Pepaya, tentunya merupakan buah yang sudah tidak lagi asing bagi kita. Selain rasanya yang enak, buah pepaya juga sangat mudah ditemukan di mana saja dan kapan saja. Karena buah pepaya tidak mengenal musim sehingga bisa terus tumbuh sepanjang masa. Ternyata buah pepaya mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Kandungan gizi dalam buah pepaya berkhasiat untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh dan bisa berperan sebagai obat untuk mengatasi gangguan-gangguan pada organ tubuh.

Manfaat buah pepaya sudah banyak orang mengetahuinya, tak hanya buahnya saja yang dimanfaatkan tetapi juga daunnya. Hampir semua bagian pepaya mempunyai nilai medis yang tinggi seperti daun, bunga, biji, akar, getah dan bahkan kulitnya. Buah pepaya berasal dari Kostarika dan Meksiko dan mempunyai nama latin yang disebut dengan Carica Papaya.

pepaya

Buah pepaya mengandung zat papain. Zat papain mampu membantu tubuh kita untuk mencerna makanan yang memiliki ukuran 35 kali lipat lebih besar dari ukuran pepaya yang kita konsumsi. Selain itu pepaya juga mengandung serat pektin. Serat pektin memiliki kemampuan mampu menghilangkan rasa lapar satu hari penuh. Dari berbagai penelitian yang diadakan, ditemukan hasil bahwa orang yang mengkomsumsi buah mengandung pektin memiliki rasa kenyang empat jam lebih lama daripada orang yang juga mengkomsumsi buah tapi tidak mengandung pektin.

Khasiat Hebat Buah Pepaya untuk Kesehatan.

Nah berikut akan kita ulas manfaat buah pepaya untuk kesehatan:

Mengatasi Gangguan pada Pencernaan.

Buah pepaya sudah dipercaya sejak dulu sebagai obat paling ampuh untuk mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada pencernaan seperti gangguan lambung, susah buang air besar, mengatasi wasir serta membasmi beberapa parasit pada usus yang menganggu proses pencernaan makanan.

Menjaga kesehatan Mata.

Vitamin A yang terkandung dalam buah pepaya berperan penting dalam menjaga kesehatan mata dan melindungi mata dari serangan radikal bebas negatif.

Melindungi tubuh dari serangan jantung dan stroke.

Anti oksidan yang terkandung dalam buah pepaya mempunyai fungsi penting dalam mencegah terjadinya oksidasi kolestrol serta menurunkan resiko serangan jantung dan stroke.

Pepaya memang baik untuk dikomsumsi demi untuk menjaga kesehatan tubuh kita tetapi bagi wanita hamil dilarang untuk mengkomsumsi buah pepaya. Terutama pepaya yang masih muda dan mengkal karena memiliki efek yang dapat menggugurkan kandungan.

Demikian artikel tentang manfaat buah pepaya untuk kesehatan, semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita. Selamat melanjutkan aktivitas.

One thought on “Manfaat Buah Pepaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website