SHARE

BerbagiSolusi.com – Buah nanas memiliki tekstur yang kasar dan berwarna kuning segar. Namun begitu, buah ini menjadi favorit banyak orang. Perlu diketahui juga bahwa buah nanas mempunyai berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah ini berasal dari Bolivia, Paraguay, dan Brasil. Sedangkan di Indonesia, nanas banyak dihasilkan di daerah Lampung.

Khasiat Buah Nanas untuk Kulit

Di balik rasanya yang lezat dan segar buah ini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ulasannya.

Gula darah meningkat

Buah ini memiliki rasa yang manis, yang artinya mempunyai kadar gula yang tinggi. Tentu karena kandungannya, buah nanas dapat dijadikan sebagai penolong untuk para penderita darah rendah (anemia).

Mengobati sembelit

Sembelit terjadi karena Anda kekurangan makanan berserat. Untuk mengobatinya Anda harus mengonsumsi banyak buah-buahan yang mengandung serat tinggi. Anda bisa memilih buah nanas untuk menyembuhkan sembelit. Buah ini bisa dinikmati dengan menjadikan jus atau langsung dimakan. Sebaiknya Anda memilih buah nanas yang agak asam atau tidak terlalu matang. Cara mengobatinya adalah dengan mengonsumsi secara rutin perasan buah nanas.

Membantu lambung

Buah nanas mengandung enzim bromelain yang sangat membantu kerja lambung. Karena enzim dapat melunakan makanan di lambung. Tak hanya itu, enzim bromelain juga dapat bermanfaat untuk anti kanker dan anti radang.

Menyehatkan gigi

Buah ini memliki kandungan vitamin yang sangat baik bagi tubuh. Gigi juga sangat terbantu dalam menjaga kesehatan karena kandungan vitamin C dalam buah nanas. Vitamin ini mencegah adanya penyakit gusi dan plak pada gigi.

Menghilangkan kembung

Apabila terlalu banyak mengonsumsi air, pasti perut akan terasa kembung. Kembung menyebabkan rasa tidak nyaman sehingga menggangu aktifitas. Namun Anda tidak usah khawatir karena ini dapat diatasi dengan buah nanas. Anda cukup mengonsumsi jus nanas murni setengah jam sebelum makan. Minumlah 3 kali dalam 1 hari, dengan sekali minum sebanyak 150 cc.

Menjaga anti bodi

Buah nanas mengandung asam amino esensial dan non-esensial. Kandungan tersebut dapat membantu kita dalam menjaga kekebalan tubuh.

Mengurangi radang kulit

Bagi Anda yang mengalami kulit mengelupas atau bersisik, gunakanlah buah ini untuk mengatasinya. Cara penggunaanya adalah parut ½ bagian nanas yang telah matang kemudian gosok pada bagian kulit yang mengelupas atau bersisik. Lakukan hal tersebut sebelum tidur dan biarkan sampai esok hari.

Mengatasi ketombe

Ketombe pada kepala dapat menyebabkan rasa gatal yang berkepanjangan. Tentu ini akan menggangu penampilan dan aktifitas. Namun tidak perlu khawatir, karena buah nanas dapat dimanfaatkan untuk mengatasinya. Caranya ialah memarut ¼ bagian buah nanas yang telah dikupas dan dalam keadaan matang.

Setelah itu, peras hasil parutan kemudian saringlah. Tak lupa untuk menambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis kemudian aduk sampai rata. Oleskan pada kulit kepada yang berketombe sebelum tidur dan diamkan sampai besok. Setalah bangun, Anda harus keramas sampai bersih. Lakukan hal itu 2 sampai 3 kali dalam seminggu dan ketombe Anda akan hilang.

Demikianlah berbagai manfaat yang bisa anda rasakan dari mengkonsumsi buah nanas. Buah yang manis ini bisa dikonsumsi secara langsung, dibuat jus atau produk makanan lain dan bisa juga digunakan langsung untuk perawatan tubuh. Kelebihan dari buah ini selain rasa manis adalah dapat ditemukan dimanapun, hampir setiap tempat di Indonesia bisa ditanami buah nanas. Namun sayangnya hanya pada musim-musim tertentu saja nanas ini bisa berbuah. Pastikan anda mengkonsumsi buah nanas dengan kualitas terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here