SHARE

Kecil-kecil cabe rawit, meski rasanya pedas tapi selalu dicari untuk menjadi pendamping menu makan kita. Sensasi pedasnya menambah nikmatnya makanan. Cabai sangat digemari dan kerap kali dimanfaatkan sebagai bumbu maupun sambal dalam masakan. Makanan pedas memang bisa memanjakan lidah. Ternyata selain memberikan kenikmatan sebagai pendamping olahan makanan lainnya, cabai pun mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Mengkomsumsi cabai sangat baik untuk kesehatan asalkan tidak berlebihan. Karena jika berlebihan akan menimbulkan penyakit seperti sakit perut dan diare. Oleh karena itu , sebaiknya mengkomsumsinya secukupnya saja. Sesuai dengan takaran dan nilai gizinya yang terkandung di dalam cabai itu sendiri.

Berikut ini berbagisolusi.com akan berbagi informasi tentang manfaat cabai merah untuk kesehatan. Simak yah!

Manfaat Cabai Merah untuk Kesehatan Kita

  • Cabai merah bermanfaat untuk membantu melegakan pernafasan. Rasa panas dan pedas pada cabai akan merangsang sekresi untuk membersihkan hidung yang tersumbat dan sinus. Mengkomsumsi cabai merah akan membersihkan lendir dari hidung dan paru-paru.
  • Cabai merah bermanfaat membuat jantung lebih sehat. Cabai merah telah terbukti menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan menurunkan trigliserida. Selain itu, cabai akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melarutkan fibrin yaitu zat esensial untuk pembentukan pembekuan darah. Sehingga sistem peredaran darah dan jantung menjadi lebih sehat.
  • Cabai merah juga ternyata bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan menangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan yang ada pada cabai merah bermanfaat untuk tubuh. Serta kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah sariawan dan menjaga kulit agar tetap halus dan terawat. Penuaan dini adalah salah satu faktor kurangnya percaya diri, kondisi kulit yang kering akan mempercepat pengerutan sehingga kulit menjadi tidak segar.
  • Cabai merah bermanfaat untuk melawan radang. Zat kapsaisin yang ada pada cabai merah akan menghambat neuropeptida yang bertanggungjawab pada proses peradangan.

Itulah beberapa manfaat dari cabai merah. Tetapi harus diingat, meski cabai merah bermanfaat untuk kesehatan tapi tetap mengkomsumsinya tidak berlebihan. Semoga artikelnya bermanfaat yah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here