BerbagiSolusi.com – Beras selain menjadi bahan makanan pokok, juga berkhasiat untuk memutihkan kulit wajah dan tubuh anda. Beras dipercaya mampu memberikan kelembaban pada kulit terutama untuk daerah wajah dan menutrisinya, karena beras memiliki kandungan squalane oil yang bermanfaat untuk memberi asupan air pada kulit sehingga dapat melembabkan kulit anda serta meningkatkan elastisitas kulit.

KHASIAT MASKER KUNYIT

Untuk produk kecantikan, beras dapat diolah menjadi 2 jenis, yaitu dalam bentuk lulur dan fermentasi. Saat ini banyak sekali produk lulur yang dijual di pasaran, tetapi lulur yang terbuat dari bahan alami yang aman untuk digunakan. Kunyit banyak digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit dan tubuh, sebagai produk untuk pencerah kulit. Sedangkan, untuk perawatan tubuh kunyit yang dicampur dengan asam berkhasiat mengharumkan kulit dan mencegah bau badan pada tubuh anda.

Khasiat Masker Beras dan Kunyit

Berikut beberapa manfaat campuran beras dan kunyit untuk perawatan kulit, antara lain :

Memutihkan kulit

Manfaat dari campuran kunyit dan beras, khususnya beras Jepang dapat digunakan sebagai pemutih kulit tubuh dan wajah secara alami. Selain itu masker ini juga dapat dipakai untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah, sehingga kulit menjadi lebih elastis dan lebih putih. Manfaat kunyit dapat membantu mencerahkan kulit dan menghambat pigmentasi, dengan pemakaian secara teratur, warna kulit anda dapat menjadi lebih cerah dan menghambat kerja melanin, yang menyebabkan kulit menjadi gelap.

Menghambat kerusakan sel kulit

Kerusakan sel kulit bisa terjadi akibat terkena sinar matahari atau radikal bebas, terkadang juga disebabkan oleh bertambahnya usia atau perubahan hormonal pada tubuh anda.  Kerusakan kulit yang disebabkan pengaruh usia sering ditandai dengan timbulnya keriput atau garis halus. Jika disebabkan oleh radikal bebas, sering ditandai dengan kulit yang menjadi kusam, tekstur dan elastisitas kulit tidak merata. Kerusakan kulit tersebut dapat dicegah dengan menggunakan perawatan kulit yang mengandung antioksidan, seperti vitamin E dan C yang terdapat pada beras dan kunyit.

Membantu pengelupasan dan memperbaiki kulit

Sari pati kunyit dan beras yang dihasilkan dari pengendapan, dapat dimanfaatkan sebagai butiran scrub. Apabila dioleskan pada kulit sebagai lulur atau masker wajah, dapat mengangkat sel kulit mati pada lapisan kulit terluar anda. Semakin halus butiran scrub, maka akan lebih baik, karena dapat menghindari terjadinya luka dan iritasi pada kulit anda. Kunyit juga bisa membantu mengatasi kerusakan kulit seperti jerawat, luka atau eksim, walaupun anda tidak melihat hasilnya secara instan tapi penggunaaan bahan alami jauh lebih aman.

Menyamarkan bintik hitam

Bintik hitam terjadi karena produksi melanin yang tidak merata pada kulit anda, akibat sengatan sinar matahari atau perubahan hormon tubuh. Campuran beras dan kunyit sering kali dimanfaatkan untuk menyamarkan bintik hitam pada wajah. Jika dipakai secara rutin  maka bintik hitam pada wajah anda akan memudar dan hilang.

Demikian beberapa manfaat dari campuran beras dan kunyit untuk kulit tubuh dan wajah anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Lebih baik memilih produk yang terbuat dari bahan alami, daripada anda menggunakan produk berbahan kimia yang belum tentu mengandung bahan yang aman untuk digunakan. Walaupun hasil yang didapat dari penggunaan bahan alami tidak bisa secara cepat, tetapi bahan alami tidak menimbulkan efek samping pada kulit anda jika dipakai selama jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website