SHARE

Keputihan merupakan kondisi yang umum terjadi pada wanita karena hampir semua wanita pernah mengalaminya. Keadaan ini sering membuat wanita menjadi merasa tidak nyaman dan khawatir. Sejatinya keluarnya cairan pada vagina memiliki fungsi untuk  membersihkan sistem reproduksi wanita. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi biasanya disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina bagian luar. Yang sering menimbulkan keputihan ini antara lain bakteri, virus, jamur atau juga parasit. Infeksi ini dapat menjalar dan menimbulkan peradangan ke saluran kencing, sehingga menimbulkan rasa pedih saat  buang air kecil.

daun sirih untuk jerawat

Keputihan pada dasarnya dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu keputihan normal  dan keputihan abnormal. Jenis keputihan normal  biasanya sering terjadi saat wanita memasuki masa subur, serta saat sesudah dan sebelum menstruasi. Biasanya saat kondisi-kondisi tersebut sering terdapat lendir yang berlebih, itu adalah hal normal, dan biasanya tidak menyebabkan rasa gatal serta tidak berbau.

Keputihan pada Wanita Hamil.

Keputihan normal pada wanita hamil tidak berpengaruh terhadap janin secara langsung, karena adanya selaput ketuban yang dapat melindungi janin. Sedangkan keputihan abnormal sudah termasuk ke dalam jenis penyakit. Keputihan patologis atau yang biasa disebut keputihan abnormal dapat menyebabkan berbagai efek dan hal ini akan sangat mengganggu bagi kesehatan wanita pada umumnya dan khususnya kesehatan daerah kewanitaan.

Adapun tanda-tanda atau gejala dari keputihan yang tidak normal ditandai dengan keluarnya cairan berwarna putih kekuningan atau putih kelabu dari saluran vagina. Cairan ini dapat encer atau kental, dan kadang-kadang berbusa. Mungkin gejala ini merupakan proses normal sebelum atau sesudah haid pada wanita tertentu dan biasa terdapat rasa gatal pada penderita tertentu. Patut waspada jika saat keputihan, warnanya menjadi kekuningan atau kehijauan atau putih pekat seperti susu. Jika cairan menimbulkan bau tidak sedap seperti bau amis yang menyengat, besar kemungkinan anda mengalami infeksi pada vagina. Bisa karena infeksi jamur, vaginosis atau penyakit kelamin menular seperti gonorrhoea.

Mengatasi Keputihan dengan Cara Alami: Daun Sirih.

Pada artikel kali ini, berbagisolusi.com akan berbagi artikel tentang cara mengatasi keputihan dengan menggunakan cara-cara alami. Daun sirih adalah salah satu yang mempunyai segudang manfaat dan khasiat untuk mengatasi keputihan. Khasiat daun sirih sudah banyak dikenal dan telah teruji secara klinis. Salah satu kegunaan daun sirih adalah sebagai penghilang bau secara alami. Selain itu, bisa menjaga daerah kewanitaan anda tetap bersih karena kandungan zat eugenol, zat antiseptik dan zat antibakteri.

Cara Menggunakan Daun Sirih untuk Keputihan.

Caranya terbilang cukup mudah.Rebus 10 lembar daun sirih kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci daerah kewanitaan anda. Lakukan secara teratur agar bau tidak sedap akibat keputihan hilang secara alami.

Semoga cara-cara ini bisa membantu. Selamat beraktivitas kembali. :)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here