Siapa yang tidak kenal dengan buah manggis? Buah bulat yang berwarna merah keunguan ketika matang. Selain rasanya yang enak, buah yang satu ini memang terkenal sekali akan manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan. Kandungan manfaat pada buah manggis terdapat hampir di seluruh buah, mulai dari kulit, daging buah, hingga bijinya. Daging buah manggis bertekstur lembut, putih, dan halus. Rasa buah yang manis tersebut tersembunyi di balik kulit buah yang tebal. Selain daging buahnya yang manis di lidah, buah manggis juga dikenal karena manfaat kulit buahnya. Jadi secara keseluruhan manggis sangat berguna baik dari isinya hingga kulitnya. Maka tak heran jika buah tersebut di juluki sebagai ratunya buah.

Manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia. Pada kulit manggis terdapat kandungan antioksidannya yang tinggi, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Xanthone adalah kandungan utama dalam kulit manggis merupakan salah satu jenis antioksidan terkuat untuk kesehatan kulit dan tubuh, serta melawan penyakit-penyakit degeneratif. Sifat kimia dari permukaan bawah kulit manggis terdiri dari berbagai polifenol dan tanin yang menjamin astringent dapat menghambat perhatian serangga, jamur, virus tanaman, bakteri dan pemangsa hewan, pada saat buah belum matang. Perubahan warna dan pelunakan kulit menjadi proses alami yang menunjukkan pematangan buah dapat dimakan dan benih telah selesai berkembang.

buah manggis dan manfaatnya

Dalam artikel kali ini berbagisolusi.com akan berbagi informasi tentang manfaat dan khasiat yang terkandung pada buah manggis. Simak yah!

Berbagai Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan.

Berikut ini adalah berbagai manfaat yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi buah manggis:

  • Manfaat Manggis untuk Mencegah Penyakit Batu Ginjal.
    Jika mempunyai riwayat penyakit batu ginjal, maka solusinya adalah komsumsi buah manggis secara teratur sebanyak 3 ons atau lebih. Efeknya akan lebih sering buang air kecil tetapi hasilnya penyakit batu ginjal akan hilang sedikit demi sedikit.
  • Manfaat Manggis untuk Menyembuhkan Penyakit Asma.
    Kandungan yang ada pada buah manggis memiliki sifat yang bisa melawan infeksi dan dapat mengurangi gejala alergis, maka penyakit asma akan teratsi dengan buah manggis ini.
  • Manfaat Manggis untuk Penyakit Kanker.
    Sebuah penelitian menemukan bahwa manggis mempunyai kandungan ekstrak yang dapat mencegah tumbuhnya sel-sel pada penderita leukimia. Selain itu ekstrak tersebut juga bisa menghambat perkembangan sel pada kanker hati, kanker paru-paru, serta kanker usus.
  • Manfaat Manggis untuk Melawan Radikal Bebas.
    Kandungan catecints yang ada pada buah manggis sangat efektif untuk melawan radikal bebas yang menyerang tubuh kita.
  • Manfaat Manggis untuk Mencegah Penyakit Jantung.
    Kandungan antioksidan dan antimikorbial yang ada pada buah manggis sangat bermanfaat untuk mengembalikan elastisitas pembuluh darah.
  • Manfaat Manggis untuk Kadar Kolesterol Jahat.
    Pembuluh darah akan menyempit jika kolesterol jahat yang berlebihan menempel pada dinding pembuluh darah. Kandungan xanthones yang ada pada buah manggis bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat yang ada pada tubuh kita.

Itulah beberapa manfaat dan khasiat yang terkandung pada buah manggis untuk kesehatan tubuh kita.

Semoga artikelnya bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita. Selamat mencoba. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website