Merawat kulit menggunakan bahan alami kini menjadi sangat populer. Bahan alami yang digunakan biasanya berasal dari bahan nabati, yaitu dari aneka tumbuhan, termasuk buah dan umbi-umbian. Tentunya ada banyak sekali bahan alami yang bisa dijadikan masker alami untuk merawat wajah. Beberapa bahan bisa sangat berkhasiat, namun tidak mudah untuk dibuat. Untuk itu, kali ini BerbagiSolusi.com akan merangkum beberapa resep masker buah untuk wajah, yang merupakan favorit pilihan redaksi.

Masker Wajah dari Bahan Alami yang Mudah Dibuat Sendiri di Rumah.

Masker nabati untuk wajah yang bisa Anda coba buat dan aplikasikan, antara lain:

Masker Bengkoang

Pertama adalah masker bengkoang. Masker bengkoang merupakan salah satu masker favorit redaksi BerbagiSolusi.com, karena masker ini mengandung banyak sekali vitamin C yang sangat berkhasiat untuk mencerahkan kulit. Paduan bahan-bahan bernutrisi lainnya, seperti minyak zaitun dan susu, akan membuat paduan sempurna untuk perawatan wajah.

Untuk mencoba sendiri membuat masker bengkoang secara benar, klik disini. Selain itu, Anda juga dapat mencoba produk jadi hasil racikan dari tim BerbagiSolusi.com, di sini.

Masker Tomat

masker tomat dan lemonTomat juga dapat menjadi salah satu bahan alternatif untuk merawat wajah Anda, yaitu dengan menjadikannya sebagai masker wajah. Khasiat masker wajah dari tomat ini juga tidak kalah hebat, antara lain adalah untuk mencerahkan kulit. Tomat dapat menjadi alternatif perawatan alami untuk mencerahkan kulit karena kandungan vitamin C yang terkandung di dalamnya. Vitamin C merupakan agen pencerah kulit yang sangat kuat, dan relatif aman digunakan untuk segala jenis kulit.

Untuk mengetahui langkah-langkah pembuatan masker tomat, silakan membaca panduan lengkapnya pada artikel berjudul Cara Membuat Masker Tomat.

Masker Buah Alpukat

Alpukat juga merupakan jenis buah yang dapat dimanfaatkan untuk merawat kulit. Alpukat sangat bermanfaat untuk kulit, terutama bagi yang memiliki jenis kulit kering. Khasiat alpukat ini tentunya tidak lepas dari kandungan lemak serta vitamin dan sejumlah mineral alami yang terkandung dalam buah alpukat.

Selain sangat berkhasiat, masker alpukat juga sangat mudah dibuat dan digunakan. Anda dapat mencampurnya dengan madu, jeruk nipis, maupun minyak zaitun, tergantung khasiat yang diinginkan. Penambahan berbagai bahan lainnya bisa mempengaruhi khasiat masker alpukat yang dibuat.

Langkah dan cara membuat masker alpukat sudah dibahas pada artikel sebelumnya yang berjudul Cara Membuat Masker Alami dari Alpukat.

Selain dengan dijadikan masker wajah, alpukat juga dapat diolah untuk diambil minyaknya. Minyak alpukat kaya akan vitamin E, yang baik untuk kulit. Teksturnya yang lembut juga sangat nyaman digunakan. Klik di sini untuk mengetahui cara membuat minyak alpukat.

Masker Daun SirihDaun sirih sudah dikenal karena khasiatnya yang sangat hebat untuk berbagai keperluan, seperti mengobati keputihan, dan merawat kesehatan gigi dan mulut. Tapi, tahukan Anda bahwa daun sirih juga berkhasiat untuk mengobati jerawat? Khasiat daun sirih untuk mengatasi jerawat tentunya tidak lepas dari kemampuan daun sirih untuk membunuh kuman atau antiseptik, termasuk juga kuman-kuman (bakteri) penyebab infeksi jerawat.
Cara membuat obat jerawat dari daun sirih juga sangat mudah, cukup dengan mencampurkan daun sirih dengan beras dan minyak zaitun. Selengkapnya mengenai cara mengobati jerawat menggunakan daun sirih ini bisa dibaca pada artikel sebelumnya berjudul Khasiat Daun Sirih untuk Mengobati Jerawat.

Alasan Menggunakan Bahan Alami untuk Merawat Kulit

Ada sejumlah alasan mengapa menggunakan bahan alami untuk dijadikan sebagai alternatif bahan perawatan kulit. Bahkan, banyak orang sudah mengganti produk perawatan kulit untuk kulitnya dengan yang dibuat sendiri menggnakan bahan alami. Alasan menggunakan bahan alami ini, antara lain:

  • Faktor keamanan untuk kulit.
    Alasan keamanan tentunya menjadi alasan utama menggunakan masker yang dibuat sendiri dari bahan alami. Dengan membuat sendiri masker untuk wajah dari bahan alami, seseorang dapat memastikan bahan yang digunakan adalah bahan-bahan yang aman untuk kulit. Berbeda dengan produk-produk komersil, di mana konsumen (pengguna) tidak bisa benar-benar memastikan kandungan produk tersebut merupakan bahan yang aman atau tidak.
  • Untuk menghemat biaya.
    Produk berkualitas namun berharga mahal, ataupun produk berharga murah namun kualitas tidak terjamin, menyebabkan banyak orang memilih membuat sendiri perawatan wajah. Selain biaya yang diperlukan bisa ditekan, khasiatnya juga tidak kalah dari produk-produk perawatan kulit yang sudah populer.
  • Bahan alami mudah didapatkan.
    Buah-buahan, aneka umbi-umbian, atau berbagai bahan alami lainnya yang bisa dijadikan bahan perawatan kulit, bisa dengan mudah didapatkan. Anda bisa mendapatkannya dari bahan-bahan yang tersedia di dapur atau di kulkas Anda, mendapatkannya di pasar tradisional, atau mungkin dari pekarangan Anda. Jadi, bahan perawatan kulit ini bisa selalu tersedia kapan saja Anda inginkan.

Baca pula: Bahan Nabati untuk Merawat Kulit.

Tentunya ada banyak alasan lainnya, yang mungkin berbeda-beda. Anda pun mungkin punya alasan sendiri mengapa memilih bahan alami untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat. Tuliskan pengalaman Anda menggunakan bahan alami untuk merawat kulit dan wajah, pada kolom komentar yang tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website