Tanaman kelapa dapat tumbuh di tepi pantai maupun di daerah pegunungan. Buahnya sering kita jumpai dijual di pasar. Buah kelapa yang masih muda sering dijual di restauran, sampai kedai-kedai di tepi jalan. Biasanya sebagai campuran untuk minuman es.

Semua bagian pohon kelapa berguna. Tak ada bagaian pohon kelapa yang tidak bermanfaat. Akan tetapi, bagian yang sangat berguna bagi kesehatan adalah buahnya. Berikut ini kami sajikan sejumlah manfaat kelapa muda untuk kesehatan.

Manfaat Kelapa Muda untuk Kesehatan

Manfaat yang di unggulkan dari air kelapa muda

Air Kelapa Muda

Air kelapa muda sering disebut juga sebagai air kehidupan, karena dapat menjadi penawar racun. Cukup dengan langsung meminum airnya, maka Anda akan merasakan manfaatnya. Tapi kebanyakan orang lebih mempercayai khasiat dari air kelapa hijau.

Air Kelapa Hijau

Air kelapa hijau selain dapat digunakan sebagai penawar racun juga dapat menyembuhkan koreng. Caranya, cucilah koreng dengan air kelapa hijau lalu angin-anginkan sampai kering kemudian bilaslah lagi dengan air dingin. Air kelapa hijau juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit kencing batu. Caranya cukup dengan melubangi kelapa hijau agar kita dapat memasukkan 1 butir telur ayam kampung. Kemudian aduk rata hingga telur dan air kelapa dapat bercampur menjadi satu. Agar kebersihan tetap terjaga, gunakan sedotan yang steril (cuci hama) untuk meminumnya. Di minum setiap sore, paling sedikit 5 kali sampai sembuh.

Sebagai pertolongan pertama bagi penderita penyakit demam berdarah, minumlah campuran air kelapa hijau dengan air jeruk nipis.

Tempurung Kelapa

Tempurung kelapa apabila di bakar atau di panggang akan mengeluarkan minyak. Minyak ini bermanfaat untuk mengobati penyakit eksim. Caranya, oleskan minyak tersebut di kala masih panas atau hangat langsung ke bagian yang terkena eksim. Ulangi 2 atau 3 kali sehari setelah mandi

Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang murni terbuat dari bahan santan. Minyak kelapa berguna sebagai berikut.

  1. Mengobati luka. Caranya campurkan minyak kelapa dengan obat antibiotika, isi kapsul tetracycline HCL. Oleskan pada luka atau eksimnya
  2. Memudahkan buang air besar. Dengan cara meminumnya sehari 3 kali, masing-masing 1 sendok makan sesudah makan.
  3. Berbagai macam obat tradisional

Itu tadi beberapa manfaat kelapa muda untuk kesehatan. Yuk, manfaatkan kelapa muda yang ada disekitar tempat tinggal Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website