kognitif, resiko kehamilan dan sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Kiwi untuk Kesehatan mata

Kiwi mengandung lutein dan beta karoten yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Manfaat Kiwi untuk Menangkal Radikal Bebas

Kiwi sangat kaya kandungan antioksidan. Kandungan polifenol, karotenoid, dan enzim-enzim lain membentuk antioksidan yang akan menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Hasilnya, tubuh lebih sehat dan dapat terhindar dari banyak penyakit.

Manfaat Kiwi untuk Mencegah Penyakit Jantung dan hipertensi

Kandungan mineral kalium dalam kiwi berperan sebagai penurun tekanan darah tinggi. Sedangkan mineral magnesium dalam kiwi mampu mencegah serangan jantung dan menjaga kesehatan jantung. Kiwi juga dapat membantu mengurangi risiko penggumpalan darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Mengontrol kolesterol dan kadar gula dalam darah serta mencegah hipertensi. Mengkomsumsi 1 buah kiwi sehari akan menambahkan asam plasma askorbic yang dipercaya dapat membantu mengurangkan 33% resiko terkena penyakit saluran darah.
Demikian artikel tentang manfaat kiwi untuk kesehatan tubuh kita, semoga bermanfaat yah.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website