SHARE

manfaat kencur

Cuaca ekstrem yang terjadi belakangan ini membuat batuk kering atau berdahak menyebar dengan cepat. Batuk merupakan salah satu penyakit yang dianggap sangat mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Biasanya, jika mengalami batuk, tindakan yang pertama kali saat mengobatinya dengan membeli obat batuk sirup yang banyak dijumpai di toko obat. Tapi kerap kali obat-obatan tersebut tidak memberikan kesembuhan. Olehnya itu untuk mengatasi batuk, diperlukan obat tradisional dari bahan alami. Adalah kencur, salah satu jenis tanaman yang dipercaya mampu mengatasi batuk. Memang  manfaat kencur sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan batuk belum ada penelitian mendalam mengenainya, tetapi secara turun temurun ramuan tradisional ini dikenal mampu meredakan atau menyembuhkan batuk.

Lalu bagaimana caranya? Berikut ini berbagisolusi.com akan berbagi infonya, jadi jangan lupa disimak yah!

MANFAAT KENCUR UNTUK MENGATASI BATUK

Kencurmerupakan suku tumbuhan Zingiberaceae dan digolongkan sebagai tanaman jenis empon-empon yang mempunyai daging buah paling lunak dan tidak berserat yang tumbuh subur di dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air. Rimpang  tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan.

CARA MEMBUAT RAMUAN KENCUR UNTUK MENGOBATI BATUK:

  1. Ambil 2-3  bonggol kencur.
  2. Kupas kulitnya lalu parut dan tambahkan air panas.
  3. Saring hingga menjadiair setengah gelas kecil.
  4. Tambahkan kuning telur ayam kampung dan satu sendok madu.
  5. Kocok lalu segera minum ramuannya.

Dengan meminum ramuan tersebut, batuk akan berangsur-angsur pulih. Mudah bukan? Akan tetapi perlu diingat jika batuk tetap berlangsung hingga berminggu-minggu, tetap disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter karena bisa saja batuk yang Anda rasakan bukan batuk biasa.

Nah demikian artikel tentang manfaat kencur untuk mengatasi batuk. Semoga bermanfaat dan selamat melanjutkan aktivitas Anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here