SHARE

Khasiat Tauge untuk Kesuburan dan Kesehatan

Tauge atau kecambah merupakan salah satu bahan pangan yang bisa dimanfaatkan menjadi berbagai bentuk olahan makanan. Dalam keseharian, tauge atau kecambah biasa menjadi bagian dari aneka soto, gado-gado, pengisi makanan macam tahu isi atau dimasak bersama sayuran lain.

Kandungan vitamin E yang ada pada tauge  bermanfaat untuk  menjaga kehalusan kulit. Selain itu tauge juga sangat bermanfaat untuk kesuburan. Tauge juga mengandung senyawa antioksidan lengkap dengan perlindungan kekuatan yang luar biasa. Sangat disarankan jika akan mengkomsumsi tauge dalam keadaan mentah. Tauge merupakan makanan yang ideal untuk orang-orang yang memperhatikan asupan kalorinya, seperti kacang yang sangat rendah kalori. Tidak diragukan lagi jika tauge memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Lalu apa saja manfaat yang dimiliki oleh tauge? Berikut akan kita bahas yah.

Berbagai Khasiat Tauge untuk Kesehatan.

Meningkatkan kesuburan.

Bukan menjadi rahasia lagi jika kandungan vitamin E yang ada pada tauge berguna untuk membantu mengurangi gangguan pramenstruasi, keluhan menstruasi, pramenopause, dan gangguan akibat menopause.

Tauge membantu memperlambat penuaan.

Beberapa ahli menegaskan, agar menyantap tauge dalam keadaan mentah, agar substansi peremajaan tetap utuh. Jika tidak ingin mengkomsumsi dalam keadaan mentah,  dapat merebusnya sesaat pada air yang telah mendidih lalu ditiriskan. Jangan sampai terlalu matang. Dengan cara itu, vitamin C dan enzim yang merusak diperkirakan hanya 20 persen. Jika direbus lama, kerusakannya dapat mencapai sedikitnya 60 persen. Kecambah adalah antioksidan kuat yang sangat padat sehingga perisai tubuh dari radikal bebas. Perlindungan ganda ini memperkuat kesimpulan bahwa kecambah merupakan sayuran yang membuat kita awet muda.

Tauge bermanfaat untuk Stroke.

Para penyandang resiko stroke dan serangan jantung yang banyak disebabkan karena kadar lemak darah melambung, dianjurkan untuk lebih banyak makan taoge. Hal ini disebabkan, saponin dalam taoge akan mengahancurkan lemak jahat (LDL) tanpa megganggu kandungan lemak yang baik (HDL). Dan saponin yang besar dapat diperoleh dalam taoge alfafa ketika proses biji-bijian menjadi kecambah, yang secara umum kadar saponinnya naik 450 persen.

Memperlancar  Buang Air Besar.

Tauge mentah memiliki manfaat lebih banyak daripada yang sudah dimasak. Selain bergizi, tauge lebih mudah dicerna karena mengandung enzim dan serat yang larut. Bahkan, enzim tersebut dapat meningkatkan gerakan usus. Jika Anda menderita masalah pencernaan dan kembung, konsumsilah tauge secara teratur.

Tauge bermanfaat untuk Hipertensi.

Air rebusan tauge bisa untuk menurunkan hipertensi. Caranya, ambil segenggam tauge, cuci bersih lalu masukkan 3 gelas air ke dalam panci kemudian rebus hingga mendidih. Biarkan dingin dan minumlah segelas pada waktu pagi dan sore hari. Lakukan secara teratur selama seminggu, dengan begitu tekanan darah aqkan normal kembali.

Tauge kaya enzim.

Tauge merupakan sumber enzim yang baik dan diperlukan oleh tubuh. Enzim ini dapat menaikkan energi tubuh dan membuat kita merasa bugar dan sehat.

Nah itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam tauge, tidak ada salahnya jika harus mencobanya untuk kesehata tubuh kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here