SHARE

BerbagiSolusi.com – Sahabat wanita pasti tidak asing dengan salah satu tumbuhan yang sering ditemukan di dapur yang bernama bawang merah. Bawang merah ini berkembang biak dengan umbi lapis dan sering digunakan untuk membuat bumbu-bumbu masak. Ciri khas dari bawang merah ini adalah memiliki beberapa lapisan dan apabila diiris akan menimbulkan rasa perih di mata.

Tapi ladies harus tahu, ternyata bawang merah bukan hanya bermanfaat untuk memasak aja loe. Ternyata, bawang merah ini memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Mau tahu apa saja manfaat bawang merah ini untuk kecantikan dan kesehatan, ladies harus baca informasinya sampai selesai ya.

Apa saja kandungan nutrisi dari bawang merah?

Ternyata kandungan bawang merah ini sangat banyak ladies, yaitu memiliki kandungan vitamin C, A, B6, B-kompleks serta adanya zat besi, kalium dan fosfat yang sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan dan kecantikan ladies. Selain itu, sifat anti alergi, anti-inflamasi, anti kanker dan antioksidan dapat menjaga tubuh ladies dari oksidan yang sangat berbahaya. Sehingga, ladies semakin sehat dan cantik.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan dan kecantikan

Meningkatkan pertumbuhan rambut

Salah satu manfaat bawang merah adalah untuk meningkatkan pertumbuhan rambut anda. Kandungan sulfur pada bawang merah ini dapat meningkatkan produksi kolagen dan memperlancar sirkulasi darah sehingga dapat mempercepat pertumbuhan rambut baru.

Caranya:

Mencampurkan 1 sendok teh madu dengan 3 tetes minyak esensial lavender. Kemudian, pijat ke kulit kepala dan tutup menggunakan handuk. Lalu, biarkan semalaman atau minimal selama 1 jam. Setelah itu, bilas  menggunakan air bersih atau keramas menggunakan shampo.

Mengatur gula darah

Ternyata bawang merah ini sangat bermanfaat juga lo bagi penderita diabetes. Karena kandungan insulin dan kromium pada bawang merah dapat meningkatkan insulin serta dapat meningkatkan toleransi glukosa pada tubuh. Caranya juga mudah yaitu  dengan mengkonsumsi bawang merah secara rutin.

Mencegah kanker

Bawang merah memiliki sifat anti kanker yang dapat mencegah penyakit kanker seperti kanker ovarium, mulut, payudara, perut, kandung kemih, dll. Serta, zat fenolik dan kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan dapat melawan penyakit kanker. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi bawang merah secara rutin setiap hari.

Menurunkan risiko penyakit jantung

Kandungan zat quercetin pada bawang merah bersifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Seperti, pengerasan arteri, serangan jantung, tekanan darah tinggi dan stroke. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi bawang merah setiap hari secara rutin.

Membangun imunitas tubuh

Bagi sahabat wanita yang sangat mudah terserang penyakit, bawang merah merupakan solusi yang tepat untuk membangun imunitas tubuh agar tetap sehat. Kandungan polifenol pada bawang merah bersifat antioksidan sehingga dapat menjaga tubuh ladies dari radikal bebas dan racun yang menyerang tubuh. Selain itu, bawang merah juga memiliki kandungan mineral selenium yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, tubuh anda tidak rentan terhadap penyakit.

Meningkatkan kepadatan tulang

Bawang merah ternyata sangat bermanfaat sekali bagi anda yang terserang osteoporosis atau perapuhan tulang. Kandungan peptida atau biasa disebut GPCS pada bawang merah dapat melindungi tulang anda serta kandungan sulfur yang cukup tingggi mempunyai manfaat langsung terhadap jaringan ikat pada tulang anda.

Mengobati asama

Ternyata bawang merah juga  bermanfaat untuk mengobati asma dan masalah pernapasan lainnya. Kandungan quercetin pada bawang merah ini dapat mengendurkan otot-otot pernapasan pada gejala asma. Caranya juga sangat mudaah yaitu mengkonsumsi bawang merah secara rutin setiap hari.

Menjaga kesehatan mulut

Bawang merah sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut anda. Karena, sifat anti bakteri pada bawang merah ini dapat membunuh bakteri penyebab kerusakan gigi dan gusi pada mulut anda. Caranya juga sangat mudah yaitu dengan mengunyah bawang merah mentah selama 2 sampai 3 menit.

Membuat kulit sehat

Bagi sahabat wanita yang ingin kulitnya cantik dan sehat, bawang merah bisa dijadikan solusi. Caranya sangat mudah yaitu, mencampurkaan 1 sendok makan jus bawang merah dengan setengah sendok yogurt. Kemudian, aplikasikan ke kulit wajah dan leher anda. Lalu, diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Untuk hasil maksimal lakukan sekali atau dua kali seminggu.

Membasmi kutu rambut

Ternyata bawang merah dapat juga berfungsi sebagai pembasmi kutu rambut. Kandungan sulfur pada bawaang merah ini dapat membunuh kutu padaa rambut anda.

Caranya:

Haluskan bawang merah menjadi 2 sendok makan. Kemudian, diaplikasikan ke rambut anda dan dipijat pelan. Setelah itu, dibungkus menggunakan handuk dan diamkan selama 2 sampai 3 jam. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat.

**

Nah, ternyata bawang merah memiliki banyak manfaat sekali ya bagi kesehatan dan kecantikan. Karena itu, ladies harus coba ni tips-tips di atas. Selamat mencobanya di rumah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.